Inilah Alasan Pentingnya Menjaga Kesehatan Seksual

Kesehatan seksual adalah hal yang harus dijaga. Sayangnya, di Indonesia membicarakan topik yang berbau seksual masih dianggap tabu. Padahal hal ini sangat penting dilakukan guna menjaga organ reproduksi baik pria maupun wanita. Mudahnya akses internet mengakibatkan adanya kesalahan informasi.

Kesalahan informasi seperti ini cukup sering dijuampai di berbagai sumber bacaan. Yang perlu disayangkan adalah banyak orang yang belum tahu bahwa sumber bacaan yang mereka baca itu tidak bonafit, tidak jarang juga justru menyesatkan. Oleh karena itu, mengetahui informasi yang benar terkait dengan bagaimana cara menjaga kesehatan organ reproduksi sangatlah penting. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan organ reproduksi.

1.Memelihara Organ Reproduksi untuk Pria

Kebersihan kelamin harus benar-benar dijaga. Pastikan anda membasuh dan mengeringkan kelamin anda. Karena daerah alat kelamin yang lembab adalah sarang tumbuhnya bakteri. Cara selanjutnya adalah dengan tidak mengenakan pakaian dalam yang terlalu ketat. Sebaiknya, pakaian dalam yang digunakan berbahan dingin dan tidak menekan, terutama daerah skrotum. Anda juga disarankan untuk memeriksa dan mengamati alat kelamin, sebaiknya dilakukan sebulan sekali. Periksalah bagian skrotum dengan cara merabanya. Jika ada hal yang tidak biasa seperti ada bengkak, benjolan, bentuk yang aneh, atau rasa nyeri jangan segan untuk bertanya ke dokter. Olah raga teratur juga merupakan cara untuk menjaga kesehatan seksual pria.

Menjaga Kesehatan Seksual Tips Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Pria

Tidak harus olah raga berat, anda bisa melakukan olah raga ringan seperti push up, sit up, dan gerakan dasar lainnya. Biasakan olah raga teratur 15 sampai 30 menit sehari. Dengan begitu, anda juga turut menjaga kesehatan organ tubuh lainnya seperti jantung dan paru-paru. Untuk anda yang merokok, disarankan mengurangi atau berhenti total. Rokok bisa mempengaruhi kualitas dan jumlah sperma. Kualitas dan jumlah sperma yang buruk tentu akan lebih sulit untuk mencapai sel telur. Selain merokok, hal lain yang harus anda kurangi adalah minum minuman beralkohol. Konsumsi alkohol secara rutin berpengaruh pada fungsi testis yang berperan dalam produksi sperma dan hormon.

2.Memelihara Organ Reproduksi untuk Wanita

Wanita juga harus memelihara organ reproduksinya. Cara-caranya hampir sama dengan pria. Pastikan organ reproduksi anda dibersihkan secara benar. Sebaiknya, gunakan air mengalir untuk membersihkan area kewanitaan. Jangan menggunakan sabun karena bisa membunuh bakteri baik di area tersebut. Selain itu, anda juga disarankan untuk tidak merokok dan minum minuman beralkohol. Seperti yang sudah diketahui, dua kebiasaan tersebut memiliki dampak yang tidak baik untuk kesehatan. Khusus untuk anda yang ingin meningkatkan kesuburan, anda bisa menambah konsumsi kacang-kacangan. Selain kacang-kacangan, tauge juga bisa meningkatkan kesuburan wanita. Cara yang terakhir adalah mencoba untuk tidak stress dan istirahat cukup. Istirahat cukup yaitu anda memilik tidur yang berkualitas selama 7-9 jam. Usahakan untuk tidak stress, stress bisa mempengaruhi siklus haid yang tentu saja ada kaitannya dengan kesuburan.

Menjaga Kesehatan Seksual

Kesimpulannya, baik pria dan wanita harus menjaga organ reproduksinya sebaik mungkin. Dengan terjaganya organ reproduksi, tujuan manusia menikah yaitu untuk meneruskan keturunan akan mudah terwujud. Selain itu, menjaga organ reproduksi dengan benar juga bisa mencegah berbagai penyakit yang menyerang organ tersebut. Ternyata, banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapat dari menjaga organ reproduksi. Anda juga harus mengingat jika terjadi sesuatu yang tidak biasa, jangan ragu untuk mengunjungi dokter. Tidak perlu mencari-cari sendiri asal usul dan cara menanganinya karena dikhawatirkan akan mendapat informasi yang salah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *