5 Masjid Tertua di Indonesia Paling Bersejarah

Negara dengan mayoritas masyarakat muslim, membuat perjalanan penyebaran Islam di Indonesia memiliki sejarah yang cukup banyak dan panjang. Salah satu peninggalan perjalanan penyebaran Islam adalah tempat ibadah. Tidak hanya berusia ratusan tahun, masjid tersebut juga menyimpan jejak sejarah persebaran Islam di Indonesia. Berikut akan diulas mengenai masjid tertua di Indonesia paling bersejarah.

Masjid Nusantara Tertua dan Bersejarah

1. Masjid Saka Tunggal

Masjid yang terletak di provinsi Jawa Tengah, tepatnya berada di Kabupaten Banyumas ini berdiri sejak tahun 1288. Masjid ini diberi nama Masjid Saka Tunggal dikarenakan, pada mulanya masjid ini didirikan hanya dengan satu pilar sebagai lambang hanya ada satu tuhan yaitu Allah SWT. Berdiri di masa Kerajaan Singasari, masjid tertua satu ini sangat erat dengan perjalanan persebaran ajaran islam di desa Cikakak Kabupaten Banyumas.

Masjid Tertua di Indonesia saka tunggal

Masjid satu ini senantiasa berkaitan dengan tokoh penyebar ajaran Islam di Jawa Tengah yang biasa di panggil Mbah Mustolih. Mbah Mustolih merupakan salah satu pendiri Masjid Saka Tunggal. Hidup pada masa kesultanan Mataram Kuno membuat masjid ini sangat erat dengan unsur kejawen. Terlihat dari pakaian yang digunakan imam masjid hingga saat ini, mereka tidak menggunakan peci atau kopyah melainkan udeng atau pengikat kepala.

2. Masjid Wapauwe

Masjid Wapauwe merupakan masjid tertua yang berada di provinsi Maluku Utara. Masjid Wapauwe ini merupakan masjid yang paling bersejarah. Pasalnya, di dalam masjid ini masih tersimpan mushaf Al-Quran yang tertua di Indonesia yakni Mushaf Imam Muhammad Arikulapessy yang ditulis tangan dan selesai pada tahun 1550. Serta terdapat pula Mushaf Nur Cahya yang selesai ditulis pada tahun 1590 dan masih banyak benda bersejarah lain yang ada dalam masjid ini.

3. Masjid Ampel

Masjid satu ini merupakan masjid yang tidak asing lagi bagi peziarah. Pasalnya salah satu masjid tertua di Indonesia satu ini merupakan masjid yang paling terkenal di wilayah Jawa Timur. Masjid ini didirikan pada tahun 1421 oleh Sunan Ampel dan dibantu oleh kedua sahabatnya Mbah Sholeh dan Mbah Sonhaji. Masjid ini kerap kali dijadikan wisata religi, karena tidak hanya terdapat bangunan masjid saja, tetapi di dalam masjid ini juga terdapat makam Sunan Ampel.

4. Masjid Agung Demak

Sama seperti Masjid Saka Tunggal, Masjid Agung Demak terletak di Provinsi Jawa Tengah tepatnya di kabupaten Demak. Masjid ini didirikan oleh Raden Patah yang merupakan raja pertama pada saat Kesultanan Demak pada tahun 1474. Selain terdapat bangunan masjid, di dalam lokasi masjid Agung Demak juga terdapat beberapa makam raja Kesultanan Demak. Di lokasi tersebut terdapat pula museum yang berisikan berbagai macam barang peninggalan bersejarah.

Masjid Tertua di Indonesia masjid agung demak

5. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid ini terletak di provinsi Kalimantan Selatan tepatnya di kota Banjarmasin dan didirikan oleh Sultan Suriansyah pada tahun 1526. Sultan Suriansyah sendiri merupakan raja Banjar pertama yang memeluk Islam. Uniknya, masjid ini dibangun dengan desain tradisional Banjar lengkap dengan atap tumpang tindihnya. Desain masjid tradisional Banjar biasanya memiliki gaya mihrab terpisah dengan bangunan utama seperti pada masjid Sultan Suriansyah.

Beberapa bangunan masjid diatas dapat membuktikan bahwa penyebaran ajaran agama Islam telah ada sejak ratusan tahun lamanya. Begitu pula dengan barang peninggalan bersejarah yang masih dijaga hingga saat ini. Sebagai umat muslim, sebaiknya kita pun juga harus menjaga dan merawat peninggalan tersebut. sehingga bangunan tempat ibadah umat muslim dan peninggalannya dapat dinikmati hingga anak cucu kita kelak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *