Bagaimana Sih Membuat Bumbu Rendang?

Rendang merupakan makanan khas Indonesia yang sangat populer hingga keluar negeri. Cita rasa serta bumbu rendang yang kaya akan rempah-rempah membuat makanan khas Sumatra Barat ini disukai banyak orang. Tapi pernahkah kalian membuat rendang sendiri?
Rasanya zaman sekarang sudah jarang orang yang membuat rendang sendiri. Hal ini dikarenakan waktu yang diperlukan untuk memasak rendang sangat lama hingga 5 jam-an sehingga banyak yang lebih memilih membelinya saja. Selain waktu pemasakan yang lama, bumbu-bumbunya juga cukup banyak sehingga bagi sebagian orang dirasa sangat merepotkan.

Bumbu tradisional vs bumbu instan

Seiring dengan semakin populernya masakan khas Indonesia di luar negeri, saat ini banyak sekali ditemukan bumbu-bumbu khas Indonesia dalam bentuk instan termasuk rendang. Selain lebih praktis, bumbu instan juga bisa bertahan lama sehingga lebih mudah disimpan.

bumbu rendang sapi

Di sisi lain, meskipun banyak bumbu instan beredar di pasaran ternyata masih ada yang membuat bumbu secara tradisional termasuk untuk rendang. Hal tersebut biasanya kerap ditemukan di rumah makan khas Padang yang menyajikan rendang. Bumbu tradisional banyak disukai karena dinilai memiliki rasa yang lebih enak serta lebih sehat.

Membuat bumbu sendiri

Meskipun membuat rendang membutuhkan proses yang sangat lama tapi tidak ada salahnya jika kalian membuat bumbunya sendiri. Selain lebih enak, kalian juga bisa mengajak keluarga sehingga bisa menjadi alternatif menghabiskan waktu bersama keluarga. Berikut cara membuat bumbu untuk rendang.

Bahan-bahan:

500 ml santan kental dari kelapa yang sudah tua
2,5 L santan encer
3 lembar daun kunyit
2 batang serai yang dimemarkan
3 cm lengkuas yang dimemarkan
700 gram daging sapi potong kotak-kotak

Bumbu halus:

2 sdt gula pasir
4 sdt garam
1 sdt ketumbar
1 sdt merica
16 butir bawang merah
4 siung bawang putih
5 butir kemiri yang disangrai
5 buah cabai merah besar
20 buah cabai merah keriting
5 cm jahe

Cara membuat:

1.   Masak santan encer lalu masukkan lengkuas, serai, daun kunyit dan bumbu halus sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
2.   Masukkan daging sapi perlahan-lahan.
3.   Aduk pelan-pelan hingga daging empuk dan kuahnya mengental.
4.   Masukkan santan kental lalu kecilkan api.
5.   Masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga kuah menyusut, mengental dan mengeluarkan minyak.
6.   Bumbu rendang sudah siap.

Membuat bumbu tersebut meskipun terlihat sederhana namun membutuhkan kesabaran yang sangat besar. Masakan perlu diaduk terus agar santan tidak pecah sehingga rendang akan terasa enak tentu membutuhkan waktu yang lama. Jika tidak maka cita rasanya tidak akan sekuat rendang biasa.

bumbu rendang

Agar bumbu berhasil dan memiliki rasa yang enak maka sebaiknya kalian pilih kelapa yang benar-benar tua. Kelapa seperti ini memiliki daging buah yang lebih tebal dank eras sehingga santan yang dihasilkan lebih banyak dan gurih.
Selain bumbu, kalian juga perlu memperhatikan pelengkap untuk lauk nasi bersama rendang. Biasanya nasi rendang selalu dilengkapi dengan sambal cabai hijau yang tidak terlalu pedas. Namun, jika kalian ingin membuat sambal cabai hijau yang otentik seperti di Sumatra Barat maka kalian perlu menggunakan cabai hijau keriting yang berukuran lebih kecil.

Hal itu dikarenakan cabai keriting tersebut memiliki kadar air serta kepedasan yang pas untuk dimakan bersama-sama dengan nasi rendang. Bagaimana? Apakah kalian masih memilih bumbu rendang instan yang ada di pasaran atau justru bumbu tradisional otentik dari Sumatra Barat secara langsung?
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *