Cara Mengklaim Asuransi Mobil Agar Tidak Ditolak

Mobil mengalami lecet atau kerusakan dan takut kalau asuransi yang sudah Anda daftarkan untuk mobil Anda ditolak? Bagi Anda yang mengalami kerusakan atau lecet dan ingin mengklaim asuransi mobil Anda, di sini kami akan bahas informasi menarik tentang bagaimana cara mengklaim asuransi mobil yang Anda harus tahu.

Dengan menerapkan cara ini besar kemungkinan asuransi mobil yang Anda ajukan sangat meyakinkan dan tidak ditolak sehingga dapat Anda manfaatkan untuk pembenahan atau servis mobil Anda yang rusak atau lecet. Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Cara Mengklaim Asuransi Mobil Agar Tidak Ditolak

Hubungi pihak perusahaan asuransi

Ketika terjadi hal buruk pada mobil Anda misalkan terjadi kehilangan, kerusakan atau kecelakaan maka Anda bisa segera menghubungi pihak asuransi untuk mengklaim premi yang sudah Anda bayarkan selama ini.

Pelaporan klaim atas kecelakaan atau kerusakan yang terjadi maksimal 3 x 24 jam pasca kejadian. Jadi jika Anda bisa secepat mungkin melapor maka Anda tidak akan pernah terlambat untuk mendapatkan kesempatan klaim asuransi atas resiko yang Anda alami.

cara mengklaim asuransi mobil ini

Anda juga harus mampu menjelaskan kepada pihak perusahaan tentang kronologi kejadian yang Anda alami sehingga mereka akan mengerti dan memahami kronologinya.

Setelah Anda menghubungi pihak asuransi maka selanjutnya nanti Anda akan mendapat berbagai macam layanan seperti layanan mobil derek, layanan perbaikan di bengkel rekanan dan berbagai macam layanan lainnya. Perusahaan juga akan memberikan formulir klaim asuransi kepada Anda. Isi dan lengkapi formulir tersebut supaya dapat digunakan memperbaiki mobil yang rusak akibat kecelakaan atau hal lain di bengkel rekanan perusahaan asuransi.

Foto kerusakan untuk dilampirkan sebagai bukti

Dalam pengajuan klaim asuransi mobil, sebuah perusahaan tidak akan serta merta melakukan dalam tempo yang sangat singkat. Pihak perusahaan asuransi tentu butuh berbagai macam bukti untuk menunjukkan kerusakan yang terjadi.
Contoh bukti yang bisa diberikan adalah foto bagian mobil yang mengalami kerusakan atau lecet karena kecelakaan yang tidak disengaja. Foto tersebut harus dilampirkan sebagai bukti dan harus memperlihatkan kondisi mobil yang sebenarnya dialami sebagai syarat pelaporan.

Lengkapi formulir pengajuan klaim dengan cermat

Soal pengisian formulir bagi sebagian orang adalah sesuatu hal yang dianggap merepotkan. Akan tetapi dalam pengajuan klaim asuransi, mengisi formulir adalah hal yang wajib dilakukan karena formulir klaim asuransi merupakan sesuatu yang mendasar dalam pengajuan klaim itu sendiri.

cara mengklaim asuransi mobil

Lengkapi dokumen yang menjadi syarat

Pihak asuransi nantinya akan meminta beberapa dokumen penting sebagai syarat mengajukan klaim. Jadi pastikan bahwa semua dokumen Anda miliki tanpa terlewat. Jika ada yang terlewat nantinya Anda masih harus bolak – balik untuk melakukan klaim asuransi tersebut dan hal tersebut tentu akan sangat merepotkan.

Beberapa dokumen yang akan diminta sebagai dokumen syarat pengajuan klaim asuransi terdiri atas :

• Salinan polis asuransi
• Fotokopi surat izin mengemudi atau SIM
• Surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK)
• Surat keterangan dari kepolisian yang memberikan keterangan bahwa Anda mengalami kecelakaan dan dokumen pertanggungjawaban dari pihak ketiga terkait dengan kecelakaan yang terjadi.

Jadi siapkan semua dokumen selengkap mungkin sedari sekarang. Itulah beberapa tips dan cara mengklaim asuransi mobil yang tepat agar pengajuan klaim Anda tidak mendapat penolakan. Semoga informasi yang kami berikan di atas memberikan banyak manfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *