Ingin Jadi Pengusaha? Berikut 5 Jenis Usaha yang Alami Peningkatan di Masa Pandemi

Masa pandemi seperti ini tidak hanya mengancam kesehatan saja, namun juga ke perekonomian di setiap negara yang ada di dunia. Dalam jangka waktu yang masih belum bisa dipastikan, kondisi seperti ini memaksa banyak orang untuk bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan. Di tengah keterpurukan ini, masih ada sejumlah pengusaha yang mengalami pertumbuhan di tengah pandemi Covid-19. Berikut akan diulas jenis usahanya.

Jenis Usaha yang Alami Peningkatan

1. Grocery atau E-Commerce

Sejak dihimbau untuk melakukan physical distancing oleh pemerintah akibat pandemi Covid-19, masyarakat semakin sadar dan peduli untuk tetap berdiam diri di rumah saja. Begitupun saat akan pergi ke supermarket atau pasar untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Masyarakat dianjurkan untuk selalu menjaga jarak antar orang dan tetap menjaga kebersihan. Tanpa disadari kegiatan seperti ini telah dilakuakn lebih dari 2 bulan lamanya.

Ingin Jadi Pengusaha di masa pandemi sederet peluang indonesia di tengah pandemi virus corona

Sebagai ganti untuk tidak pergi berbelanja ke supermarket atau pasar tradisional, masyarakat bisa berbelanja kebutuhan sehari-hari secara online. Cara satu ini dinilai lebih mudah, praktis dan efisien. Karena tak perlu lagi berinteraksi dan berhadapan dengan orang banyak. Cukup dengan sentuhan layar ponsel, kebutuhan sehari-hari dapat dikirimkan hingga ke depan pintu rumah anda. Kebiasaan tersebut akan membuat layanan grocery atau e-commerce mengalami peningkatan cukup pesat.

2. Obat-Obatan atau Jamu dan Perlengkapan Kesehatan

Usaha yang terkait dengan kesehatan dan keselamatan akan terus bangkit ketika memasuki era New Normal seperti ini. Karena usaha obat-obatan atau jamu ini memiliki prospek dan menarik untuk dilakukan. Usaha satu ini juga berbasis lokal dengan menggunakan bahan baku yang tersedia di dalam negeri. Selain itu, dipercaya mampu meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan.

Dengan mendapat dorongan dari perubahan gaya hidup masyarakat, usaha obat-obatan atau jamu ini akan terus bertumbuh secara pesat. Gaya hidup sehat sekarang ini telah menjadi prioritas masyarakat agar bisa mencegah dari penyebaran virus corona. Tak heran apabila pola penanganan kesehatan pun seakan mengalami perubahan oleh masyarakat. Disini termasuk juga berbagai perlengkapan kesehatan, seperti masker, hand sanitizer, disinfektan dan face shield.

3. Logistik

Secara umum usaha logistik merupakan salah satu usaha bisnis yang melakukan proses penyimpanan, penyaluran dan pemeliharaan serta penghapusan terhadap berbagai barang atau alat-alat tertentu. Sejak diberlakukannya PSBB, bisnis logistik ini justru diuntungkan dengan meningkatnya permintaan pengiriman barang dari pelanggan. Seiring dengan himbauan dari pemerintah untuk tidak keluar rumah kecuali mendesak, usaha satu ini akan terus mengalami peningkatan.

4. Food Delivery

Di era new normal ini tidak serta merta pihak cafe atau restoran akan memberikan pelayanan dine-in atau makan di tempat, karena virus corona masih terus menghantui. Adhi S. Lukman, Ketua GAPMMI mengemukakan beberapa cara agar para pelaku bisnis khususnya UMKM makanan dan minuman dapat bertahan di tengah pandemi yaitu dengan memberikan layanan food delivery atau jasa antar pesanan.

Ingin Jadi Pengusaha di masa pandemi Cara Manajemen Bisnis Yang Ampuh Di Tengah Wabah COVID

5. Teknologi dan Streaming Service

Industri teknologi dan streaming service saat ini memang terus mengalami pertumbuhan, beberapa pengusaha pemilik perusahaan rintisan atau startup terkemuka di Indonesia telah memperluas jangkauan bisnisnya dengan masuk ke ranah layanan video streaming. Bisa dilihat beberapa perusahaan seperti Gojek, Grab dan Tokopedia yang telah memiliki layanan video streaming di platfrom masing-masing, baik untuk layanan eksklusif maupun atas kerja sama dengan platfrom berbeda.

Dari kelima jenis usaha yang saat ini sedang mengalami peningkatan diatas, diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan segala fasilitas yang sudah disediakan pemerintah sebaik mungkin. Karena dengan begitu, akan membantu mengurangi penurunan kasus positif dari virus corona dan juga membantu berbagai pemilik usaha baik itu yang sudah lama maupun yang baru merintis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *