Kenali Apa Saja Jenis Asuransi untuk Kecelakaan

Semua orang pasti tidak meminta untuk terlibat dalam kecelakaan. Faktanya, kecelakaan memang sesuatu yang tidak pernah diminta sekaligus tidak bisa dihindari. Kita bisa mengatakan secara kasar bahwa takdir sudah menentukan kapan kita akan terkena kecelakaan.

Kecelakaan sering terjadi di waktu yang tidak terduga. Siapa saja bisa mengalami kecelakaan kapanpun dan dimanapun. Sangat disayangkan bahwa ternyata masih banyak orang yang belum paham mengenai pentingnya asuransi untuk kecelakaan. Padahal, asuransi tersebut sangat membantu terutama dari segi finasial. Manfaat asuransi untuk kecelakaan paling terasa ketika membayar tagihan rumah sakit karena ada asuransi yang menanggung tagihan sepenuhnya. Bayangkan jika anda tidak punya asuransi, anda sudah susah terkena musibah kecelakaan dan ditambah masih harus menanggung biaya rumah sakit. Hal tersebut merupakan salah satu alasan mengapa anda harus melekasuransi kecelakaan. Beberapa program asuransi untuk kecelakaan menawarkan program perlindungan anda dan keluarga. Berikut adalah pembagian kategori asuransi untuk kecelakaan.

1. Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi jenis ini adalah asuransi yang paling diminati orang Indonesia. Asuransi ini bertujuan untuk melindungi anda dari bahaya. Selain itu, asuransi ini juga melindungi dari hal-hal yang dapat menyebabkan kematian, cacat sementara, cacat permanen, biaya pengobatan, serta biaya rumah sakit. Jika anda mempunyai asuransi ini, anda tidak bisa sembarangan melakukan pengajuan untuk klaim asuransi. Ada beberapa kondisi yang harus dilewati supaya asuransi bisa cair. Pertama, sumber kecelakaan harus datang tiba-tiba atau mendadak. Tidak bisa kecelakaan yang terbukti direncanakan. Selain itu sumber kecelakaan harus merupakan faktor luar. Artinya sumber kecelakaan tidak boleh disengaja. Selanjutnya adalah akibat kecelakaan merupakan luka fisik yang bisa dilihat. Artinya setelah kecelakaan anda mengalami luka fisik yang bisa dilihat mata. Jika mengalami luka dalam maka bisa menggunakan hasil foto rontgen atau X Ray.

asuransi kecelakaan diri

2. Asuransi Kecelakaan Kerja

Jenis lainnya yaitu asuransi kecelakaan kerja. Asuransi ini diperlukan untuk anda yang sudah kerja dan berfungsi untuk melindungi anda ketika mengalami kecelakaan kerja. Anda yang punya pekerjaan dengan resiko kecelakaan tinggi sebaiknya wajib memiliki asuransi jenis ini. jenis asuransi ini akan memberikan santunan seluruhnya apabila orang yang ditanggung dan mengalami kecelakaan saat kerja tersebut meninggal dunia. Adapun syarat yang harus dipenuhi saat ingin mengklaim asuransi kecelakaan kerja adalah terdapat cacat sebagian bisa bersifat sebagian atau permanen, terdapat kekurangan fungsi tubuh akibat kecelekaan, dan terdapat cacat total akibat kecelekaan yang menyebabkan orang tersebut tidak dapat bekerja kembali.

3. Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas

Asuransi ini bisa diklaim ketika anda mengalami kecelakaan lalu lintas. Asuransi ini sebaiknya dimiliki karena banyak pengguna jalan yang tidak hati-hati. Faktanya, banyak pengendara yang dilaporkan meninggal akibat kecelakaan. Adapun syarat untuk mengklaim jenis asuransi ini adalah memiliki bukti kuat atas terjadinya kecelakaan seperti surat dari polisi. Santunan yang diberikan asuransi ini juga berbeda tergantung dari kondisi dan resiko yang dialami.

asuransi kecelakaan diri

4. Asuransi Kecelakaan Pesawat

Pesawat merupakan salah satu transportasi jarak jauh yang paling diminati. Orang yang naik pesawat biasanya adalah pebisnis. Bagaimanapun juga, mesti jarang terjadi, pesawat tetaplah bisa mengalami kecelakaan. Oleh karena itu penumpang tetap mendapatkan asuransi jika pesawat mengalami kecelakaan. Sebenarnya, anda sudah membayar biaya asuransi kecelakaan pesawat saat membeli tiket. Keempat bahasan di atas merupakan jenis-jenis asuransi kecelakaan. Sekarang, anda bisa memilih jenis asuransi mana yang paling bas. Anda juga boleh memiliki asuransi lebih dari satu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *