Ketahui Cara Mencegah Paru-Paru Basah yang Mudah Diterapkan

Paru-paru merupakan organ yang sangat penting di dalam tubuh yang berfungsi dalam proses pernafasan. Pola hidup yang tidak sehat bisa menyebabkan penyakit pada organ ini seperti paru-paru basah atau pneumonia. Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang cukup berbahaya dimana paru-paru mengalami peradangan sehingga terdapat penumpukan cairan pada jaringan paru-paru. Namun jangan khawatir, karena penyakit ini bisa dicegah dengan cara di bawah ini.

Cara Mencegah Penyakit Pneumonia

1. Mencuci Tangan Sebelum Makan

Salah satu penyebab dari penyakit pneumonia adalah infeksi bakteri, seperti Strepcoccuc pneumoniae dan Cryptococcus. Bakteri ini bisa masuk ke dalam tubuh karena penempelannya pada tangan, kemudian menggunakan tangan yang kotor tersebut untuk makan. Maka dari itu, sebaiknya anda mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam tubuh, apalagi jika sebelumnya menyentuh hewan.

Ketahui Cara Mencegah Paru-Paru Basah yang Mudah Diterapkan itu

2. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Bagi kebanyakan pria, merokok sudah menjadi kebutuhan hidup. Padahal merokok memiliki dampak yang serius bagi tubuh salah satunya yaitu menyebabkan penyakit pneumonia. Meskipun penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri, namun kegiatan merokok dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh berkurang. Kondisi ini mengakibatkan tubuh kesulitan memerangi bakteri yang menjadi pemicu paru-paru basah seperti Cryptococcus.

3. Rutin Menggunakan Masker

Bakteri penyebab penyakit pneumonia sangat mudah menular baik melalui percikan air liur, maupun karena bersin maupun batuk. Kegiatan anda ketika berada di luar bisa saja mempertemukan dengan orang yang sedang sakit batuk atau flu, entah di kantor maupun di jalan raya. Menggunakan masker bisa mencegah anda terkena percikan air liur maupun batuk yang terdapat bakteri penyebab penyakit pneumonia, dan menghindarkan anda dari polusi.

4. Waktu Tidur yang Cukup

Kurang tidur bisa menyebabkan masalah yang serius bagi kesehatan. Selain menyebabkan konsentrasi otak berkurang. Tidak hanya itu, waktu tidur yang berkurang setiap hari bisa menyebabkan kekebalan tubuh menjadi berkurang. Kondisi ini tentu saja menyebabkan bakteri yang masuk tidak mendapat perlawanan dari tubuh. Maka dari itu, anda harus menyediakan waktu tidur yang cukup yaitu sekitar 6-8 jam setiap harinya.

5. Melakukan Olahraga Secara Rutin

Kegiatan olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya meningkatkan kekebalan pada tubuh, meningkatkan energi dan aktivitas serta membuat tidur lebih nyenyak. Kondisi daya tahan tubuh yang baik bisa mencegah bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini sejalan dengan penyebab penyakit pneumonia yang disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus pada organ paru-paru.

Memiliki segudang manfaat, olahraga harus dilakukan secara rutin. Tidak harus olahraga berat yang diterapkan, anda bisa melakukan olahraga yang ringan seperti jogging, renang maupun sepak bola selama 15-30 menit setiap hari. Dengan demikian, tubuh anda akan semakin sehat setiap harinya.

Ketahui Cara Mencegah Paru-Paru Basah yang Mudah Diterapkan ini

6. Melakukan Vaksinasi Pneumokokus

Selain menerapkan pola hidup yang sehat, anda juga perlu melakukann vaksinasi. Vaksinasi pneumokokus merupakan jenis vaksinasi yang bertujuan untuk mencegah penyakit pneumonia, meningitis maupun bakterikimia. Dosis vaksin pneumokokus pada anak tentunya berbeda dengan vaksin pada orang dewasa. Pada anak-anak biasanya dosis yang diberikan dalam 3 kali dosis dasar dan 1 kali booster.

Sebenarnya penyakit pneumonia dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup yang lebih sehat dengan melakukan olahraga secara rutin, menghentikan kebiasaan merokok dan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Pencegahan dini memang lebih baik dilakukan dibandingkan dengan pengobatan. Hal ini karena penyakit ini termasuk penyakit yang cukup beresiko menyebabkan kerusakan paru-paru yang semakin parah, sehingga memicu gagal napas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *