Berbagai Fungsi Asuransi yang Belum Banyak Orang Ketahui

Perlu Anda ketahui bahwa asuransi merupakan perjanjian dua pihak antara pemegang polis untuk mendapatkan jainan ganti rugi dengan cara membayar premi dengan perusahaan. Perjanjian dua belah pihak tersebut saling disepakati satu sama lainnya. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui dan memahami fungsi asuransi.

Apa Saja Fungsi dari Asuransi?

Meski cukup jelas, hanya saja terkadang banyak orang yang belum memahami fungsi asuransi yang mereka gunakan. Tidak jarang dengan tanpa adanya pemahaman mengenai fungsi tersebut banyak orang yang mulai menyepelekan keberadaan asuransi. Di bawah ini merupakan beberapa fungsi dari asuransi tersebut:

1.Sebagai pengalihan risiko

Seperti yang diketahui risiko apapun yang terjadi dalam kehidupan seseorang tentu saja tidak dapat diprediksi. Itulah mengapa fungsi utama dari asuransi adalah sebagai pengalihan risiko. Untuk asuransi jiwa maupun kesehatan sendiri tidak dapat mengalihkan risiko kematian. Akan tetapi, risiko kerugian secara finansial dapat dialihkan dengan lebih baik.

Banyak Orang Ketahui asuransi jiwa Kenali Jenis-jenis Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

Seperti saat seseorang yang menggunakan asuransi jiwa, maka keluarganya akan menerima UP jiwa yang dapat dikelola dengan tujuan memenuhi kebutuhan hidup setelah pencari nafkat utama sudah meninggal dunia.

2.Sebagai penghimpun dana

Tidak hanya berfungsi sebagai pengalihan risiko saja, pada dasarnya sebuah asuransi juga dapat berfungsi untuk menghimpun dana. Aktivitas tersebut dilakukan dengan tujuan mengumpulkan dana dari tertanggung atau pihak masyarakat melalui premi yang dibayarkan secara rutin setiap bulan atau setiap tahun.

Dengan adanya aktivitas penghimpunan dana ini, sebuah perusahaan dapat menjalankan fungsi utamanya. Yakni dalam hal pengalihan risiko melalui pembayaran klaim. Nantinya, perusahaan asuransi yang dimiliki akan melakukan pengelolaan dana himpunan kemudian mendistribusikannya kepada orang yang tertanggung.

3.Menjamin keseimbangan premi

Asuransi yang Anda gunakan juga dapat berfungsi untuk menjaminn keseimbangan premi. Fungsi yang satu ini bahkan dapat diperoleh tanpa perlu membayar dengan mahal. Hal ini berarti setiap perusahaan penyedia asuransi nantinya akan melakukan kalkulasi segala risiko dengan premi yang nasabah bayarkan.

Dalam hal ini setiap risiko yang nantinya dapat dialami oleh nasabah belum tentu memperoleh penggantian yang sama. Pasalnya, hal tersebut akan bergantung dengan premi yang mereka bayar. Sehingga risiko terganggung juga akan berbeda-beda juga.

4.Sebagai penerimaan ganti rugi

Saat ini ada banyak orang yang akhirnya menjadi nasabah sebuah asruansi. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan ingin mendapatkan ganti rugi ketika terjadi sesuatu yang dapat merugikan mereka.

Banyak Orang Ketahui asuransi jiwa

Kemudian saat seseorang sudah remsi menjadi nasabah dari salah satu perusahaan asuransi dan memegang polis, maka pihak asuransi akan memberikan sejumlah ganti rugi atas apa saja kerugian terkait bahaya yang sudah dialami. Pembayaran yang dilakukan ini sendiri nantinya dilakukan sesuai dengan kesepakatan yang sudah dilakukan sebelumnya.

5.Kesejahteraan anggota

Saat seseorang mengalami kerugian tersebut, bisa jadi masalah juga bagi anggota keluarga. Anggota keluarga yang satu ini bisa jadi keluarga sendiri ataupun karyawan dalam sebuah perusahaan. Dengan menjadi nasabah dari salah satu perusahaan asuransi dapat menjadikan kesejahteraan anggota lebih terjamin.

Contohnya saja saat Anda menjadi salah satu peserta asuransi jiwa, dengan begitu anggota keluarga Anda akan tetap memperoleh kepastian finansial meskipun Anda sudah meninggal dunia.

Itulah beberapa fungsi dari asuransi yang banyak orang belum mengetahuinya. Saat ini sendiri ada banyak jenis asuransi yang dapat digunakan. Mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, asuransi pendidikan, dan lainnya. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *