5 Tips Memilih Warna Cat Rumah Sesuai Keinginan Namun Tetap Menawan

Sebagian orang akan bingung ketika rumah sudah masuk di tahap pengecatan. Bukan hanya untuk rumah baru, renovasi juga identik dengan mengganti warna cat. Hal ini karena menyesuaikan warna cat bukan hal yang mudah. Harus memperhatikan beberapa hal, agar ketika sudah dicat tidak menyisakan penyesalan. Berikut sedikit tips memilih warna cat rumah yang bisa disesuaikan dengan keinginan anda namun tetap indah. Simak ulasannya.

Tips Mudah Memilih Warna Cat Untuk Hunian Mengagumkan

1. Menyesuaikan dengan Konsep Rumah

Langkah yang paling awal dan juga sangat penting adalah mengenali konsep hunian anda. Apakah anda memiliki rumah modern, klasik, tradisional atau minimalis yang nantinya berkaitan dengan warna cat yang dipilih. Tidak hanya berpengaruh pada warna cat, penataan ruang hingga pemilihan furnitur juga berhubungan. Untuk itu anda bisa memilih beberapa warna cat yang sesuai dengan konsep rumah yang anda miliki.

tips memilih warna cat rumah

2. Membuat Palet Warna Sesuai Keinginan

Agar mudah untuk memilih, ada baiknya anda membuat palet warna yang akan diaplikasikan pada dinding. Anda bisa meminta saran. arsitek maupun tukang bangunan. Anda bisa mengambil beberapa tren warna yang sedang populer atau perpaduan warna ciamik dengan memanfaatkan internet. Misalnya perpaduan warna kuning dengan putih, merah dan biru dan perpaduan lainnya. Tentunya tanpa mengesampingkan keinginan anda.

3. Memperhatikan Pencahayaan

Tips memilih warna cat rumah yang selanjutnya adalah memperhatikan pencahayaan. Dalam penataan rumah, pencahayaan memang tak bisa diabaikan begitu saja. Terutama ketika rumah disinari pencahayaan alami yang harus dipertimbangkan sebelum menentukan warna cat pada dinding. Jika anda memiliki pencahayaan yang lebar dan bisa masuk ke ruangan secara baik, sebaiknya tak menggunakan warna putih sebagai cat rumah anda.

Karena membuat ruangan terlihat lebih terang, apalagi jika anda tak menyukai ruangan yang terlalu terang. Selain cahaya matahari, pencahayaan tambahan seperti lampu juga akan memberikan efek pada warna cat. Misalnya penggunaan lampu bohlam yang kekuningan, akan menjadikan warna orange, kuning maupun merah semakin terlihat jelas. Begitu juga dengan lampu fluorescent yang akan menguatkan warna hijau maupun biru.

4. Menentukan Kesan Yang Ingin Ditampilkan

Bukan hanya menyesuaikan dengan konsep, cat rumah juga nantinya akan memberikan mood atau kesan. Sehingga anda harus mempertimbangkan kira kira ingin kesannya seperti apa. Jika ingin kesan yang ceria, anda bisa menggunakan warna warna cerah seperti merah muda, biru, kuning terang maupun putih. Sementara untuk kesan mewah bisa menggunakan warna monokrom. Dan pilih warna cream jika ingin menonjolkan kesan hangat pada rumah.

tips memilih warna cat rumah fitur

5. Menggunakan Warna Berbeda Untuk Setiap Ruangan

Selanjutnya jika anda ingin tampilan rumah terlihat berbeda namun tetap cantik, bisa menerapkan tips ini. Dengan begitu semua warna yang anda inginkan bisa diaplikasikan. Berbeda warna setiap ruangan tak akan terlihat aneh, jika perabotnya juga miliki keserasian. Warna biru atau hijau cocok untuk kamar tidur, karena memberi kesan menenangkan. Sementara untuk warna jingga tua ataupun orange untuk dapur karena lebih ceria.

Setiap warna akan membawa kesan yang berbeda, tak heran jika banyak orang yang benar benar memperhatikan pemilihan warna cat. Anda bisa mencari tahu lebih dahulu sebelum nantinya memutuskan memilih warna yang mana. Yang jelas apapun warna yang dipilih sebaiknya sesuai dengan selera dan keinginan anda. sehingga juga sudah diaplikasikan anda tidak akan menyesal. Mengingat mengecat rumah juga membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *