Golongan Rentan, Yuk Kenali Gejala Dan Cara Mencegah Anak Agar Tidak Terinfeksi Covid

Meskipun sebagian besar kasus Covid-19 menyerang kalangan orang dewasa, tetapi tak menutup kemungkinan anak-anak juga bisa tertular, bahkan sudah ada kasus yang dilaporkan. Selain lansia, golongan ini juga beresiko terkena paparan virus karena imunnya yang masih tergolong lemah. Oleh karena itu, bagi para orang tua penting untuk selalu mewaspadainya. Yuk, kenali gejala dan cara mencegah anak agar tidak terinfeksi covid-19.

Gejala Covid-19 Pada Anak

Secara umum, orang yang terpapar virus corona memiliki gejala demam tinggi, batuk, pilek, hilangnya indera perasa dan penciuman, dan sesak atau gangguan pernafasan. Akan tetapi, tanda serangan Covid-19 pada anak cenderung lebih ringan terkesan seperti batuk dan pilek biasa, bahkan ada pula yang tanpa menunjukkan gejala. Kemungkinan, hal tersebut terjadi karena peranan kelenjar timus yang bekerja dengan baik.

Terinfeksi Virus Corona pada anak

Tanda ringan yang biasanya ditunjukkan oleh anak yang terkena paparan Covid-19 adalah demam, pilek, radang tenggorokan, dan batuk. Bahkan beberapa ada yang menunjukkan gejala gangguan pencernaan seperti diare dan muntah. Tanda gangguan gastrointestinal tersebut lebih umum terjadi pada anak daripada gejala batuk, demam, dan tanda infeksi pada umumnya.

Hal tersebut didukung dengan hasil penelitian yang telah dilakukan pada lebih dari seribu anak Irlandia Utara, Skotlandia, Inggris, dan Wales. Dimana, dalam pengamatan tersebut ditemukan bahwa setengah dari anak yang terkena Covid-19 lebih tidak ada gejala. Adapun gejala yang ditunjukkan lebih ke masalah gangguan pencernaan, seperti diare dan muntah.

Meskipun gejalanya yang tergolong ringan dan hampir mirip dengan influenza biasanya, namun sebagai orang tua seharusnya tetap waspada. Karena, bisa jadi tanda tersebut bisa berkembang semakin parah dan menyebabkan terjadinya syok sepsis dan acute respiratory distress syndrome, atau dalam istilah umumnya disebut dengan gagal napas akut. Jika buah hati menampakkan gejala tersebut, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan.

Cara Mencegah Anak Dari Serangan Covid-19

Karena semakin berkembangnya kasus serangan Covid-19, maka seharusnya anda menerapkan cara pencegahan agar si kecil tidak terinfeksi virus tersebut. Apabila anak anda masih bayi, upaya terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menghindarkan kontak si kecil dari orang yang berisiko terjangkit Covid-19. Tak hanya itu, terapkan pula protokol kesehatan pada setiap anggota keluarga.

Terinfeksi obat infeksi virus Corona

Dengan cara memberikan beberapa peraturan pada keluarga maupun orang lain untuk selalu menjaga kebersihan, sebelum mengakses bayi. Akan tetapi, jika buah hati anda telah berumur satu tahun ke atas atau sedikit lebih besar, pencegahan bisa dilakukan dengan cara mengajari anak untuk cuci tangan dengan baik. Selain itu, biasakan si kecil untuk selalu melakukan cuci tangan sebelum makan dan sesudah memegang benda apapun.

Tak hanya itu, biasakan pula perilaku untuk selalu mengenakan masker setiap keluar rumah. Agar sistem imun buah hati tetap terjaga dengan baik, pastikan untuk selalu memberikannya makanan yang bernutrisi tinggi. Sayuran dan buah yang mengandung tinggi beta karoten seperti jeruk dan wortel baik diberikan karena mampu memperkuat imunitas tubuh. Disamping itu, untuk menjaga agar anak tetap bugar, anda bisa mengajak si kecil melakukan olahraga.

Seperti yang diketahui bahwa virus Corona bisa menjangkit siapa saja, baik kalangan orang dewasa maupun anak-anak. Oleh karena itu, sebagai orang tua anda harus waspada apabila si kecil mengalami beberapa gejala tersebut. Apabila anak mengalami tanda tersebut, ada baiknya untuk melakukan tes, agar bisa ditangani dengan tepat. Selain itu, ada pula beberapa langkah yang bisa diambil untuk mencegah anak agar tidak terkena Covid-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *