Aman dan Menguntungkan, Simak 5 Tips Memilih Sekuritas Saham Terbaik Untuk Pemula

Sebagai investor saham pemula, perlu untuk mengetahui cara memilih sekuritas yang benar agar dapat membantu bertransaksi saham. Fungsi dari perusahaan sekuritas ini ialah menjadi perantara antara investor saham dengan pasar modal. Oleh karena itu, memilih sekuritas saham adalah hal yang penting untuk bisa memberikan kepercayaan penuh. Berikut ulasan lengkapnya.

Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik Untuk Pemula

1. Legal dan Resmi Terdaftar di BEI dan OJK

Memasuki dunia saham, anda perlu mengetahui perusahaan mana yang telah berada di bawah naungan Bursa Efek Indonesia dan juga OJK. Hal ini berhubungan dengan standar dari perusahaan sekuritas tersebut telah memenuhi standar perusahaan pasar modal yang terpercaya atau tidak. Sehingga perusahaan yang telah terdaftar di BEI dan OJK telah terjamin aman.

Sekuritas Saham

Banyak dari perusahaan sekuritas yang ilegal dan tidak memiliki izin resmi dari BEI dan OJK. Oleh sebab itu, ada baiknya sebelum memilih perusahaan sekuritas telah dilakukan analisa terlebih dahulu. Pengecekan legalitas perusahaan ini bisa dilihat memalui website idx. Ada lebih dari 500 perusahaan sekuritas yang telah mendapatkan izin resmi beroperasi dari BEI.

2. Memeriksa Track Record

Sebagai perusahaan sekuritas yang berada di bawah naungan Bursa Efek Indonesia, tentu akan memiliki rekam jejak kinerja yang telah dilakukan oleh perusahaan sekuritas tersebut. Rekam jejak ini berguna untuk mengetahui kualitas dari sekuritas. Apabila kinerja dari perusahaan sekuritas melenceng dari peraturan maka tugas BEI untuk memberikan teguran.

Rekam jejak ini bisa anda cari melalui mesin penelurusan. Dengan melihat kualitas terdahulu dari perusahaan sekuritas tersebut, sehingga anda bisa memberikan penilaian tersendiri. Lebih baik menghindari sekuritas yang memiliki banyak rekam jejak buruk karena terlalu banyak kasus yang dibuatnya. Sehingga anda akan terhindar dari resiko kerugian akibat kinerja buruk sekuritas.

3. Biaya Transaksi Kecil

Awal mula yang perlu dilakukan oleh seorang investor pemula adalah membuka rekening saham. Pembukaan rekening saham ini akan dibantu oleh sekuritas saham yang menjadi pilihan anda. Setelah melakukan pembukaan rekening saham, anda akan diminta untuk melakukan pengisian sejumlah dana ke rekening saham milik anda. Dimana dana tersebut akan menjadi e-money.

Kemudian investor pemula dapat melakukan transaksi jual beli saham. Perusahaan sekuritas pilihan anda akan mendapatkan profit melalui biaya pembelian dan penjualan saham yang anda lakukan. Biasanya biaya ini ditentukan menjadi 0,19% untuk pembelian dan 0,29% penjualan. Namun nilai tersebut tidak mutlak, karena setiap sekuritas memiliki perhitungan sendiri.

4. Punya Aplikasi

Selain perhitungan dalam aspek keuangannya, kemudahan dan kepraktisan juga menjadi faktor seseorang memilih perusahaan sekuritas. Pada masa digitalisasi ini, segala aspek telah digantikan oleh teknologi. Begitu juga dengan saham yang bisa dilakukan online. Saat ini telah banyak perusahaan sekuritas legal yang telah meluncurkan aplikasi untuk transaksi saham.

Sekuritas Saham

Hanya dengan mengunduhnya, anda langsung bisa melakukan pengawasan saham dan juga melakukan transaksi jual beli kapanpun dan dimanapun dengan satu aplikasi saja. Tak semua sekuritas memiliki aplikasi seperti ini. Oleh sebab itu, akan lebih mudah apabila anda memilih sekuritas yang telah memiliki aplikasi resmi dengan pengoperasian yang mudah.

5. Analisis Yang Jelas dan Berkompeten

Tujuan utama dari menggunakan jasa sekuritas adalah memudahkan investor pemula untuk melakukan analisis saham. Apabila anda tidak memahami mengenai pengoperasian saham dan seluk beluknya, maka pemilihan perusahaan sekuritas adalah pilihan yang tepat. Namun sebelum memilih sekuritas, ada baiknya anda menelusuri track record analisa mereka dengan teliti.

Demikian 5 tips untuk memilih perusahaan sekuritas yang aman dan terpercaya. Sebagai investor pemula mungkin akan membutuhkan bantuan dari mentor yang memberikan informasi – informasi yang dapat menuntun ke tujuan anda mendapatkan keuntungan. Perusahaan sekuritas inilah yang akan menjadi mentor anda dalam mencapai keuntungan saham anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *