Jalankan Bisnis dengan Sukses, Berikut 6 Komponen Perencanaan Usaha yang Anda Wajib Tahu

Di masa pandemi ini banyak orang yang harus kehilangan pekerjaannya atau penghasilan yang berkurang. Padahal kebutuhan tetap banyak dan harga bahan pangan pun tinggi, sehingga butuh suatu terobosan agar tetap bertahan hidup. Banyak orang yang mulai melirik bisnis untuk penyambung hidup, tetapi tetap harus memerhatikan beberapa komponen perencanaan usaha. Yuk intip 6 komponennya yang dapat menunjang bisnis anda berjalan sukses di bawah ini!

Komponen Penting yang Harus Diketahui Sebelum Jalankan Bisnis

1. Membuat Deskripsi Bisnis

Sebelum menjalankan sebuah bisnis anda harus membuat deskripsi seputar bisnis secara detail. Jelaskan bidang usaha yang akan dipilih untuk digeluti secara singkat, lalu tambahkan potensi produk yang anda pasarkan. Tidak lupa untuk riset sederhana terkait kemungkinan bisnis ini akan bertahan di tengah banyaknya kompetitor. Anda juga harus menelaah potensi usaha agar dapat berkembang di masa depan, sehingga dapat mengetahui arah dari bisnis yang dijalankan.

komponen perencanaan usaha membuat deskripsi

2. Melakukan Strategi Pemasaran

Salah satu hal penting yang harus anda lakukan adalah analisis pasar untuk menemukan strategi pemasaran yang tepat. Analisis pasar ini menjadi kekuatan untuk menciptakan target pembeli atas produk yang anda miliki. Analisis SWOT menjadi acuan yang tepat, yaitu mengetahui kelemahan, keunggulan, peluang, dan ancaman yang mungkin akan anda hadapi terkait produk. Dengan begitu, anda dapat menerapkan strategi yang tepat tanpa membuang tenaga, waktu, dan biaya lebih.

3. Membuat Analisa Pesaing

Setiap usaha tentu memiliki pesaing yang fokus di bidang yang sama atau bahkan produk yang serupa. Oleh karena itu, anda perlu membuat analisa pesaing agar dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan dari pesaing tersebut. Hasil yang diperoleh dapat dipakai sebagai acuan yang tepat untuk mengantisipasi strategi pemasaran yang sudah dilakukan. Anda dapat temukan strategi yang berbeda dari beberapa pesaing yang ada agar penjualan terus meningkat.

4. Desain Pengembangan

Tahap ini sangat penting bagi para pelaku usaha yang akan merintis suatu usaha. Anda harus membuat rencana desain dan pengembangan, mulai dari tahap perencanaan hingga progres penjualan. Komponen perencanaan usaha satu ini dapat menggambarkan grafik pengembangan dari proses produksi hingga penjualan. Hasilnya dapat dipakai sebagai acuan rencana ke depan dan desain pengembangan usaha yang pastinya akan memengaruhi perencanaan pembiayaan.

5. Rencana Operasional dan Manajemen

Rencana operasional dan manajemen ini dibuat untuk menjelaskan suatu bisnis akan berjalan dan berkembang di masa yang akan datang. Tidak hanya itu, rencana ini juga mencatat segala kebutuhan logistik yang menunjang kegiatan operasional perusahaan. Beberapa contohnya, yaitu tugas dan tanggung jawab tim manajemen, prosedur penugasan antar divisi di dalam suatu perusahaan, anggaran dana, dan pengeluaran yang menunjang kegiatan operasional.

komponen perencanaan usaha wajib tau

6. Menghitung Pembiayaan

Dalam komponen untuk membangun suatu usaha ini, penting untuk mengatur keuangan dan pembiayaan. Anda harus memiliki catatan yang tepat terkait sumber dana dan anggaran dana yang dikeluarkan untuk menunjang usaha agar efisien dan berjalan lancar. Beberapa laporan keuangan yang harus dibuat, antara lain keuangan perencanaan, arus kas perencanaan, neraca perencanaan, dan analisis pengembalian modal agar pembiayaan lebih terarah.

Wabah covid 19 ini telah berjalan kurang lebih 6 bulan dengan banyaknya kerugian, baik yang dirasakan masyarakat maupun pemerintah. Banyak orang yang harus kehilangan pekerjaan, sehingga harus mencari alternatif lain untuk menghidupi keluarganya. Menjalankan bisnis jadi solusi yang tepat untuk anda, maka membutuhkan komponen untuk perencanaan bisnis. Enam komponen ini penting untuk dipenuhi agar bisnis berjalan lancar, sukses, dan raih untuk yang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *