Internet Dari Waktu Ke Waktu

Tidak bisa dipungkiri, perkembangan internet saat ini sudah sangat menakjubkan. Dibandingkan dengan 10 tahun lalu akses internet terutama internet mobile sudah semakin mudah dan cepat. Bahkan, tidak bisa dipungkiri saat ini hampir semua aspek kehidupan membutuhkan internet. Oleh sebab itu, tidak heran jika pertumbuhan pengguna internet di Indonesia termasuk yang paling tinggi di dunia.

Sejarah internet

Meskipun saat ini banyak digunakan di seluruh dunia tapi sesungguhnya internet awalnya justru lahir untuk kepentingan militer. Saat itu, tepatnya di tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika Serikat mulai mengembangkan jaringan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang menjadi cikal bakal internet modern seperti yang kalian kenal saat ini.

akses internet macam macam koneksi internet

Proyek tersebut awalnya dirancang untuk mengendalikan berbagai serangan nuklir, mengelola komputer serta meningkatkan strategi militer untuk kepentingan pertahanan negara tersebut. Karena masih  awal maka pada masa itu baru beberapa komputer saja yang terhubung melalui jaringan ARPANET. Namun, seiring dengan berjalannya waktu semakin banyak komputer khususnya dari universitas-universitas bergengsi yang bergabung dalam jaringan tersebut.
 Setelah itu pada tahun 1971 mulai dikembangkan pengiriman surat elektronik pertama dengan menggunakan simbol “@” yang berfungsi memisahkan nama pengguna dari jaringan yang sedang dipakainya. Hal inilah yang akhirnya memulai era baru terciptanya internet modern untuk masyarakat umum.

Sekitar tahun 80an, internet komersial mulai bisa dinikmati meskipun dalam jumlah yang sangat terbatas. Alamat IP mulai diimplementasikan ke dalam jaringan internet dan kemudian mulai menghubungkan antara komputer satu dengan komputer lainnya.

Setelah 10 tahun tepatnya di tahun 1990 terciptalah domain www untuk pertama kalinya. Domain ini pertama kali diciptakan oleh para peneliti di Eropa yang sedang meneliti nuklir. Hingga akhirnya domain www tersebut digunakan secara massif dalam menelusuri situs hingga saat ini.

Meskipun internet sudah lama diperkenalkan namun baru pada sekitar tahun 2000an internet secara massif digunakan oleh penduduk dunia. Hal tersebut tidak lepas dari terciptanya situs media sosial yang memungkinkan para penggunanya berkomunikasi jarak jauh dengan orang lain tanpa ada batas wilayah. Di tahun itu pula, para produsen Hp mulai memperkenalkan smartphone yang bisa mengakses internet dengan cepat.

Setelah itu, semakin lama internet sudah semakin maju dan menjelma sebagai kebutuhan pokok masyarakat modern terutama di saat pandemi seperti sekarang. Internet sudah semakin berkembangdan masuk ke berbagai sektor seperti pendidikan, ekonomi, bisnis dan sebagainya. Oleh sebab itu, diperkirakan internet akan semakin masuk lebih dalam ke berbagai bidang yang dulu dianggap mustahil dilakukan.

Efek negatif internet

Selain membawa dampak positif bagi kehidupan tidak bisa dipungkiri jika internet juga menimbulkan dampak negatif yang cukup besar di masyarakat. Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini keberadaan berbagai informasi palsu dan menyesatkan sudah semakin tidak terbendung. Terutama di saat pandemi seperti sekarang, berbagai berita bohong yang cenderung menjatuhkan dan membahayakan masyarakat banyak beredar di internet.

akses internet 4g+

Tidak hanya berita bohong, media sosial juga semakin memberikan dampak pada kehidupan masyarakat di dunia nyata. Adanya tekanan untuk terlihat sempurna membuat banyak orang mulai terobsesi menampilkan kehidupan sempurna di internet tanpa memperhatikan kehidupannya di dunia nyata.

Hal itulah yang menyebabkan banyak sekali kasus depresi dan gangguan mental akibat tuntutan di media sosial. Sebagai tambahan, berbagai kasus perundungan yang dilakukan secara online juga semakin memperburuk mental terutama anak-anak dan remaja. Oleh sebab itu, guna meminimalisir dampak negatif tersebut kalian sebaiknya membatasi akses internet baik untuk diri sendiri maupun keluarga agar mereka tidak terlalu fokus pada dunia maya dan menghiraukan kehidupan di dunia nyata.
 
 
 
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *