Jenjang Karir Menjanjikan, Yuk Pahami Struktur Organisasi Marketing!

Profesi marketing dikenal sebagai salah satu pekerjaan yang memiliki tantangan besar, sekaligus memberikan penghasilan yang tidak main main. Dari sekian banyak vacansi pekerjaan di sejumlah perusahaan bergengsi, lowongan sebagai tim marketing lebih diminati oleh para pencari kerja. Jenjang karir di industri pemasaran juga terbilang sangat menjanjikan, dengan nominal insentif yang menggiurkan. Tertarik? Yuk kenali dulu struktur organisasi marketing disini!

Mengenal Struktur Jenjang Karir Marketing Yang Menjanjikan

1. Entry level job

Banyak fresh graduate yang memilih dunia marketing, sebagai batu loncatan karir mereka. Profesi yang sangat populer di dunia kerja ini, memiliki cakupan bidang pemasaran yang sangat luas. Bagi tipe orang yang menyukai pekerjaan lapangan, anda bisa menjajal profesi koordinator event atau project di sebuah perusahaan.Profesi ini memberi anda kesempatan untuk memperluas koneksi, untuk mendukung jenjang karir marketing yang lebih tinggi.

Jenjang Karir Menjanjikan, Yuk Pahami Struktur Organisasi Marketing ini

Selain sebagai event atau project coordinator, batu loncatan karir marketing bisa juga dimulai dari profesi social media coordinator, public relation associate, atau bahkan content writer untuk advertising. Belajar dari tugas tugas di tahapan entry level job marketing ini, anda akan mendapatkan pengalaman berharga sekaligus peluang yang besar, untuk mengasah skill skill baru yang akan dibutuhkan untuk mencapai jenjang karir selanjutnya.

2. Marketing manager

Tugas seorang marketing manager adalah mengevaluasi strategi pemasaran, yang sedang dan akan dijalankan oleh tim marketing sebuah perusahaan. Manajer bidang pemasaran harus mampu memimpin eksekusi strategi, mempertahankan proses marketing, dan memantau perkembangan tim, hingga mencapai target yang diharapkan perusahaan. Beberapa peluang di jenjang ini antara lain sales manager, brand manager, product marketing manager, dan lain lain.

3. Director of Marketing

Jenjang karir pada struktur organisasi marketing berikutnya adalah marketing director, yang tugasnya berfokus pada penetapan strategi marketing agar bisnis mampu bersaing dengan kompetitor. Meski memiliki beban tanggung jawab yang lebih berat dan menantang, posisi ini menjanjikan income yag sudah pasti memuaskan. Jabatan yang bisa anda pilih pada jenjang ini diantaranya, director of marketing research, director of media, atau director of public relation.

4. Vice President of Marketing

Ada dua macam jabatan di jenjang ini, yaitu Vice President of Brand Development dan Vice President of Digital Marketing. Untuk mencapai posisi bergengsi ini, anda dituntut memiliki kemampuan leadership atau kepemimpinan yang tangguh baik secara teknis maupun bisnis. Vice President Marketing biasanya juga menjadi juru bicara perusahaan, untuk mempererat hubungan dengan para klien dan pihak pihak yang mendukung kelangsungan bisnis.

Jenjang Karir Menjanjikan, Yuk Pahami Struktur Organisasi Marketing ada

5. Chief Marketing Officer

Chief Marketing Officer adalah posisi paling puncak di industri pemasaran. Tanggung jawab dan tantangan jenjang karir ini tentu saja lebih besar dan menantang, diantaranya mengembangkan strategi pemasaran serta mengawasi inisiatif marketing yang tengah dijalankan. Memang dibutuhkan banyak pengalaman dan upaya untuk bisa mencapai posisi puncak ini. Namun dengan koneksi dan citra positif yang telah anda bangun, karir CMO ini tentu bisa anda raih.

Jenjang karier yang menjanjikan di dunia marketing inilah yang menjadi alasan utama para fresh graduate, untuk menantang diri mereka sehingga memiliki keahlian marketing yang bisa diandalkan. Meski harus melewati entry level job yang membutuhkan banyak kerja keras, iming iming puncak karir dan income yang menggiurkan, cukup ampuh menjadi energi positif dalam membangun semangat berkarir di industri marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *