Bingung Pilih Saham IPO Untuk Investor Pemula? Simak Tips dan Triknya disini

Initial Public Offering atau Saham IPO adalah penawaran umum saham perdana dari perusahaan yang menjual sebagian sahamnya ke investor publik. Setelah dilakukannya penawaran tersebut saham – saham perusahan terbuka alias emiten ini disebut Tbk. Adanya IPO ini berguna untuk menunjang keuangan dari perusahaan. Lebih lengkapnya simak berikut ini.

Tips dan Trik Memilih Sahan IPO untuk Pemula

1. Memperhatikan Valuasi Saham

Valuasi saham ini didasarkan pada Price to Earning Ratio (PER) dan Price to Book Value (PBV). Mempelajari valuasi perusahaan membuat anda bisa melihat emiten lebih menarik atau tidak dibandingkan dengan perusahaan lain yang berada dalam satu sektor. Penilaian saham dilakukan dengan memperhatikan mahal tidaknya nilai saham perusahaan tersebut.

Saham IPO IHSG Terkoreksi

Penilaian nilai saham didapat dengan membagi harga saham yang perusahaan lepaskan ke publik dengan untuk bersih satu sahamnya (earning per share). Keuntungan bersih ini akan menjadi penilaian ialah laba dari tahun lalu sebelum perusahaan melepaskan sebagian sahamnya ke publik. Kemudian dianalisis dengan membandingkan menggunakan PER emiten lain di bidang yang sama.

Misalnya pada perusahaan saham di bidang produksi makanan instan, maka perbandingan juga dilakukan kepada emiten lain di sektor makanan instan juga. Apabila PER saham dari perusahaan baru lebih rendah dibandingkan dengan PER saham di bidang yang sama maka saham IPO ini layak untuk dibeli oleh investor. Oleh sebab itu, perlu memahami analisa PER.

2. Tren Industri dan Lanskap Kompetitif

Melakukan riset kepada perusahan emiten sangat perlu untuk dilakukan. Dengan melakukan riset tersebut anda bisa mengetahui tren industri perusahaan tersebut sedang tumbuh atau malah terkontraksi. Sehingga memiliki gambaran terhadap tren perusahaan yang akan anda pilih untuk tujuan investasi anda. Tren perusahaan yang baik tentu pilihan yang tepat.

Selain itu perlu juga dilakukan studi tentang persaingan bisnis pada industri pada sektor yang sama. Dengan membandingkan dengan perusahaan yang lain, anda bisa mengetahui apakah saham emiten ini tergolong berpotensi biasa saja kedepannya atau memiliki potensi untuk bisa memimpin harga saham perusahaan di bidangnya. Tentu analisa ini akan menguntungkan.

3. Fundamental dan Kinerja Perusahaan

Melakukan riset perusahaan dapat memberikan informasi lengkap mengenai perusahaan emiten tersebut. Bagi anda yang mempelajarinya maka akan mengetahui mengenai fundamental perusahaan hingga kinerjanya sebelum menjadi perusahaan terbuka yang menjual sebagian sahamnya ke publik. Analisa ini akan menghasilkan beberapa poin penting.

Saham IPO

Rekam jejak dari perusahaan bisa anda lihat melalui aliran kasnya, operasional perusahaan, hingga riwayat kerja sama atau bahkan mengetahui perusahaan pernah terlilit utang atau tidak. Analisis ini harus dilakukan secara komprehensif. Selain itu, kinerja perusahaan dalam jangka panjang juga dapat diketahui melalui permodelan pendekatan Discounted Cash Flow.

4. Bisnis Model dan Portofolio Perusahaan

Penelusuran dari bisnis model yang dilakukan oleh perusahaan dapat memberikan gambaran mengenai perkembangan perusahaan untuk kedepannya. Bisnis model yang dilakukan relevan dengan kemajuan jaman atau tidak. Sehingga dengan hal tersebut bisa mengetahui emiten ini memiliki kemampuan adaptif yang baik atau tidak di masa depan.

Perkembangan tersebut juga berhubungan dengan diversifikasi produk perusahaan. Mengenai portofolio dari perusahan ini perlu untuk diketahui guna membedakan apakah perusahan tersebut tunggal atau memiliki produk yang terdiversifikasi. Selain itu mengetahui tujuan IPO dari perusahaan dan rencana penggunaannya untuk apa bisa lebih meyakinkan anda.

Itulah tips dan trik untuk dapat memilih IPO yang menguntungkan dan juga terpercaya. Dengan berbagai tips dan trik tersebut, maka investasi yang akan anda lakukan pada perusahaan tersebut dapat lebih meyakinkan untuk di kemudian hari mendapatkan keuntungan yang maksimal. Perlu analisa yang detail untuk dapat mengetahui IPO layak dibeli atau tidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *