Lebih Baik Pilih Mana, Kulkas dengan 1 atau 2 Pintu?

Kulkas merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi yang tidak bisa dilepaskan dalam aktivitas sehari-hari.Terlebih saat ini sendiri sudah tersedia berbagai medel kulkas yang dijual demi memenuhi kebutuhan setiap ibu rumah tangga. Dengan menggunakan kulkas, maka seseorang dapat menyimpan bahan makanan agar lebih segar untuk dinikmati. Namun lebih baik pilih mana, kulkas 2 pintu atau 1 pintu?

Kelebihan dan Kekurangan Memilih Kulkas 2 Pintu

Kulkas dengan 2 pintu merupakan salah satu jenis kulkas yang didesain dengan dua pintu utama, yakni pintu atas dan pintu bawah.Jenis kulkas tersebut tentu dapat memudahkan setiap penggunanya dalam meletakkan barang. Adapun beberapa kelebihan dari kulkas yang memiliki dua pintu adalah sebagai berikut:

kulkas 2 pintu Kulkas dengan 1 atau 2 Pintu

1. Kapasitas yang lebih besar

Kulkas yang didesain dengan dua pintu umumnya memiliki kapasitas yang jauh lebih besar. Dengan menggunakan kulkas jenis ini maka tentu saja Anda akan mudah dalam menyimpan makanan lebih banyak. Anda juga tidak perlu memotong-motong bahan makanan untuk dijadikan lebih kecil agar muat ke dalam kulkas.

2. Tersedia fitur frost free

Apakah Anda pernah menjumpai freezer yang dipenuhi dengan bunga es? Pada kulkas jenis 2 pintu sendiri terdapat fitur forst free yang secara otomatis dapat terhindar dari penebalan bunga es pada bagian freezernya. Dengan begitu, Anda tentu akan lebih leluasa dalam menyimpan dan mengambil makanan dari freezer.

3. Harganya lebih mahal

Seperti yang diketahui, dengan kapasitas kulkas yang jauh lebih besar tidak heran jika harga dari kulkas jenis ini juga lebih mahal.Terlebih dengan adanya kecanggihan teknologi yang ditawarkan oleh kulkas ini juga membuat harganya berbeda dengan kulkas yang memakai satu pintu saja. Untuk itu, jika Anda ingin membelinya pastikan menyiapkan dana lebih.

4. Boros listrik

Dengan kapasitas pendingin yang besar, tentu saja kulkas tersebut akan mengonsumsi banyak daya listrik. Belum lagi jika kulkas ini rusak maka biaya yang diperlukan juga tidak sedikit. Hal ini tidak lain karena kulkas tersebut memiliki alat kelistrikan yang lebih banyak.

Kelebihan dan Kekurangan Memilih Kulkas 1 Pintu

Jika ingin memiliki jenis kulkas lainnya, kulkas yang menggunakan satu pintu ini bisa jadi pilihan tepatnya. Di bawah ini beberapa kelebihan dan kekurangan saat Anda membelinya:

kulkas 2 pintu Kulkas dengan 1 atau 2 Pintu

1. Harga yang lebih terjangkau

Apabila Anda ingin membeli kulkas, tetapi hanya memiliki budget terbatas maka kulkas jenis ini bisa jadi pilihan terbaiknya. Anda sudah bisa membawanya pulang dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kulkas dengan dua pintu.

2. Lebih hemat daya listrik

Saat memilih kulkas ini Anda juga akan merasakan kelebihannya yakni lebih hemat dalam mengonsumsi daya listrik. Pasalnya, kompresor yang digunakan pada kulkas tidak terlalu besar. Bahkan kulkas tersebut hanya akan memakan daya listrik sekitar 150 sampai 350 watt saja.

3. Biaya perbaikan lebih murah

Jika sewaktu-waktu kulkas mengalami kerusakan, Anda juga tidak perlu khawatir mengenai biaya perawatannya. Pasalnya, dengan alat kelistrikan yang sedikit akan menyebabkan biaya perbaikan juga lebih murah.

4. Kapasitas lebih sedikit

Dengan beberapa kelebihan di atas, tentu terdapat beberapa kekurangan dari kulkas jenis ini.Kulkas ini cenderung memiliki ruang atau kapasitas lebih sedikit jika dibandingkan dengan kulkas yang memiliki dua pintu.Untuk itu, Anda perlu benar-benar mengatur isi dari kulkas tersebut saat ingin memakainya.

Dari berbagai kelebihan dan kekurangan dua jenis kulkas di atas pada dasarnya tidak ada yang perlu ditakutkan saat ingin membeli kulkas.Anda bisa membelinya dengan menyesuaikan kapasitas kulkas yang dibutuhkan.Jika Anda hanya ingin menggunakan kulkas dengan kapasitas yang lebih sedikit, maka jangan ragu untuk memilih kulkas meski hanya dengan satu pintu saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *