5 Rekomendasi Sumber Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

Apa itu vitamin? Vitamin adalah salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, yang berperan dalam sistem pengaturan dan metabolisme tubuh. Kekurangan vitamin juga dapat menyebabkan anda jatuh sakit. Zat organik ini bisa ditemukan di makanan seperti buah dan sayuran. Ingin tahu darimana sumber vitamin untuk daya tahan tubuh? Cek ulasan berikut.

5 Sumber Vitamin untuk Tubuh

1. Sayur

Sayur merupakan salah satu produk nabati yang sehat untuk dikonsumsi. Terdapat banyak sekali sayur yang mengandung nutrisi seperti vitamin. Tidak hanya satu jenis vitamin, biasanya satu sayur memiliki kandungan berbagai macam vitamin seperti vitamin A, B, C, E, dan K. Selain itu juga terdapat kandungan lain seperti mineral dan zat besi.

vitamin untuk daya tahan tubuh

Beberapa sayur yang mengandung vitamin, yakni bunga kol, brokoli, kangkung, dan paprika untuk vitamin C. Ubi, wortel, bayam, labu untuk vitamin A. Sayuran hijau seperti bayam, lobak, dan selada untuk vitamin B. Kacang tanah dan brokoli untuk vitamin E. Asparagus dan bayam untuk vitamin K.

2. Buah

Selain sayur, yang pasti anda tidak bisa lewatkan adalah buah. Banyak sekali buah yang mengandung vitamin dan nutrisi lain seperti mineral. Makanan yang berasal dari tumbuhan ini bisa anda dapatkan dengan mudah di pasar, minimarket, supermarket, atau bahkan menanam pohonnya sendiri.

Beberapa buah seperti apel, melon, kurma, semangka, nanas, dan alpukat mengandung vitamin A. Kandungan vitamin C bisa didapatkan dari buah Jambu biji, kiwi, stroberi, mangga, dan jeruk. Sementara buah pisang, blueberry, mangga, cherry, dan anggur mengandung vitamin B. Selain itu, kiwi, mangga, dan alpukat juga termasuk sumber untuk vitamin E.

3. Daging

Ternyata, tidak hanya buah dan sayur yang menjadi sumber vitamin. Daging juga mengandung vitamin meskipun tidak sebanyak buah dan sayur. Karena daging lebih banyak menghasilkan protein bagi tubuh. Produk dari hewani ini baik daging sapi maupun daging ayam, sering disebut memiliki kandungan vitamin B kompleks yang baik meskipun dengan kadar yang rendah.

Dalam 100 gram daging sapi terkandung vitamin B1, B2, B6, dan B12. Selain itu juga ada vitamin A, namun hanya di bagian sirloin, tenderloin, dan hati sapi. Ada sedikit kandungan vitamin K yakni sekitar 2,4 mikrogram dan 10 mikrogram vitamin D per 100 gram daging sapi. Tetapi disarankan untuk membatasi konsumsi daging.

4. Ikan

Mungkin terasa asing ditelinga anda bahwa ikan juga merupakan sumber vitamin, karena pada umumnya ikan terkenal dengan kandungan asam lemak omega-3. Namun, hal ini telah dibenarkan oleh para ahli gizi. Terutama jika yang dikonsumsi adalah produk minyak ikan. Salah satu yang paling terkenal dengan kandungan vitamin D nya adalah ikan laut seperti salmon.

vitamin untuk daya tahan tubuh ikan

Selain ikan laut, ikan tawar seperti ikan nila juga mengandung vitamin B3 dan B12. Ikan sarden air tawar memiliki kandungan vitamin A dan B kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada pula ikan lele yang mengandung vitamin C, natrium, dan zat besi yang sangat bermanfaat meningkatkan kerja sistem imun.

5. Sinar Matahari

Sinar matahari merupakan satu-satunya sumber vitamin untuk daya tahan tubuh alami tubuh anda. Anda tidak perlu repot-repot membeli sayur, buah, dan suplemen hanya untuk memenuhi kebutuhan vitamin D ditubuh. Cukup berjemur dibawah sinar matahari pagi sekitar jam 8 hingga 9 selama 15 menit. Maka tubuh anda akan memproses sinar UV untuk diubah menjadi vitamin D.

Apakah sudah lebih paham mengenai sumber vitamin bagi tubuh anda? Anda bisa memilih sumber mana saja yang cocok untuk anda konsumsi. Jika anda memiliki alergi terhadap produk hewani, anda bisa memilih sayur, buah, dan suplemen. Selain itu, ada yang lebih praktis dan alami, yaitu sinar matahari pagi. Yuk jaga daya tahan tubuh dengan memenuhi kebutuhan vitamin anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *