6 Pertanyaan Tentang Marketing untuk Persiapkan Bisnis Anda

Merancang sebuah rencana bisnis tidak lepas dari menyusun langkah langkah pemasaran, untuk mengenalkan produk ke target konsumen yang diinginkan. Agar produk yang dibawa ke pasar tidak salah sasaran dan bisa diterima dengan sangat baik oleh konsumen, anda perlu menyiapkan strategi marketing yang tepat. Sebagai langkah awal menyusun rencana pemasaran untuk produk anda, yuk simak 6 pertanyaan tentang marketing berikut ini!

6 Pertanyaan Marketing Yang Harus Bisa Anda Jawab untuk Menguji Ide Bisnis

1. Apa tujuan dari bisnis anda?

Menjalankan bisnis tanpa tujuan yang jelas, tentu akan membawa hasil yang kurang maksimal. Sebaiknya fokuskan dulu bisnis baru anda pada sedikit item produk, namun yang menghasilkan profit besar, bermanfaat, dan pasti laku di masyarakat. Menentukan tujuan bisnis juga akan sangat membantu anda dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat.

Pertanyaan Tentang Marketing untuk Persiapkan Bisnis Anda

2. Siapa saja target pelanggan ideal anda?

Kategorikan target pelanggan ideal anda dengan detail, misalnya ibu rumah tangga, anak anak usia sekolah dasar, wanita kantoran, remaja pria, dan lain lain. Kemudian kenali karakter target pelanggan, dengan merinci beberapa poin misalnya hobi yang disukai, lokasi tempat tinggal, daya belinya, gaya hidup, pekerjaan, dan lain sebagainya. Hal ini penting dilakukan terutama jika produk anda memiliki lebih dari satu jenis target konsumen.

3. Siapa saja kompetitor utama anda?

Jika anda tidak mempunyai kompetitor, berarti produk bisnis nda bukanlah sesuatu yang menjadi kebutuhan pasar. Lakukan riset pasar untuk mengetahui siapa yang menjadi pesaing utama anda. Lalu identifikasi setidaknya 3 kompetitor utama yang serupa, dan kenali produk mereka, sekaligus cara yang dilakukan untuk mendapatkan konsumen. Kemudian pilihlah strategi yang tepat agar konsumen lebih tertarik memilih produk anda.

4. Apa yang membedakan bisnis anda dari kompetitor?

Ini merupakan salah satu pertanyaan tentang marketing, yang menuntut anda untuk memunculkan Unique Selling Proposition (USP) dari produk yang akan dipasarkan. Bisnis anda harus mempunyai ciri khas unik, agar lebih dikenal berbeda dari kompetitor serupa. USP produk bisa berupa logo yang eye catching, jingle yang mudah diingat, nama brand yang mudah diucapkan dan familiar, serta manfaatnya secara emosional bagi pelanggan.

5. Sudahkah anda memanfaatkan teknologi?

Kecanggihan teknologi sangat membantu proses pemasaran produk dan kelangsungan bisnis anda di era serba digital ini. Dengan memanfaatkan sejumlah platform di internet, anda bisa melakukan online marketing dan transaksi jual beli online sehingga bisa menjangkau lebih banyak konsumen, bahkan di seluruh belahan dunia. Kemudahan teknologi yang meruntuhkan batas geografis via internet ini, sebaiknya anda manfaatkan unuk meningkatkan penjualan produk.

Pertanyaan Tentang Marketing untuk Persiapkan Bisnis

6. Bagaiman pelayanan anda terhadap pelanggan?

Bukan cuma harga dan kualitas produk yang menjadi pertimbangan konsumen, tetapi juga pelayanan yang diberikan oleh pelaku usaha. Pelayanan yang ramah, cepat tanggap, dan memiliki kedekatan secara personal dengan pelanggan, akan menjamin produk anda lebih laku dan diminati konsumen. Berikan respon yang ramah pada setiap pertanyaan, saran, dan kritik yang disampaikan pelanggan, baik yang melalui forum online maupun secara offline.

Mempertahankan pelanggan bukanlah hal yang mudah dalam menjalankan sebuah bisnis. Setelah siap dengan ide bisnis dan strategi pemasaran yang tepat, persiapkan tim bisnis anda untuk berjuang lebih keras dan lebih kreatif, dalam mempertahankan kualitas produk dan pelanggan setia. Jika anda sanggup menjawab keenam pertanyaan seputar pemasaran tersebut dengan detail, maka anda sudah siap meluncurkan produk bisnis usaha anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *