Efektif Mengurangi Sakit, Kenali 6 Jenis Olah Raga Untuk Penderita Wasir

Wasir atau ambien merupakan penyakit yang tidak berbahaya, namun membuat penderitanya tidak nyaman saat duduk. Sakit wasir terjadi karena ada pembengkakan pemmbuluh darah pada bagian bokong, di area rektum atau di anus. Penyakit ini mengharuskan penderita untuk tidak terlalu sering melakukan aktivitas, yang cenderung memberi tekanan berlebihan. Namun ada beberapa jenis olah raga untuk penderita wasir yang disarankan. Yuk simak ulasannya.

Olah Raga Sederhana Untuk Memperlancar Sirkulasi Darah

1. Senam Kegel

Jenis olahraga ini baik untuk penderita wasir, karena gerakannya ringan dan bisa mengurangi rasa sakit. Senam kegel bisa dilakukan penderita secara mandiri, tanpa meminta saran medis. Gerakan senam mampu membantu peredaran darah kembali normal, dan memperlancar buang air besar. Manfaat laiinya yaitu bisa membuat otot panggul dan pelvis menjadi lebih kuat, dengan begitu tekanan dibawah tubuh bisa hilang.

2. Senam Zumba

Berbicara tentang zumba, olahraga ini sering juga dilakukan orang yang sedang diet. Manfaatnya bisa dirasakan dalam jangka pendek maupun panjang. Bahkan tidak untuk kesehatan fisik saja, tetapi meningkatkan kualitas hidup jika dilakukan secara teratur. Zumba bisa mengurangi rasa sakit akibat wasir, gerakannya pun tidak terlalu ekstrim. Selain itu juga mencegah diri dari ganggungan pencernaan, seperti konstipasi hingga susah buang air besar.

3. Melakukan Yoga

Jenis olah raga ini bermanfaat untuk menghilangkan wasir jika dilakukan secara rutin. Yoga juga dikenal sebagai latihan fisik, yang membuat tubuh lebih fleksibel dan bugar. Memperlancar peredaran darah yang menuju ke saluran pencernaan. Dengan begitu, pergerakan usus akan terstimulasi dengan baik. Gerakan yoga yang dilakukan khusus untuk sakit wasir diantaranya wind relieving, suspine twistinf, dan cat and cow.

Olah Raga Untuk Penderita Wasir Yoga

4. Senam Aerobik

Gerakan pada aerobik membantu keaktifan tubuh, sehingga masuk olah raga terbaik untuk penderita wasir. Untuk melakukannya mudah sekali, anda bisa senam sendiri melaui bantuan video-video dari youtube. Disarankan melakukan pemanasan terlebih dahulu selama 5 menit, dan diakhiri pendinginan dengan durasi 5 menit. Senam aerobik dilakukan kurang lebih 30 menit.

5. Berjalan Kaki

Olah raga untuk penderita wasir yang paling simpel adalah jalan kaki. Anda bisa berjalan kaki di pagi hari selama 30 menit, sambil menghirup segarnya udara pagi. Selain mengurangi rasa sakit, anda juga bisa merilekskan pikiran sebelum kembali pada aktivitas normal. Tidak perlu jauh-jauh, cukup di sekitar lingkungan rumah saja. Jika anda di perumahan, bisa mengitari kurang lebih 2 blok rumah. Anda juga bisa memanfaatkan kegiatan ini dengan menyapa para tetangga, olah raga sekalian bersosialisasi. Tidak ada salahnya bukan berinteraksi dengan tetangga sendiri ?

6. Berenang

Olah raga ini masuk dalam list favorit masyarakat, serta ampuh untuk mengatasi wasir. Anda hanya perlu meluangkan waktu 3-4 kali dalam seminggu, dan melakukan selama dua bulan berturut-turut. Manfaatnya dapat meningkatkan keaktifan tubuh, dan kebutuhan air meningkat. Selain itu berenang juga dipercaya mampu mengurangi stress dan memperbaiki pola makan. Untuk anak usia pertumbuhan, renang bisa menguatkan otot-otot tulang.

Demikian informasi tentang olah raga terbaik untuk penderita wasir. Ketika wasir memang akan sakit walau hanya melakukan sedikit gerakan. Namun tidak ada salahnya mencoba olah raga sederhana, dengan gerakan yang tidak terlalu menekan. Kegiatan ini juga bisa mebuat kemampuan otot meningkat, serta menjaga kelancaran aliran darah. Alhasil, peradagangan akibat wasir bisa diminimalisir. Selain itu anda juga perlu menjaga pola makan, sering konsumsi menu yang kaya serat untuk mencegah wasir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *