6 Makanan Bayi Belum Tumbuh Gigi yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa asupan gizi yang terbaik tentu akan berpengaruh pada pertumbuhan seorang anak. Agar si kecil tidak merasa bosan, Anda juga harus pintar pintar memilih menu dari makanan yang diberikan. Tak hanya itu, agar si kecil mulai terbiasa untuk makan sendiri, pemberian finger food pun dapat mulai Anda terapkan. Lalu apa saja jenis makanan yang dapat dikonsumsi oleh bayi yang belum memiliki gigi tersebut ?

Aneka Jenis Makanan untuk Bayi yang Belum Memiliki Gigi

1. Sayuran Rebus

Salah satu jenis olahan makanan yang dapat Anda berikan pada si kecil yang belum memiliki gigi ialah berupa sayuran rebus. Makanan bayi belum tumbuh gigi tersebut dapat dibuat dari sayuran berupa kentang, brokoli, dan juga wortel. Dengan memberikan sayuran tersebut juga akan memberikan banyak citarasa baru untuk anak. Rebus sayuran yang ada dengan ukuran yang pas untuk si kecil sehingga membuat mereka dapat belajar makan sendiri.

2. Buah dengan Tekstur Halus

Tak hanya sayuran saja, jenis makanan lain yang dapat Anda berikan pada anak adalah dari buah buahan. Jenis buah yang dapat Anda berikan antara lain adalah mangga, semangka, pepaya, dan juga alpukat. Sebelum memberikannya kepada si kecil, Anda dapat memotong buah buahan tersebut dengan ukuran yang pas untuk digenggam sang buah hati. Anda juga harus mencuci buah buahan tersebut sebelum memberikannya kepada di kecil.

3. Olahan Pasta

Makanan bayi belum tumbuh gigi yang selanjutnya ialah berupa olahan pasta. Jenis pasta yang dinilai paling cocok untuk bayi adalah pasta berupa makaroni dan fusilli. Rebus pasta tersebut dengan tetap mempertahankan citarasa yang dimilikinya. Untuk memberikan rasa yang lezat, Anda dapat manambahkan sedikit minyak zaitun dan juga saus tomat ke dalamnya. Untuk makanan yang diberikan untuk bayi juga tidak disarankan menggunakan garam.

4. Telur Orak Arik

Telur orak arik adalah jenis makanan lain yang dapat diberikan untuk anak yang belum memiliki gigi. Tentu saja pengolahan dari sajian berupa terlur untuk bayi akan berbeda dengan telur orak arik untuk orang dewasa. Gunakan bumbu seminimal mungkin demi memberikan dampak yang lebih baik untuk si kecil. Anda juga harus memastikan bahwa si kecil tidak memiliki alergi pada bahan makanan berupa telur ini.

5. Olahan Tahuk

Tak hanya dapat dikonsumsi oleh orang dewasa, bayi yang belum memiliki gigi juga dapat diberi jenis makanan ini. Anda dapat merebus sebentar tahu yang akan diberikan pada anak. Jika memungkinkan, Anda juga dapat memberikan tahu yang memiliki tekstur yang padat kepada mereka. Hal ini dilakukan untuk mempermudah anak dalam menggenggam tahu tersebut.

6. Olahan Nasi

Salah satu jenis makanan yang dapat Anda masak di rumah untuk si kecil adalah dari olahan nasi. Beras yang digunakan tentu harus dimasak sedemikian rupa untuk menghasilkan olahan yang lembut untuk dikonsumsi si kecil. Anda dapat merebus beras, ikan tuna, air, dan juga tempe hingga lunak untuk dapat dinikmati. Bahan bahan yang ada juga dapat dipadukan dengan jenis bahan yang lainnya.

Tak sedikit jenis makanan yang dapat Anda berikan kepada si kecil yang belum memiliki gigi. Misalnya adalah olahan dari nasi, tahu, dan juga pasta. Makanan berupa buah dan sayur pun dapat Anda berikan kepada mereka. Namun pastikan pula bahwa kandungan dari bahan makanan yang ada telah dapat dicerna oleh anak anak yang masih kecil tersebut. Dari beragam makanan yang ada, hidangan mana yang akan Anda buat untuk si keci?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *