Cara Mengganti Oli Motor dan Waktu yang Tepat Untuk Mengganti

Untuk mengurangi gesekan pada mesin dan sebagai bahan untuk melumasi mesin, kehadiran oli motor sangat penting. Karena oli menjadi komponen yang penting bagi kendaraan bermotor, oleh sebab itu Anda harus tahu waktu yang tepat untuk mengganti oli. Jika perlu, pahami juga bagaimana cara mengganti oli motor agar ketika oli habis tiba – tiba, Anda bisa menggantinya sendiri.

Mengenai cara melakukan penggantian oli dan kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli, informasi selengkapnya akan kami ulas dalam ulasan di bawah ini. Let’s check these out!

Cara Mengganti Oli Motor yang Tepat

Langkah – langkah untuk mengganti oli motor sendiri sebagai berikut :

Siapkan semua peralatan yang dibutuhkan

Jika mesin sudah dalam kondisi dingin, siapkan peralatan untuk menguras oli mesin motor. Beberapa peralatan yang Anda butuhkan diantaranya kunci pas, lap kering dan wadah penumpang oli bekas serta pelumas pengganti merk apapun.

Cara Mengganti Oli Motor ini

Namun pastikan sebelum Anda mengganti oli motor, cari lokasi penggantian yang nyaman agar proses penggantian tidak terganggu. Pastikan juga area penggantian datar dan keras kemudian gunakan standar tengah supaya kedudukan motor bisa lebih stabil sehingga aman ketika proses penggantian oli mesin motor berlangsung.
Buka baut penguras oli

Tempatkan wadah penampung oli bekas di bagian bawah lubang pembuangan oli dan kemudian buka baut penutup lubang pembuangan oli dengan kunci pas atau ring. Agar semakin melancarkan pembuangan oli, jangan lupa Anda buka stik pengisian olinya.

Biarkan oli mengalir sendiri dan tunggu sampai habis. Mungkin jika menunggu oli mengalir sendiri, waktu yang dibutuhkan cukup lama. Akan tetapi hal tersebut tidak menjadi masalah. Kalau di bengkel oli memang cepat keluar karena disemprot dengan air compressor.

Namun sebenarnya penyemprotan dengan air compressor kurang bagus karena dapat menyebabkan kotoran yang mengendap justru kembali menyebar ke bagian mesin yang lain. Jadi menggunakan cara natural yaitu menunggu sampai air oli kotor habis sendiri lebih dianjurkan.

Lakukan pemasangan kembali baut penguras oli

Ketika olinya sudah habis dan menetes kembali ke bak penampungan, pasang kembali penutup bautnya. Namun sebelum Anda pasang penutup bautnya, terlebih dahulu yang Anda harus lakukan adalah bersihkan dulu sisa oli pada lubang pembuangan dan baut penutup dari kotoran, debu atau pasir dengan menggunakan kain lap.
Jika sudah, baru bautnya dapat Anda pasang kembali namun jangan terlalu keras ketika mengencangkannya karena dikhawatirkan akan patah atau drat menjadi rusak sehingga oli malah bisa mengalami kebocoran.

Tuangkan oli baru

Setelah semuanya dalam kondisi bersih, baru masukkan oli barunya. Pastikan oli Anda masukkan sesuai takaran dan terakhir, bersihkan sisa – sisa oli yang tertinggal baik di sekitar mesin atau di bagian lain menggunakan kain lap. Lalu tutup tempat oli serapat mungkin.

Cara Mengganti Oli Motor

Lantas kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli motor?

Oli motor harus diganti setelah jarak tempuhnya mencapai 5000 km, dan untuk motor matic perlu ganti oli ketika jarak tempuhnya sudah 3000 meter. Selain itu tanda lain Anda harus mengganti oli adalah ketika mesin kendaraan sudah mulai terasa seret dan gesekan antar komponen mulai terasa.

Itulah informasi tentang cara mengganti oli motor dan waktu yang tepat melakukan pergantian oli yang perlu Anda tahu dan pahami. Jangan lupa rawat motor Anda dan jangan sampai lupa mengganti oli agar kenyamanan berkendara terjaga dan motor juga selalu awet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *