Ini 5 Kesalahan Cara Memanaskan Motor Matic yang Sering Dilakukan

Memanaskan motor di pagi hari sudah menjadi aktifitas rutin yang mesti dilakukan. Hampir semua orang akan memanaskan motor dipagi hari, sebelum berangkat kerja atau memulai aktifitas. Memanasi motor memiliki fungsi agar menjaga kondisi motor tetap stabil, dan tetap dalam kondisi prima. Tak banyak orang yang menyadari bahwa terdapat beberapa kesalahan dalam memanasi motor. Nah yuk simak kesalahan cara memanaskan motor matic berikut.

Kesalahan Memanasi Motor Matic

1. Tidak Menggunakan Choke

Bagi sepeda motor matic yang masih menggunakan karburator, penggunaan choke saat menyalakan motor sangatlah penting. Sering disadari jika motor akan tiba tiba mati saat dipanasi di pagi hari. Dengan kurbarator yang disetel disuhu yang lebih panas di pagi hari, tentunya akan dibutuhkan aliran bahan bakar yang lebih untuk sepeda motor. Berbeda dengan matic injection, yang dapat secara otomatis dapat mengetahui suhu udara.

2. Menggunakan Electric Starter

Sepeda motor matic memiliki kemudahan utnuk menyalakanya yaitu dengan electric starter. Walaupun adanya electric starter memiliki tujuan untuk memudahkan dalam menyalakan motor, tapi menggunakanya secara sering akan mengurangi aki anda. Sebenarnya aki pada sepeda motor akan berkurang secara perlahan.

Daya aki ini akan brkurang seiring dengan penggunaan aki di setiap harinya. Dengan menstart motor menggunakan electric starterm secara perlahan aki akan mengeluarkan massanya dan tentunya akan merugikan anda. Nyalakan motor anda dengan manual seperti motor bebek pada umumnya, agar aki anda awet digunakan.

Ini 5 Kesalahan Cara Memanaskan Motor Matic yang Sering Dilakukan ini

3. Terlalu Lama

Memanasi kendaraan seeda motor yang terlalu lama juga tidak baik untuk motor anda. Untuk memanasi motor, anda bisa melakukanya hanya dua menit setiap pagi harinya. Walaupun motor masih dalam keadaan yang stasioner, motor anda juga bisa saja overheat saat dipanaskan dengan waktu yang lama.

Tentu akan berbahaya jika motor anda masih menggunakan sistem sirip untuk pendinginya. Hal ini akan menimbulkan angin yang masuk melalui sirip saat memanasi sepeda motor. Sehingga suhu pada mesin akan turun saat anda mulai mengendarai motor. Berbeda dengan motor matic yang sudah dilengkapi dengan pendingin mesin ataupun kipas radiator.

4. Kelewat Nge-Gas di RPM Tinggi

Kesalahan cara memanaskan motor matic adalah kelewat menggeber gas saat memanasi mesin. Memanasi motor memiliki fungsi untuk pelumasan oli pada mesin, yang akan berlangsung lebih cepat. Namun beberapa orang akan memilih untuk kelewat neggas, saat memanasi motor matic. Hal ini bisa bisa menimbulkan overheat pada motor anda lho.

Normalnya panasi motor sampai di angka 3000 rpm saja sekali membuka gas. Intensitas untuk memanasi ini tidak perlu tinggi, hanya dibutuhkan beberapa kali saja dengan durasi yang lumayan. Dengan cara ini maka mesin anda akan tetap awet, dan bisa terlumasi secara menyeluruh dalam waktu kurang dari 2 menit.

5. Dilakukan di Dalam Ruangan

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik motor matic aalah memanasi motor di dalam ruangan. Hal ini tentunya akan membahayakan kesehatan penghuni rumah. Namun anda bisa memanasi motor jika memiliki luas rumah bak istana. Dengan menghirup karbon dioksida di pagi hari tentunya akan memberikan rasa yang tidak nyaman di pagi hari.

Beberapa kesalahan diatas, sering dilakukan oleh para pemiliki sepeda motor baik matic atau pun bebek. Anda harus menghindari kesalahan memanasi motor tersebut. Jangan memanasi motor lansgung dengan starter electric karena aki akan cepat habis. Selain itu jangan juga sering melakukan geber kendaraan terlalu sering kerena motor akan overheat. Selalu perhatikan cara merawat motor yang baik, agar motor tetap awet digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *