Fenomena WFH, Produktifkah?

Selama masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, fenomena work from home (WFH) sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar pekerja di kota-kota besar di tanah air. Sayangnya, tidak semua orang menyukai dengan konsep bekerja dari rumah tersebut. Selain harus mengeluarkan biaya untuk membeli kuota internet, konsep bekerja seperti ini juga dinilai tidak terlalu produktif. Untungnya, untuk masalah kuota beberapa provider internet saat ini kerap memberikan bonus kuota bagi para pelanggan setianya. Lalu, bagaimana cara mendapatkan bonus kuota data internet tersebut?  Mari kita cari tahu bersama.

Tips mendapatkan bonus kuota

Seperti yang diketahui, pemerintah setempat mengalokasikan dana untuk memberikan kuota data internet secara gratis. Namun, program tersebut hanya berlaku untuk kegiatan pendidikan saja bukan untuk kalangan pekerja. Lalu, apakah sebagai pekerja Anda tidak bisa mendapatkan bonus kuota internet? Jawabannya bisa saja namun hal tersebut tergantung kebijakan dari masing-masing provider. Jika Anda ingin mendapatkan bonus yang lebih besar maka sebaiknya baca tips-tips berikut ini.

cara mendapatkan bonus kuota WFH

1.   Memilih operator dengan reputasi bagus

Meskipun ada beberapa operator seluler yang memberikan kuota gratis tapi Anda jangan pernah melupakan reputasi yang dimiliki oleh masing-masing operator. Tidak semua operator memiliki sinyal yang kuat di setiap daerah. Ingat sebanyak apapun kuota yang dimiliki jika sinyal operator buruk maka akan percuma saja. Oleh karena itu, pilihlah operator dengan sinyal yang cukup kuat di daerah Anda agar tidak mengganggu pekerjaan Anda.  

2.   Perhatikan ketentuan pada masing-masing operator seluler

Setiap operator seluler memiliki syarat dan ketentuan masing-masing. Untuk itu Anda perlu membaca dan memahaminya dengan baik agar tidak salah pilih operator seluler. Jika dirasa masih belum jelas,jangan ragu untuk menghubungi bagian informasi perusahaan operator seluler tersebut.

3.   Pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan

Biasanya saat Anda membeli paket internet Anda akan mendapatkan kuota data tambahan sebagai bonus. Bonus yang diperoleh tentu berbeda-beda tergantung paket yang Anda beli. Namun, biasanya semakin mahal paket internet yang Anda beli maka bonus yang Anda dapatkan akan semakin banyak. Oleh karena itu, sebaiknya Anda cukup membeli paket internet yang sesuai dengan kebutuhan saja agar bisa menghemat pengeluaran.

Bagaimana tetap produktif selama masa WFH?

Meski pada awalnya banyak yang menyambut baik peraturan WFH, tapi lama-kelamaan banyak orang mulai merasa jika sistem ini kurang produktif. Meskipun bisa menghemat waktu kerja karena tidak perlu datang ke kantor tapi bekerja dari rumah terlalu lama bisa menimbulkan kejenuhan dan kurang professional. Belum lagi ditambah gangguan-gangguan lain misalnya dari anak-anak atau anggota keluarga lainnya.

cara mendapatkan bonus kuota laptop

Mengingat hal tersebut maka perlu adanya suatu perubahan agar membuat suasana bekerja di rumah menjadi tidak membosankan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan semangat saat WFH.

1.   Membuat daftar kegiatan harian. Membuat rencana harian akan sangat membantu agar semua aktivitas kegiatan bisa terjadwal rapi dan teratur. Pastikan untuk memberikan durasi yang cukup agar semua kegiatan harian Anda bisa diselesaikan seefisien mungkin.

2.   Mengatur ruang kerja serapi mungkin. Faktor kenyamanan merupakan hal utama bagi setiap pekerja. Agar Anda lebih fokus sebaiknya atur ruang kerja Anda seefisien mungkin

3.   Jangan lupa istirahat dan menghibur diri. Meskipun bekerja secara santai sebaiknya Anda tidak melupakan istirahat. Pastikan Anda mendapat istirahat cukup dan selalu menghibur diri agar tidak stress.

Selain terasa membosankan mau tidak mau harus diakui jika sistem WFH cukup banyak menguras kantong. Bekerja di rumah menggunkan kuota internet tentu sangat boros dan mahal terutama jika Anda menggunkan operator seluler yang terkenal. Meskipun saat ini telah ada berbagai cara mendapatkan bonus kuota tapi bagi beberapa orang hal itu tidak banyak membantu.
 
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *