Ketahui Empat Faktor yang Mempengaruhi Pola Hidup Sehat untuk Pemula

Pola hidup sehat tentu saja akan menghasilkan badan yang bugar. Sayangnya, pola hidup seperti ini tidak bisa dilakukan semua orang. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat. Kita bisa menyaksikan realita di masyarakat bahwa memang sebagian besar pola hidup sehat belum diterapkan oleh masyarakat.

Hal itu bisa dilihat dari menjamurnya restoran cepat saji, tingginya minat minuman berkadar gula tinggi seperti boba, tingginya angka perokok aktif, dan masih banyak lagi. Karena kebiasaan yang sudah mengakar seperti ini akan sangat sulit diubah, terutama jika memang dikelilingi dengan lingkungan yang tidak menerapkan pola hidup sehat. Padahal, dampak dari pola hidup sehat sangat banyak dan merugikan. Mungkin sekarang anda belum merasakannya, tapi nanti ketika usia sudah 35 tahun ke atas, anda bisa merasakan perubahan pada fisik tubuh. Contohnya, orang yang kebiasaan bangun tidur langsung minum kopi umumnya akan merasa sakit punggung di usia 35 tahun ke atas. Bahkan, pola hidup tidak sehat juga disinggung-singgung sebagai akar dari penyakit mematikan seperti kanker, stroke, dan diabetes. Penyakit-penyakit tersebut memang tidak terjadi dalam satu malam, tapi akumulasi dari kebiasaan anda sehari-hari. Oleh karena itu, marilah kita terapkan pola hidup sehat sedini mungkin. Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mulai hidup sehat.

faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat pengertian pola hidup sehat

1.Minum Air Putih

Ada beberapa orang yang mengaku tidak menyukai air putih. Padahal, air ini adalah air paling sehat diantara air yang lain. Cobalah untuk mulai kebiasaan minum air putih 1 sampai 2 liter sehari. Anda akan membantu memelihara kesehatan ginjal dan memenuhi suplai air putih dalam tubuh.

2.Makanan Seimbang

Di Indonesia, anda tidak akan heran jika menemukan porsi nasi yang lebih dominan dibandingkan sayur dan buah. Menurut para ahli, porsi yang baik yaitu 2/4 sayuran, 1/4 nasi, dan 1/4 protein. Jadi, yang seharusnya lebih dominan di atas piring yaitu sayuran. Cobalah untuk mulai makanan yang tinggi serat. Hal ini sangat bagus untuk keseimbangan bakteri baik di usus. Konsumsi makanan cepat saji yang terlalu banyak sama saja dengan anda sedang menabung penyakit.

3.Emosi

Menjaga emosi ternyata juga sangat penting. Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang butuh hiburan atau sekedar berbaur. Anda pernah merasa lelah bekerja? Itu adalah tanda-tanda emosi anda tidak seimbang. Cobalah berhenti sejenak dari pekerjaan dan bertemu kawan lama. Hal ini bisa membantu mengembalikan keseimbangan emosi anda.

faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat

4.Olah Raga

Anda tidak harus melakukan olah raga berat. Bisa juga olah raga ringan seperti peregangan, jalan kaki, dan lain-lain. Sisihkan waktu 15 menit dalam sehari untuk olah raga. Hal ini bisa membantu menjaga kesehatan paru-paru dan jantung. Selain itu, otot tubuh juga tidak akan kaku.

Empat tips di atas adalah cara memulai pola hidup sehat. Anda tidak wajib melakukan semuanya sekaligus. Misal merasa kesulitan, mulailah dengan yang nomor satu dulu. Seminggu kemudian, anda bisa mulai yang nomor dua. Begitu seterusnya sampai menjadi kebiasaan. Jika sudah terbiasa, niscaya anda juga akan merasakan perbedaan dalam tubuh. Banyak orang bilang setelah menerapkan pola hidup sehat tubuh menjadi lebih segar dan ringan. Mereka juga mengakatan jadi tidak mudah lelah. Tentu saja, faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat juga termasuk lingkungan. Jika lingkungan mendukung, maka usaha anda untuk merubah pola hidup juga akan terasa lebih mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *