Kenali Berbagai Fakta Tentang Asuransi Secara Online

Pesatnya perkembangan teknologi telah memaksa berbagai macam bisnis untuk tidak berhenti mengikuti inovasi yang ada. Contohnya, suatu produk dulunya bisa dibeli secara konvensional saja. Namun zaman sudah memasuki era digital dimana semua hal bisa diakses secara online. Oleh karena itu, banyak pebisnis yang turut mengembangkan bisnisnya ke dalam market place online. Tidak hanya produk berwujud saja, banyak jasa penyedia asuransi yang kini menawarkan asuransi online.

Hal ini dilakukan guna mengikuti perkembangan zaman yang hampir semua hal bisa diakses dengan koneksi internet. Berbagai asuransi kini ditawarkan secara online seperti asuransi rumah, mobil, kesehatan, perjalanan, dan jiwa. Nyatanya, asuransi jenis ini ramai dan diminati masyarakat karena dinilai lebih praktis dan efisien. Jenis asuransi ini bisa ditemukan di berbagai market place, platform milik perusahaan, atau platform lain yang bisa diakses dengan aplikasi atau website. Penawaran asuransi jenis ini tentu berbeda dengan asuransi konvensial yang umumnya melalui jasa agen. Oleh karena itu, produk asuransi yang dijual secara online juga sedikit berbeda. Umumnya produk-produk tersebut lebih sederhana dan prosesnya mudah. Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum mengikuti asuransi online.

Tentang Asuransi Secara Online

Pertama, sebagai pembeli anda harus lebih aktif mencari informasi. Hal ini disebabkan karena tidak ada agen yang menjelaskan tentang produk-produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, agar produk asuransi pas dengan kebutuhan sebaiknya anda aktif mencari informasi. Jangan sampai karena malas membaca anda justru memilih produk yang kurang tepat. Saat proses pembelian, calon pembeli juga diminta untuk melengkapi formulir yang berisi seluruh informasi serta data yang dibutuhkan. Selain itu, calon pembeli juga akan diminta untuk mengunggah dokumen tertentu jika dibutuhkan. Hal kedua yang perlu anda ketahui adalah pada umumnya persyaratan asuransi jenis ini jauh lebih sederhana. Tentu saja syarat yang lebih sederhana sudah disesuaikan dengan karakter penjualan online supaya lebih banyak menjangkau calon pembeli serta membuat mereka lebih tertarik lantaran syarat yang tidak berbelit-belit. Pembelian produk secara online membuat anda tidak perlu melakukan tes kesehatan. Tapi anda juga harus mengisi formulir dengan jujur. Jika ditemukan ketidakjujuran dalam formulir bisa berakibat fatal untuk anda. Ada beberapa kejadian dimana pihak asuransi menolak pencairan dana lantaran formulir yang diisi saat pendaftaran tidak sesuai. Oleh karena itu, meskipun secara online anda hendaknya tetap mengisi formulir dengan benar dan sejujur-jujurnya.

Tentang Asuransi Secara Online

Manfaat asuransi yang dijual secara online pada umumnya tidak sebesar asuransi konvensional. Hal ini sebanding dengan persyaratan yang diajukan tidak berbelit-belit. Contohnya, asuransi konvensional menawarkan produk berupa asuransi jiwa dengan uang pertanggungan sampai 5 miliar rupiah. Sementara itu, asuransi yang dijual secara online hanya menawarkan uang pertanggungan sebesar puluhan juta rupiah dengan pembayaran premi sebesar puluhan ribu rupiah tiap bulan. Seperti yang bisa anda lihat, besaran premi asuransi secara online jauh murah. Sehingga anda yang berada di ekonomi kelas menengah kebawah tidak akan merasa terbebani dengan premi tersebut. Anda tidak perlu khawatir jika bingung memilih produk dan bingung harus bertanya pada siapa, biasanya ada nomor call center yang bisa anda hubungi. Sebelum menghubungi call center, sebaiknya anda benar-benar membaca informasi yang tertera terlebih dahulu. Jika memang masih bingung, maka anda disarankan untuk menghubungi call center.Kesimpulannya, asuransi secara online cukup berbeda dengan asuransi konvensional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *