Benarkah Jeruk Nipis Untuk Batuk Berdahak ? Yuk Simak Alasannya

Batuk adalah penyakit yang pasti dialami setiap orang, berupa reaksi natural dari tubuh. Manfaat dari batuk ialah untuk membersihkan paru-paru dan saluran udara dari zat asing. Umunya batuk disebabkan karena infeksi dan virus dibarengi alergi. Kondisi semakin parah bila disertai dahak, dan memberikan rasa gatal pada tenggorokan. Jeruk nipis untuk batuk berdahak kerap kali dikaitkan sebagai solusi untuk melegakan pernafasan. Lalu benarkah hal tersebut, yuk simak ulasannya berikut.

Cara Meredakan Batuk Berdahak

Penganan sakit satu ini berbeda dengan batuk biasa, sebab dahak perlu dihilangkan agar batuk cepat mereda. Anda bisa membeli obat khusus untuk meringankan dahak di apotek terdekat. Namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih obat, jangan sampai salah obat yang justru memperparah kondisi. Untuk itu anda pilih yang mengandung ekspektoran, zat yang bekerja dengan cara mengurangi kekentalan dahak. Biasanya dalam bentuk cair, dan berfungsi mengeluarkan dahak.

Ada juga dengan menggunakan obat herbal, yang diwariskan dari turun-temurun yaitu jeruk nipis. Layaknya sebuah tradisi, sampai sekarang obat alami ini masih dipercaya. Jeruk nipis mengandung minyak atsiri, yang ampuh untuk melemaskan otot-otot pada saluran pernafasan. Khasiatnya sebagai obat pereda dahak, mengatasi suara serak, dan mengobati tenggorokan yang gatal. Dan resep ini masih dikonsumsi hingga kini, sebagai penunjang obat biasa.

Jeruk Nipis Untuk Batuk Berdahak

Menelisik Khasiat Jeruk Nipis untuk Pereda Batuk

Beberapa ahli kesehatan menegaskan bahwa larutan jeruk nipis tidak menyembuhkan batuk, hanya bermanfaat untuk meredakan gejalanya. Anda bisa mengonsumsinya dengan menambah kecap manis, untuk mengurangi kadar keasaman dari air jeruk nipis. Pada dasarnya, kecap sendiri tidak memiliki manfaat tertentu untuk gangguan pernafasan. Ini hanya resep warisan yang masih diterapkan. Jika ada yang merasakan sembuh, itu sebenarnya hanya sugesti diri saja.

Disarankan menyajikan larutan jeruk nipis dengan madu, bukan dengan kecap. Hal ini karena madu mengandung zat yang bisa mengembalikan sistem imun tubuh. Selain itu madu dipercaya bisa meredakan segala penyakit. Anda bisa membuat ramuan obat herbak ini, dengan memeras setengah jeruk nipis lalu campur dengan air hangat 100 ml. Kemudian tuangkan 2 sendok makan ke dalamnya, anda bisa minum selagi hangat.

Obat Herbal sebagai Penunjang Obat Kimia

Obat alami apapun bentuknya, hanyalah sebagai asupan penunjang untuk menjaga kesehatan, meringankan gejala, dan menurunkan resiko. Pasalnya, penyebab tumbuhnya penyakit harus lebih dulu dibasmi, untuk menyembuhkan diri hingga ke akarnya. Dalam proses penyembuhan diperlukan jeruk nipis untuk batuk berdahak, sebagai penetralisir zat kimia yang masuk ke tubuh. Agar keseimbangan imunitas tubuh tetap terjaga, dan efek kimia tidak merusak organ dalam tubuh.

Jenis obat yang dikonsumsi tergantung pada batuk yang diderita, sesuaikan juga dengan kondisi tubuh dan usia. Jika batuk disebabkan oleh bakteri dan virus, anda bisa menggunakan obat antibiotik sesuai resep dokter. Untuk batuk yang berdahak, anda bisa meminta mulkolitik untuk menghilangkan dahak. Namun bila anda ragu-ragu segera konsultasi ke dokter, untuk mendapat resep rekomendasi dari dokter. Takutnya anda salah memperkirakan jenis obat, dan berakibat fatal.

Sebelum mengonsumsi obat, alangkah baiknya konsultasi dulu dengan dokter langganan. Karena berbeda sakit batuk, cara penanganannya juga tidak sama. Untuk pencegahan lebih dini, usahakan selalu menjaga stamina tubuh dengan mengatur pola makan. Jika sudah terserang batuk, gunakan masker kemanapun anda pergi atau berbicara dengan orang. Karena virus yang terkumpul juga bisa menyerang tubuh orang sehat, untuk saling menghargai sesama lingkungan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *