Inilah 5 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Untuk Pria dan Wanita

Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda dan tergolong unik termasuk ukuran berat untuk badan. Meskipun begitu banyak orang tetap menginginkan berat tubuh yang ideal. Bukan karena tidak mensyukuri kondisi tubuh tapi lebih pada menjaga kesehatan tubuh. Jika berat tubuh ideal otomatis kesehatan badan menjadi seimbang. Untuk itu anda perlu mengetahui cara menghitung berat badan ideal supaya menjaga pola makan anda tetap teratur.

Menjaga Keseimbangan Bentuk Tubuh Untuk Kesehatan Diri Sendiri

1. Menghitung dengan Rumus Broca

Rumus ini ditemukan oleh Dr. Pierre Paul Broca pada tahun 1871 dan dipopulerkan oleh Dr. BJ Devine pada 1970-an. Penghitungan berat untuk badan antara laki-laki dan perempuan berbeda sebab pria dan perempuan memiliki komposisi tubuh yang berbeda. Rumus untuk pria yaitu [tinggi badan-100] –[(tinggi badan -100) x 10%]. Sedangkan untuk perempuan [tinggi badan-100]-[(tinggi badan-100) x 15%]. Penghitungan rumus tidak terlalu rumit dan bisa diterapkan sehari-hari.

2. Menghitung dengan Kalkulator BMI

Body Mass Index (BMI) merupakan cara hitung berat tubuh secara ideal berdasarkan tinggi dan berat badan. BMI membedakan cara penghitungan berdasarkan usia bukan perbedaan laki-laki atau perempuan. Kalkulator BMI dapat digunakan saat seseorang memasuki usia 20 atau lebih. Untuk yang usia dibawah 20 tahun ada cara lain untuk menghitungnya. Dengan cara penghitungan ini anda akan mengetahui apakah tubuh anda masuk dalam kategori ideal atau tidak.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal sesuai BMI

3. Menghitung Berat Ideal untuk Usia 0-12 Bulan

Tidak hanya orang dewasa saja yang perlu dijaga berat tubuhnya, namun bayi juga perlu diperhatikan karena menyangkut kadar gizi seimbang yang masuk. Tidak baik jika usia bayi mengalami kelebihan ukuran berat di usia dini, ini akan mempengaruhi tumbuh kembang si bayi termasuk perkembangan organ-organ tetap. Rumus untuk menghitungnya; (umur saat ini : 2)+4, contoh bayi usia 7 bulan maka berat badan idealnya adalah (7:2)+4 = 7,5 kg maka 7,5 kg inilah yang menjadi patokan berat ideal anak.

4. Menghitung Berat Tubuh untuk Usia 1-10 Tahun

Di usia ini penting untuk menjaga berat tubuh ideal seorang anak. Hal ini karena pada usia tersebut anak sedang mengalami tumbuh kembang pesat secara fisik. Anak butuh beraktivitas untuk mengasah kelincahan dan bermain untuk belajar sosialisasi. Kebutuhan gizi anak juga harus terjaga seimbang dan mulai jauhkan anak dari jajan sembarangan. Anda bisa menghitung dengan cara; berat ideal = 2n + 8, contoh anak usia 7 tahun maka berat idealnya = (2 x 7) + 8 = 22 kilogram.

5. Menghitung Ideal Tubuh untuk Ibu Hamil

Pada ibu hamil cara menghitung berat badan ideal diperlukan untuk menjaga kestabilan perkembangan janin. Ibu hamil memang perlu mempola hidup dengan makan makanan yang sehat, salah makan sedikit akan mempengaruhi kondisi janin juga. Karena saat hamil ada dua nyawa yang harus diperhatikan kesehatannya. Berikut cara menghitung untuk ibu hamil; berat ideal = berat badan ibu hamil + (usia kehamilan dalam minggu x 0,35), hasilnya menandakan bahwa ibu hamil dalam kondisi sehat.

Berbekal beberapa rumus yang diajabarkan anda bisa mencoba mempraktekkannya di rumah. Tidak perlu ke rumah sakit untuk pemeriksaan rutin, namun sesekali tak apa untuk mendapatkan saran kesehatan pada ahlinya. Anda bisa mulai mengatur pola makan sehat dan menerapkan olahraga rutin untuk menjaga agar ukuran tubuh terlihat ideal. Khusus ibu hamil pemeriksaan ideal atau tidaknya badan wajib mengunjungi dokter kandungan, sambil memastikan perkembangan si janin di dalam kandungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *