Jangan Sampai Kelewatan, Yuk Kenali 7 Ciri-ciri Kolestrol dan Asam Urat

Orang yang mengalami masalah kesehatan seperti kolestrol dan asam urat, seringkali tidak menyadari gejalanya. Pemeriksaan rutin tes darah juga dapat membantu untuk mendeteksi penyakit lebih awal. Umunya penderita baru sadar setelah mengalami keluhan sakit pada seluruh tubuh. Perlu bagi anda mengetahui ciri-ciri kolestrol dan asam urat, untuk sekedar memberi pencegahan di awal.

Ketahui Tanda-tanda Munculnya Penyakit pada Tubuh

1. Pegal-pegal, kesemutan, dan sakit kepala

Gejala ini sering muncul dan menimbulkan sensasi berat pada tengkuk dan pundak. Penderita mudah lelah, sakit kepala dan mengantuk saat beraktivitas sehari-hari. Hal ini disebabkan penumpukan plak di dalam pembuluh darah, yang menghambat aliran darah. Kondisi ini berakibat pada semakin menurunnya asupan oksigen menuju otak. Selain itu kaki anda juga akan mudah kesemutan.

2. Mudah Kelelahan

Rasa lelah sering terjadi setelah rangkaian aktivitas yang padat, dan bisa segera mengistirahatkan diri. Namun pada penderita kolestrol, tubuh akan mudah lelah bahkan untuk berjalan selama 15 menit. Hal ini terjadi karena terhambatnya aliran darah menuju otak, sehingga membuat pengidap menjadi susah berkonsentrasi, mengantuk saat jam produktif, dan terkadang kebingungan tanpa sebab.

3. Merasa Nyeri pada Sendi

Pengidap kolestrol tinggi akan merasa nyeri di area persendian, kemudian disertai dengan pembengkakan. Anda akan mengalami kesemutan berulang kali, bahkan selain saat bangun tidur atau setelah kaki ditekuk. Jika kadar asam urat dan kolestrol tinggi, bisa terjadi pembengkakan yang semakin parah. Penderita semakin kesulitan untuk begerak dan berjalan. Maka hal yang bisa dilakukan hanya duduk atau berbaring.

4. Jantung Berdebar-debar

Ketika seseorang mengidap kolestrol tinggi, jantung akan berpacu lebih kencang dibandingkan saat normal. Kondisi ini terjadi karena tumpukan kolestrol pada pembuluh darah oleh plak-plak yang menebal, semakin lama mengeras dan membuat jantung memompa darah lebih keras. Jika jantung terus berdebar diatas kecepatan, maka akan mudah lelah dan seringnya terjadi gagal jantung.

Ciri Ciri Tubuh yang Mengalami Kadar Kolesterol Tinggi Jantung Berdebar debar

5. Kadar Kolestrol Diatas Normal

Dalam kondisi tubuh normal kadar kolestrol sekitar 160-200 mg per desiliter darah, sedangkan diatas 240 mg per desiliter darah dipastikan angka kolestrolnya tinggi. Jika ini terjadi maka segera konsultasikan ke dokter, anda akan diberi resep pencegahan lebih awal. Selain itu mulai mengatur pola makan dan gaya hidup sehat, agar kolestrol dalam tubuh kembali stabil.

6. Tekanan Darah Tinggi

Ciri-ciri kolestrol dan asam urat ini terjadi ketika arteri mengeras dan menyempit akibat plak kolestrol dan kalsium. Saat itu jantung berusaha memompa darah lebih keras, sehingga menyebabkan tekanan darah melonjak naik. Tanda-tanda tekanan darah juga samar dikenali, karena tidak dapat dideteksi secara langsung. Namun tubuh akan bereaksi seperti mudah pusing di belakang kepala, mual, dan lelah.

7. Tumbuh Benjolan di Kulit

Kondisi ini menjadi ciri utama kolestrol yang bisa dikenali. Benjolan pada kulit disebut xanthoma, dimana lemak berkembang dibawah kulit. Tandanya akan muncul di sekitar sendi di lutut, siku, kaki, tangan, dan daerah bokong. Ukuran xanthoma beragam mulai sekecil jerawat hingga sebesar anggur, berwarna kuning atau orange. Jika mulai mengenali benjolan segera konsultasikan ke dokter.

ciri ciri kolesterol dan Asam Urat Tumbuh Benjolan

Ada banyak penyebab kolestrol tinggi, bisa jadi karena faktor keturunan. Namun perlu anda tekankan bahwa pola hidup tidak sehat yang sebenarnya menjadi pemicu utama. Kolestrol bukan jenis penyakit yang bisa disepelekan, karena jika dibiarkan berlarut akan memicu berbagai penyakit lainnya. Maka dari itu mulailah untuk merubah gaya hidup, diawali pola makan hingga olahraga rutin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *