3 Jenis Termometer Dan Cara Penggunaanya Untuk Cek Suhu Tubuh Saat Corona

Kesehatan merupakan bagian dari hidup yang tak terpisahkan dan perlu untuk dijaga seutuhnya, karena jika sakit pastinya akan mengganggu kegiatan sehari-hari. Yang menjadi salah satu tanda bahwa badan kita sedang tidak normal adalah suhu badan yang tinggi. Banyak sekali jenis alat pengukur suhu yang digunakan oleh para tenaga medis maupun orang biasa untuk mengukur suhu tubuh. berikut beberapa jenis termometer dan cara menggunakannya.

Macam-Macam Alat Ukur Tubuh

1. Digital Thermometer

Digital thermometer merupakan alat ukur suhu yang menggunakan sensor digital dan liquid crystal display (LCD) untuk menunjukkan tingkat suhu pada tubuh. Biasanya pengukur suhu tubuh satu ini digunakanan untuk mengukur suhu badan dan laboratorium. Digital thermometer sangat membantu dalam mengukur suhu tubuh karena hasilnya lebih akurat dan dapat dibaca dalam waktu cepat.

Jenis Termometer Virus Corona fakta Thermogun

Bagi orang dewasa bisa menggunakan alat ukur suhu satu ini di mulut dengan meletakkan ujung sensornya dibawah lidah dan posisi bibir tertutup serta di bawah lengan menghimpit ketiak. Kemudian tahan hingga sensor tersebut berbunyi dan kamu bisa melihat hasil ukur suhu tubuh pada layar pengukur suhu tersebut. sedangkan untuk bayi, biasanya alat ini diaplikasikan melalui anus.

Oleh karena itu, kamu harus mencucinya terlebih dahulu bagian ujung alat pengukur suhu badan digital ini dengan menggunakan antiseptik dan bilas dengan air dingin. Setelah itu keringkan dengan lap bersih dan basahi ujung termometer dengan pelumas seperti petroleum jelly. Pastikan kamu mencucinya dengan bersih sehingga sudah tidak ada lagi kuman atau bakteri yang tersisa.

2. Alcohol Thermometer

Alat ukur suhu tubuh ini memiliki fungsi yang mirip dengan pengukur suhu air raksa, namun keunggulan alat ini yaitu lebih aman dan lebih lambat menguap. Alkohol yang digunakan biasanya sejenis etanol karena lebih murah dan dipercaya lebih aman jika tabung alat ini pecah. Pengukur suhu jenis alkohol hanya bisa untuk mengukur suhu sampai 78 derajat celcius sehingga sering digunakan untuk mengukur suhu badan dan suhu ruangan saja.

Selain itu, alat ukur suhu satu ini juga mampu mengukur suhu yang sangat rendah hingga -112 derajat celcius. Dilihat dari titik suhu yang dimiliki alkohol, pengukur suhu alkohol sangat cocok untuk digunakan mengukur kenaikan suhu kecil. Sehingga kenaikan suhu kecil dapat terlihat dengan teliti dan kurang cocok digunakan untuk mengukur suhu tubuh yang terlalu tinggi karena titik didih alkohol hanya bisa mencapai 78 derajat celcius.

3. Mercury Thermometer

Alat ukur suhu merkuri atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan pengukur suhu air raksa adalah alat pengukur suhu tubuh manual menggunakan air raksa atau zat merkuri. Alat ini berbentuk seperti tabung gelas yang berisi air raksa di dalamnya. Cara penggunaannya sangat mudah, kamu hanya perlu meletakkannya di bawah lidah untuk mengukur suhu tubuh.

Jenis Termometer Virus Corona

Jika kamu meletakkannya di bawah lidah, maka air raksa yang berada dalam tabung gelas akan naik ke ruang kosong yang terdapat dalam tabung. Pada tabung alat ukur ini terdapat titik angka yang menjadi penanda suhu. Air raksa yang naik nantinya akan berhenti tepat pada angka yang menunjukkan suhu tubuh kamu. Pengukur suhu tubuh satu ini bisa mengukur suhu tubuh hingga 36 derajat celcius.

Itulah beberapa jenis alat ukur suhu tubuh yang bisa kamu gunakan untuk mengukur suhu tubuh secara mandiri selama masa pandemi seperti sekarang ini. Ada baiknya jika ingin menggunakan alat ukur maka terlebih dahulu dibersihkan hingga benar-benar bersih sampai tidak ada lagi kuman yang menempel. Kamu bisa mencucinya dengan air atau menyemprotnya dengan menggunakan antiseptik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *