5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh agar Tetap Fit

Tahukah anda bahwa kesehatan adalah salah satu hal yang paling penting bagi manusia? Mengapa? Karena jika tubuh sehat, maka anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik. Sakit disebabkan oleh kekebalan tubuh yang sedang menurun atau lemah, sehingga bakteri dan virus mudah menyerang tubuh. Yuk cek 5 cara meningkatkan daya tahan tubuh berikut ini!

5 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh

1. Melakukan Olahraga Teratur

Anda sudah pasti mengetahui fakta yang satu ini, bukan? Ya. Olahraga merupakan salah satu cara yang bisa meningkatkan imunitas. Dengan berolahraga, maka metabolisme tubuh akan semakin lancar. Olahraga setiap hari selama 30 menit mampu meningkatkan kadar leukosit. Tak heran jika aktivitas satu ini sangat dianjurkan dalam gaya hidup sehat.

meningkatkan daya tahan tubuh ini Olahraga Teratur

Leukosit atau sel darah putih merupakan sel yang bekerja melawan benda asing seperti bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Sel ini juga meningkatkan respon T cell dan antibodi. Olahraga yang paling baik dilakukan yakni di pagi hari. Selain itu, anda juga bisa menghirup udara segar yang baik untuk kesehatan paru-paru anda.

2. Berjemur di Pagi Hari

Sinar matahari sangat baik untuk kesehatan tubuh. Terutama pada jam-jam tertentu seperti pukul 8 hingga 9 pagi. Jika anda berjemur pada waktu tersebut, sinar UV (Ultraviolet) yang dihasilkan oleh sinar matahari pagi akan menyentuh kulit, kemudian diubah oleh tubuh untuk dijadikan vitamin D alami yang bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan vitamin anda.

Vitamin D berperan dalam metabolisme kalsium dan meningkatkan kekebalan tubuh. Anda hanya perlu waktu 10 hingga 15 menit untuk berjemur dan dilakukan 2 hingga 3 kali seminggu. Tidak harus di lapangan, anda bisa duduk di teras atau halaman belakang rumah. Mudah bukan?

3. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan dan Vitamin

Pernah mendengar tentang radikal bebas? Radikal bebas merupakan sel-sel rusak yang menyebabkan kondisi negatif dalam tubuh. Untuk menetralisasi hal tersebut, tubuh perlu antioksidan yang mampu mengangkat radikal bebas dalam darah sehingga sel-sel imun tidak mengalami kerusakan.

Selain itu, anda juga memerlukan vitamin, seperti vitamin A, B kompleks, C, D, E, dan K. Vitamin C juga termasuk ke dalam antioksidan yang ada di sayuran segar, buah-buahan, dan suplemen vitamin C. Disamping itu, mineral seperti zat besi, mangan, tembaga, kalium, iodium dan selenium yang ada pada makanan juga meningkatkan imunitas tubuh.

4. Menghindari Stres

Adanya pekerjaan yang menumpuk, deadline, masalah keuangan, rumah tangga, asmara, dan kesehatan, pasti membuat anda stres. Apa itu stres? Stres adalah keadaan dimana tubuh mendapatkan tekanan dari luar maupun dari dalam diri yang dapat mengganggu kesehatan mental.

Menghindari Stres dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Semakin anda stres, maka semakin sedikit leukosit dan antibodi yang dihasilkan oleh tubuh. Selain itu, stres juga bisa menyebabkan anda memiliki gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, makan berlebihan, minum-minuman beralkohol, dan tidur tidak teratur. Hal tersebut memicu kekebalan tubuh menurun, sehingga anda wajib menghindarinya.

5. Tidur yang Cukup

Apa yang anda rasakan ketika kurang tidur? Pasti tubuh merasa letih dan tidak bertenaga. Manusia perlu tidur untuk mengisi kembali energinya setelah seharian beraktivitas. Terdapat durasi tidur yang disarankan oleh para dokter, yakni 7 hingga 8 jam per hari. Tidur yang cukup ini bisa memulihkan tenaga dan meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Itulah 5 cara untuk meningkatkan sistem imun anda. Imunitas ini sangat penting bagi tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit, seperti demam, batuk, pilek, dan lain sebagainya. Kondisi yang fit akan menunjang anda untuk melakukan banyak hal positif dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, apakah anda sudah melakukan 5 cara tersebut?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *