5 Cara Ampuh Untuk Mencegah Penyakit Gagal Ginjal

Penyakit ginjal adalah salah satu penyakit yang tidak boleh disepelakan karena bisa membahayakan jiwa anda. Organ ginjal sendiri memiliki fungsi untuk menyaring racun yang ada pada tubuh, menjaga keseimbangan mineral, garam dan asam darah. Sehingga apabila terjadi penyakit ginjal, maka tentu akan menimbulkan penyakit yang membahayakan. Agar tidak terkena penyakit ginjal, yuk simak cara mencegah penyakit gagal ginjal berikut.

Cara Atasi Penyakit Ginjal

1 Memperbanyak Minum Air Putih

Penyakit pada organ ginjal bisa diakibatkan karena asupan air putih yang kurang. Oleh karenananya mencegah penyakit ginjal bisa dilakukan dengan mengkonsumsi banyak air putih setiap hari. Anda bisa mengkonsumsi sekitar 8 hingga 10 gelas setiap harinya untuk menjaga keseimbangan tubuh. Banyak minum air putih akan membuat anda sering buang air kecil sehingga akan membuang racun racun yang ada pada tubuh.

2. Menerapkan Pola Makan Sehat

Salah satu penyakit ginjal disebabkan karena bahan kimia yang terdapat di dalam sejumlah makanan. Beragam makanan tersebut adalah cokelat, gandum, seledri, kacang kacangan dan kedelai. Semua makanan ini mengandung oksalat yang menjadi pemicu penyakit ginjal. Selain itu makanan yang mengandung protein hewani seperti daging sapi juga berpotensi untuk menyebabkan penyakit ginjal.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa mulai mengkonsumsi makanan yang lebih menyehatkan. Cobalah untuk mengkonsumsi sayur dan buah buahan yang baik untuk memperlancar peredaran darah. Terapkan pola makan hidup sehat sejak dini dan konsumsilah air putih dengan jumlah banyak setiap harinya.

3. Tidak Merokok

Merokok adalah salah satu pemicu beragam penyakit organ yang fatal dan mematikan. Tidak hanya berbahaya untuk paru paru, merokok juga sangat berbahaya untuk kesehatan ginjal. Asap dan kandungan aktif yang ada dalam rokok akan efektif untuk merusak organ ginjal. Sebaiknya anda harus mulai menghentikan kegiatan merokok sebelum nanti terlambat. Tidak hanya bagi perokok aktif, namun bahaya asap rokok ini akan berdampak pada perokok pasif.

Penyebab Etiologi Gagal Ginjal

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kadar gula yang terlalu tinggi atau biasa disebut sebagai penyakit diabetes menjadi pemicu rusaknya pembuluh darah yang ada di area ginjal. Bagi anda yang memiliki penyakit diabetes anda harus rajin untuk mengontrol gula darah yang ada dalam tubuh. Hal ini merupakan langkah awal untuk mencegah penyakit gagal ginjal yang akan memperburuk kondisi anda.

Dengan rutin mengontrol gula darah agar senantiasa ideal, anda dapat melakuka dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula. Selalu imbangi makanan yang rendah gula dengan aktivitas yang menyehatkan salah satunya olahraga teratur. Anda bisa mulai mengkonsumsi makanan tersebut untuk memulai hidup sehat dan terbebas dari penyakit yang berbahaya.

5. Mengurangi Konsumsi Garam

Asupan garam yang berlebih juga bisa menjadi penyebab penyakit ginjal yang wajib untuk diwaspadai. Garam yang berlebih dalam tubuh akan memicu tekanan darah tinggi dan berimbas pada kerusakan sejumlah organ vital tak terkecuali ginjal. Oleh karenanya, anda harus mengurangi konsumsi garam untuk mencegah penyakit ginjal. Selalu upayakan pola hidup sehat setiap hari dan tidak mengkonsumsi garam yang berlebih.

Agar anda selalu sehat dan terhindar dari penyakit organ yang mematikan, ada baiknya anda mulai menerapkan pola hidup sehat. Cobalah untuk melakukan olahraga rngan setiap hari agar memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Selain itu konsumsilah makanan yang bergizi, rendah gula, dan rendah garam untuk mencegah penyakit ginjal. Mencegah penyakit muncul akan lebih baik daripada mengobati penyakit bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *