Ketahui Fungsi dan Kisaran Biaya Service Shockbreaker Pada Motor Sesuai Jenisnya

Shockbreaker adalah bagian motor yang berfungsi untuk meredam getaran yang disebabkan oleh jalan tidak rata. Jika shockbreaker berfungsi dengan baik, saat berkendara motor terasa halus meski jalannya tidak rata. Shockbreaker juga berfungsi untuk meredam getaran ketika anda melewati jalan berlubang.

Jika anda berkendara dengan motor di jalan yang halus namun kendaraan terasa bergetar, anda patut curiga jika shockbreaker rusak. Tidak perlu khawatir karena anda tidak selalu harus mengganti shockbreaker. Alih-alih mengganti dengan yang baru, anda bisa melakukan service shockbreaker motor. Kenyamanan berkendara harus diutamakan, jangan menunda-nunda untuk service jika laju kendaraan terasa tidak nyaman. Shockbreaker motor berbeda mengikuti jenis motor. Untuk motor bebek dan matic umumnya menggunakan dua macam suspensi untuk roda depan serta belakang. Bagian depan motor memakai sistem pneumatik. Sistem ini membutuhkan silinder yang diisi cairan kental, biasanya minyak hidraulik. Keseluruhan komponen pada shockbreaker roda depan disebut dengan slider garpu.

Biaya Service Shockbreaker motor Shockbreaker Bunyi Ini Penyebabnya

Sedangkan shockbreaker belakang umumnya menggunakan per. Baik per tipe keong maupun tipe daun. Per ini bertugas untuk membungkus peredam kejut berbasis hidraulik. Kombinasi komponen ini mampu meredam getaran yang diakibatkan ketika melewati lubang atau gundukan. Seperti komponen motor lainnya, shockbreaker juga harus dirawat dengan baik. Jika sudah terlanjur rusak, tentu saja tugas untuk meredam getaran menjadi tidak maksimal. Akibatnya, saat dikendarai motor terasa keras, bergetar, dan kurang nyaman. Anda tidak perlu terburu-buru mengganti shockbreaker jika rusak karena sekarang shockbreaker bisa diservice. Tentu saja, biaya untuk service shockbreaker motor jauh lebih murah dari pada menggantinya dengan yang baru. Banyak bengkel yang sudah bisa melakukan service shockbreaker. Faktanya, kebanyakan shockbreaker yang diservice adalah shockbreaker motor bebek atau matic. Jenis motor ini sangat umum ditemui di jalanan terutama di Indonesia. Harga service shockbreaker juga terhitung murah, tergantung dari tingkat keparahan dan jenis motor.

Biaya Service Shockbreaker motor Shockbreaker Bunyi Ini Penyebabnya

Jika anda ingin menservice shockbreaker motor, anda tidak perlu menyediakan banyak dana. Untuk motor bebek atau matic, biaya service shockbreaker berkisar antara 60 sampai 80 ribu rupiah. Biaya ini tentu tergantung murah dari pada membeli shockbreaker yang baru. Jika tipe motor anda adalah motor sport, biayanya servicenya sekitar 100 ribu rupiah. Biaya ini berlaku untuk motor sport dibawah 250 cc. Terkadang, bengkel juga menerima service shockbreaker motor ninja. Untuk motor ninja biayanya sedikit lebih mahal yaitu sekitar 150 ribu rupiah. Jika motor anda adalah jenis motor trail, biayanya berkisar 200 ribu rupiah. Biaya service shockbreaker pada motor yang paling mahal adalah motor sport dengan mesin 250 cc ke atas. Untuk shockbreaker jenis motor tersebut, biaya servicenya sekitar 250 ribu rupiah. Biaya-biaya tersebut berlaku untuk tiap-tiap shockbreaker. Jadi, jika motor anda adalah motor matic dan hendak menservice shockbreaker depan dan belakang, maka anda perlu menyiapkan dana maksimal 160 ribu rupiah. Beberapa bengkel besar juga menyediakan garansi setelah melakukan service shockbreaker. Sehingga jika beberapa hari setelah service motor terasa bergetar dan kurang nyaman dikendarai, anda bisa datang kembali ke tempat menservice shockbreaker dan menggunakan garansi yang berlaku. Umumnya, motor-motor yang menservice shockbreaker disebabkan setelah melewati lubang yang cukup dalam. Untuk merawat shockbreaker, sebaiknya anda berhati-hati di jalan dan menghindari lubang yang ada. Tidak jarang motor yang melewati lubang yang dalam langsung mengalami kebocoran. Hal ini terjadi karena shockbreaker tidak mampu meredam getaran dan berimbas pada ban motor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *