Ingin Asuransi All Risk Mobil Bekas, Pelajari Hal yang Harus Dihindari !

Jika anda memiliki mobil bekas, maka pastinya anda akan kebingungan untuk mengasuransikannya dalam bentuk allrisk atau TLO. Asuransi all risk mobil bekas bisa anda jadikan pilihan jika mobil anda memang rentan mengalami kerusakan, sehingga anda memiliki asuransi untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Namun tak semua orang lolos untuk mendapatkan asuransi ini. Untuk itu, kali ini akan dibahas mengenai hal yang harus anda hindari ketika akan melakukan asuransi mobil bekas

Hal Yang Patut Anda Hindari Agar Asuransi All Risk Tidak Ditolak

1. Pengemudi yang tidak memiliki SIM

Sebelum melakukan asuransi untuk mobil bekas anda maka tentunya anda wajib untuk memperhatikan hal berikut ini. Jika anda merupakan pengemudi yang tidak memiliki SIM, maka otomatis anda tidak akan layak untuk mendapatkan asuransi ini. Kejadian ini biasanya sering terjadi, biasanya tertanggung akan yang mengasuransikan mobilnya untuk asuransi all risk ini ternyata mobil tersebut dipakai oleh anak 17 tahun ke bawah, maka otomatis anda pun tidak akan bisa mendapatakannya.

Proses Klaim Asuransi

2. SIM Telah Habis Masa Berlakunya

Selain itu, jika SIM anda telah habis masa berlakuknya, maka anda pun juga tidak bisa untuk mengurus asuransi all risk mobil bekas ini. Klaim dengan kondisi ini pun biasanya akan ditolak karena menurut peraturan lalu lintas yang berlaku, setiap pengendara memang diharuskan untukk memiliki SIM. Sehingga setiap melakukan klaim tertanggung harus mengisi formulir klaim tenatng kronologis kejadian sehingga SIM yang telah habis masa berlakunya otomatis tidak bisa mengurus asuransi.

3. Kedapatan Memberikan Informasi Palsu

Bagi anda yang terbukti memberikan otomatis palsu juga tidak akan bisa untuk membuat asuransi mobil bekas ini. Hal tersebut dikarenakan klaim yang bernilai besar maka pihak asuransi pun akan memiliki bagian investigasi tersendiri. Jika tim investigasi menemukan informasi yang menyimpang, maka tertanggung pun akan berpotensi untuk ditolak klaimnya karena telah memberikan informasi palsu.

4. Mengalami Telat Saat Lapor Klaim

Jika anda kedapatan menunda klaim saat asuransi all risk mobil bekas anda mengalami resiko kendaraan ringan seperti lecet ataupun terdapat goresan, akan tetapi setelah luka pada mobil telah terlihat banyak dan anda baru melakukan proses klaim, maka kemungkinan besar klaim anda ditolak. Klaim tersebut beresiko ditolak dikarenakan batas waktu pelaporan klaim memiliki batas maksimal 5 hari setelah luka muncul pada mobil anda.

Asuransi All Risk Mobil

Untuk itu, anda pun diperlukan untuk segera melaporkan keadaan mobil anda apabila mengalami kecacatan. Karena secara ketentuan seperti yang terdapat pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor, setiap kerusakan yang dialami mobol yang ditanggungkan, maka pemegang polis wajib untuk melaporkan kepada pemilik asuransi maksimal 5 hari sejak terjadinya kerusakan.

5. Kehilangan Akibat Penipuan Dan Penggelapan

Jika anda mengalami kasus penipuan atau penggelapan ini, biasanya pihak asuransi all risk mobil bekas tidak akan mau untuk mengganti klaim atas mobil yang anda asuransikan. Maka dari itu, biasanya pihak asuransi tidak akan mau untuk mengganti karena hal tersebut sesuai dengan peraturan yang telah disepakati jika mobil dibawa lari orang maka pihak asuransi tidak akan diganti.

Untuk itulah, jika anda ingin melakukan klaim terhadap asuransi all risk mobil anda maka tentunya anda harus menghindari hal tersebut. Tentu saja, hal ini haruslah anda patuhi agar klaim anda dapat diurus dan proses klaim dapat berjalan dengan lancar. Akan tetapi, anda harus tetap menabung agar lebih mudah jika mengalami hal dimana asuransi tidak dapat di klaim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *