Kenali Fungsi API dalam Memajukan Bisnis di Era Digital

Masyarakat yang hidup di era digital seperti sekarang sangat identik dengan berbagai aktifitas yang dilakukan secara online atau virtual. Terlebih, pendemi covid-19 membuat masyarakat harus melakukan berbagai aktifitasnya secara daring dari rumahnya agar terhindar dari risiko penularan dan penyebaran virus mematikan tersebut.

Mulai kegiatan pemerintahan, perkantoran, sekolahan sampai jual beli harus dilakukan dari rumah secara daring. Kondisi inilah yang membuat transaksi digital terus berkembang pesat dalam beberapa waktu terakhir. Sebagai seorang pebisnis, sudah menjadi keharusan untuk memanfaatkan momentum tersebut sebagai peluang untuk memajukan bisnisnya. Salah satu upaya yang bisa digunakan untuk memajukan bisnis di era digital yang serba daring seperti sekarang adalah dengan menggunakan Open API Indonesia. Berikut ini akan kami bagikan informasi mengenai fungsi API yang perlu dikenali oleh para pelaku bisni di era digital seperti sekarang.

Open API Indonesia pengelolaan media sosial

Aplication Proramming Interface atau yang disingkat dengan API merupakan suatu antarmukan yang dipergunakan untuk mengintegrasikan satu aplikasi dengan berbagai aplikasi lainnya. Kondisi inilah yang membuat API berfungsi sebagai perantara yang menghubungkan berbagai aplikasi yang berbeda, baik yang berasal dari platform yang sama maupun platform yang berbeda. Sebagai contoh, ketika seorang pebisnis ingin menjual produknya secara virtual melalui sebuah ecommerce dalam bentuk aplikasi maupun website. Tentu saja, sebagai seorang calon konsumen pasti akan mengakses ecommerce tersebut jika ingin membeli produk yang dijual oleh pelaku bisnis. Disinilah fungsi api mulai bekerja sebagai perantara yang menghubungkan antara pelaku bisnis atau penjual dengan calon konsumennya. API juga berfungsi sebagai media komunikasi dengan pihak developer melalui berbagai macam bahasa pemrogaman. Selain itu, developer dapat dengan mudah membalas komunikasi bahasa pemrogaman tanpa perlu menyediakan data dari awal karena hanya perlu mengambil data dan informasi yang dibutuhkan dari platform yang terhubung dengan API.

Open API Indonesia

Open API Indonesia juga berfungsi sebagai sistem yang meringankan beban kerja yang ditanggung oleh server. Pasalnya, melali penggunaan program antarmuka yang canggih ini maka server tidak bersusah payah lagi untuk melakukan pencarian dan penyimpanan seluruh data dan informasi. Hanya dengan memerintahkan program antarmuka untuk mencari data dan informasi yang berasal dari server maka perintag dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat dan akurat. Melalui program antarmuka yang canggih tersebut maka beban kerja server akan berkurang secara signifikan. Selain itu, dengan berkurangnya beban kerja server maka pengguna aplikasi maupun website bisa terbebas dari gangguan akses yang disebabkan oleh server yang down.

Satu lagi fungsi API yang wajib dikenali oleh para pelaku bisnis di era digital yaitu memudahkan pembangunan dan pengembangan aplikasi yang lebih fungsional. Melalui program antarmuka maka pebsnis dapat dengan mudah membangun aplikasi yang lebih fungsional. Pasalnya, aplikasi dapat dibangun tanpa haruh memasukkan data dan informasi dengan cara manual. Cukup dengan memberikan perintah pada program antarmuka maka aplikasi dapat menyajikan fitur yang sama persi dengan aplikasi lain yang sudah diintegrasikan. Guna mempermudah pemahaman fungsi tersebut maka akan disajikan contoh pada salah satu aplikasi ojek online terkenal yaitu Gojek. Sebagai seorang driver maupun penumpang ojek maka sangat membutuhkan peran peta sebagai petunjuk untuk berkendara. Melalui program antarmuka maka penyedia aplikasi tidak perlu lagi membuat peta secara mandiri sebab program sebab bisa mengambil data dan informasi dari aplikasi Google Maps.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *