Kelebihan Memulai Usaha Dengan CV

CV merupakan badan usaha persekutuan yang dibentuk oleh dua orang atau lebih untuk mengolah aset perusahaan berupa modal dan barang yang berguna untuk menghasilkan keuntungan yang dibagi rata dalam persekutuan tersebut. CV merupakan singkatan dari Comanditer Vennotschap atau yang biasa disebut dengan persekutuan komanditer. Dalam pendirian CV, terdapat dua jenis peran yang menjalankan badan usaha tersebut. Jenis peran dalam pelaksanaan CV adalah sekutu aktif dan sekutu pasif.

Sekutu aktif adalah orang yang menyetorkan modal dan juga memikirkan usaha yang akan dikembangkan. Sedangkan sekutu pasif merupakan orang yang hanya menyetorkan modal saja dan tidak banyak berperan dalam pengembangan usaha. Bagi anda yang memiliki modal dan bingung untuk memulai suatu pendirian CV, saat ini sudah banyak jasa pembuatan cv murah yang menyediakan layanan pembuatan serta pendirian CV yang dapat memberikan ide atau gagasan pokok serta rancangan pembuatan usaha. Namun untuk memulai suatu pendirian badan usaha CV yang resmi secara hukum, diperlukan beberapa dokumen pendukung serta proses validasi dokumen yang cukup lama.

Dengan proses validasi berkas yang cukup lama serta banyaknya dokumen yang harus diserahkan pada beberapa tempat yang berbeda, menjadikan banyak pelaku usaha merasa kerepotan dan kurang teliti dalam menyerahkan dokumen yang diperlukan untuk mendirikan usaha. Saat ini anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut lagi karena saat ini sudah banyak jasa pembuatan cv murah yang menyediakan jasa pengurusan dokumen atau berkas dalam pendirian CV. Sehingga anda tidak perlu merasa kerepotan kembali untuk pergi ke berbagai tempat dan mengajukan berbagai surat yang diperlukan dalam mendirikan CV.

Kelebihan Memulai Usaha Dengan CV ini

Membangun CV akan lebih efisien dibandingkan membangun suatu PT (Perseroan Terbatas) karena beberapa kelebihan yang diberikan dalam pembangunan CV lebih menguntungkan dibandingkan pembangunan PT. Selain itu juga, dalam proses pembangunan PT akan terbilang lebih rumit dibandingkan dalam proses pemdirian CV. Berikut beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan dengan memulai usaha melalui CV.

• Tidak Ada Modal Minimal

Dalam memulai CV, tidak diperlukan minimal permodalan yang harus ditanamkan untuk bisa mendirikan usaha yang bersangkutan. Semua modal yang disetorkan akan diolah untuk mengembangkan badan usaha yang bersangkutan dan memberikan keuntungan sesuai dengan perjanjian serta modal usaha yang disetorkan. Berbeda denga pendirian perseroan terbatas yang memerlukan minimal penyetoran modal untuk bisa mendapatkan keuntungan yang telah di rancang dalam perusahaan.

• Nama Perusahaan Bisa Disesuaikan

Nama perusahaan merupakan hal yang penting dan harus ditentukan dalam awal pendirian CV karena nama merupakan identitas dan karakter dari pengusaha yang menjalankan perusahaan tersebut. Dalam proses pendirian CV, anda bisa menggunakan nama sesuai selera anda atau bisa juga disesuaikan dengan bentuk usaha yang dijalankan. Lain halnya dengan nama pada PT yang terkadang merupakan nama anakan atau nama gentian dari nama perusahaan sebelumnya.

• Sistem Perpajakan Lebih Mudah

Sistem penerimaan laba pada CV adalah diterima pada saat akhir tahun dan pada saat itu juga akan dikenakan sistem pajak dalam penerimaan laba. Sehingga pajak yang harus dibayarkan oleh badan usaha yang bersangkutan adalah dilakukan setiap akhir tahun saja saat menerima laba dari perusahaan.

• Lebih Mudah Mengambil Keputusan Perusahaan

Untuk bisa mengambil keputusan terhadap situasi yang terjadi pada CV, tidak perlu memerlukan rapat khusus untuk bisa mengambil keputusan atau tindakan. CV memiliki sistem pengambilan keputusan yang bisa mengambil keputusan secara langsung tanpa harus melalui proses rapat, termasuk juga dalam keputusan perubahan anggaran dasar. Pemilik akan bisa langsung melakukan perubahan tanpa hraus melakukan rapat terlebih dahulu.

Hal yang sudah disebutkan merupakan kelebihan dalam menggunakan CV untuk memulai usaha milik anda. Namun bukan berarti memulai usaha dengan perseroan terbatas tidak memiliki kelebihannya sendiri. Hanya saja kelebihan CV yang telah disebutkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memulai usaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *