Cara Mematenkan Merek Dagang

Ketika kita membangun sebuah bisnis, merek dagang menjadi identitas dari usaha yang sedang dirikan. Pada saat merek dagang dapat mencapai peraihan tertentu, bisnis yang kita jalankan dapat dipandang baik oleh para konsumen. Merek dagang atau brand sangat penting bagi sebuah bisnis.

Secara keseluruhan, merek dagang dapat mendatangkan keuntungan dan meningkatkan jumlah penjualan. Karena itulah, kita tidak boleh meremehkan keberadaan brand ketika menjalankan sebuah brand atau merek dagang. Agar merek dagang usaha kita tidak diklaim oleh orang lain, menjadi hal wajib bagi kita untuk mematenkan merek dagang yang kita miliki. Mematenkan brand dagang dapat dilakukan secara online. Pendaftaran merek online membuat kita tidak perlu bolak balik menuju kantor Kemenkumham. Karena pendaftaran dilakukan secara online, proses pematenan merek dagang sangat mudah untuk dilakukan.

Pendaftaran merek online

Pendaftaran merek dagang secara online dapat dilakukan melalui akun merek.dgip.go.id. Setelah memasuki akun tersebut, kita dapat mengklik “ Tambah ” ketika akan melakukan permohonan terbaru. Jika telah melakukan hal tersebut, cara selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah dengan memesan kode biling. Pemesanan dilakukan dengan cara mengisi jenis, pilihan kelasa dan tipe. Membayar berdasarkan tagihan yang tertera pada SIMPAKI menjadi cara selanjutnya yang perlu kita lakukan ketika akan mematenkan merek dagang. Kemudian, kita harus mengisi formulir yang telah diberikan. Setelah pengisian formulir, kita harus mengunggah data tambahan yang terdiri dari surat keterangan UMK apabila pemohon merupakan usaha kecil atau usaha mikro, tanda tangan pemohon dan label merek. Jika data tersebut telah dilengkapi dengan baik, kita hanya perlu mengklik tombol “ Selesai “. DJKI Kemenkumham nantinya akan memeriksa formalitas permohonan merek dagang yang telah kita ajukan. Jika syarat telah dilengkapi dengan baik, pengumuman akan diberitahukan dalam waktu dua bulan.

Dengan melakukan pematenan merek dagang, brand yang kita miliki tidak akan disalahgunakan oleh orang lain. Kita juga kelak akan mendapatkan perlindungan hukum melalui brand dagang yang kita miliki. Merek dagang yang telah didaftarkan di Kemenhumkam kelak akan mendapatkan perlindungan hukum. Perlindungan hukum tersebut merupakan hal yang pasti dan dapat dipertanggungjawabkan. Menurut undang-undang yang berkaitan dengan hak cipta, perlindungan hukum ini merupakan senjata utama yang berguna untuk memberikan perlindungan orisionalitas bagi sebuah perusahaan yang dimiliki oleh masyarakat. Kita memiliki kesempatan untuk menuntu pihak-pihak yang menggunakan merek dagang yang kita miliki hanya untuk mendapatkan keuntungan pribadi tanpa adanya izin.

Pendaftaran merek online merek dagang

Terhindar resiko plagiarisme menjadi keuntungan lainnya yang akan kita dapatkan setelah mematenkan merek dagang. Dengan undang-undang yang disahkan oleh presiden mengenai hal cipta, kita mendapatkan perlindungan dan terhindar dari plagiarisme yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Kita juga dapat meningkatkan aset perusahaan akibat telah mematenkan brand dagang. Brand dagang yang telah didaftarkan secara resmi akan meningkatkan nilai branding. Karena brand menjadi hal penting ketika kita menjalankan bisnis, brand mampu menentukan kesuksesan dari bisnis yang sedang kita jalankan. Ketika brand atau merek dagang berada pada tingkat yang tinggi, bisnis dapat terus berdiri meskipun sempat terjatuh. Dengan mendaftarkan merek dagang, bisnis dapat dilakukan dengan mudah. Kita dapat memanfaatkan merek dagang untuk membuka bisnis waralaba. Karena itulah, penting bagi kita untuk melakukan pendaftaran merek online untuk brand yang kita miliki guna mendapatkan keuntungan dari bisnis yang kita jalankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *