Faktor Resiko Penyebab Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang menyerang jaringan di payudara. Walau kanker ini lebih banyak menyerang wanita, akan tetapi pria pun berpotensi mengalami kanker jenis ini. Pria yang mengalami kanker di jaringan payudara bahkan mengalami resiko kematian yang jauh lebih besar karena kanker yang menyerang jaringan payudara pada pria sangat ganas.

Kanker ini terbentuk ketika sel kanker tumbuh di area jaringan payudara dan menghasilkan susu atau lobulus yang kemudian membawa air susu dari kelenjar ke bagian puting payudara. Kanker ini memang dapat menyerang siapa saja akan tetapi ada beberapa faktor resiko yang menambah kemungkinan seseorang mengalami kanker jenis ini. Apa saja? Berikut informasinya untuk Anda!

Faktor Resiko Penyebab Kanker Payudara

Faktor genetik

Kanker yang tumbuh pada jaringan payudara dapat diturunkan karena orang tua menurunkan genetik dengan sel kanker aktif pada anaknya.

Tanda-Tanda Kanker Payudara Pada Pria

Kanker yang menyerang jaringan payudara juga dapat disebabkan oleh mutasi gen yang diwariskan atau tidak diwariskan. Mutasi gen yang tidak diwariskan biasanya disebut sebagai Human Epidermal Growth factor receptor 2 atau yang di singkat sebagai HER2. Sementara gen yang paling umum diwariskan adalah gen BRCA1 dan gen BRCA2 dimana keduanya meningkatkan resiko kanker pada pewarisnya.

Faktor usia

Penderita kanker yang menyerang jaringan payudara ini bisa terjadi pada siapa saja. Tidak hanya wanita dengan usia di atas 50 tahun yang memiliki resiko kanker ini melainkan remaja perempuan atau laki – laki dengan usia 15 tahun ke atas juga bisa terserang kanker ini. Oleh sebab itu, Anda harus mengecek selalu kesehatan Anda untuk mengetahui apakah ada sel kanker yang aktif atau tidak di dalam tubuh.

Menstruasi dini

Bagi wanita yang mengalami menstruasi pertama pada usia di bawah 12 tahun maka sangat beresiko bagi dirinya untuk terkena kanker pada jaringan payudaranya. Hal ini terjadi karena peningkatan jumlah estrogen di dalam tubuh wanita tersebut akan terjadi dalam jangka waktu yang lama. Nah, estrogen ini berkaitan dengan kanker pada organ payudara yang dapat menyebabkan sel kanker tumbuh lebih cepat dan tidak terkendali.

Riwayat penyakit tertentu

Bagi Anda yang sebelumnya pernah mengalami kanker di salah satu organ Anda baik itu kanker pada organ payudara atau organ yang lainnya, maka payudara Anda yang sebelahnya berpotensi mengalami kanker juga. Hal ini berkaitan dengan sel – sel kanker yang sudah aktif dalam tubuh Anda.

Wanita yang kehamilan pertamanya di usia tua

Tak banyak orang yang tahu bahwa jika seorang wanita mengalami kehamilan pertama pada usia di atas 35 tahun, maka sangat rentan bagi wanita tersebut terserang kanker pada jaringan payudara. Wanita hamil yang usianya sudah di atas 35 tahun juga berpotensi melahirkan dengan kondisi bayi lahir prematur dan berimbas pada proses penyusuan serta penyapihannya.

Menopause lanjut usia

Kebanyakan wanita mengalami menopause pada usia 40 tahun. Nah, jika diantara Anda ada yang mengalami menopause di usia lebih dari 50 tahun maka resiko Anda mengalami kanker pada jaringan payudara akan sangat besar. Oleh sebab itu, Anda harus berhati – hati jika mengalami hal ini.

Ciri-ciri Kanker Payudara Sesuai Stadium

Wanita dengan pola hidup tak sehat

Wanita yang pola hidupnya tidak sehat juga sangat rentan mengalami kanker pada organ payudara. Oleh sebab itu ubah pola hidup Anda sedari sekarang. Jika Anda terlalu banyak makan fast food, bekerja tak mengenal waktu dan jarang olahraga maka Anda harus berhati – hati.

Itulah beberapa faktor resiko penyebab kanker payudara yang penting Anda tahu. Jaga selalu kesehatan Anda dengan pola hidup sehat yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *