Macam – Macam dan Fungsi Sparepart Sepeda Gunung

Semakin meningkatnya kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat, semakin banyak juga orang yang memulai hobi olahraga termasuk bersepeda. Jika Anda juga salah satunya dan sedang ingin tahu banyak hal tentang sepeda, di sini kami akan bagikan informasi tentang macam – macam dan sekaligus fungsi sparepart sepeda gunung.

Mengapa sepeda gunung? Karena untuk kebutuhan olahraga atau bersepeda ke daerah dataran tinggi, sepeda gunung ini lebih cocok. Desainnya sangat mumpuni dengan trek – trek berat yang harus dilalui. Mengenai sparepartnya apa saja, berikut informasinya untuk Anda!

Macam – Macam dan Fungsi Sparepart Sepeda Gunung

Rangka

Bagian sepeda gunung yang pertama adalah rangka. Sama halnya dengan rangka pada tubuh manusia, rangka pada sepeda juga menjadi penopang sepeda. Rangka ini menjadi tempat dipasangkannya komponen lain seperti tempat duduk, roda, stang dan yang lainnya.

Fungsi Sparepart Sepeda Gunung Khusus Pemula Ketahui Komponen-komponen Sepeda Gunung stang kemudi

Jenis dan model rangka sepeda gunung banyak sehingga Anda harus tahu dulu karakteristik yang Anda butuhkan agar membuat Anda nyaman ketika bersepeda dan juga sesuai dengan postur Anda.

Seat post dan sadel

Seat post atau dudukan sadel menjadi tempat untuk meletakkan sadel. Material yang digunakan untuk seat post pada sepeda gunung bermacam – macam namun yang paling penting adalah dudukan ini harus sesuai dengan lubangnya yang terdapat pada rangka sepeda.

Fork

Tipe fork pada sepeda gunung bermacam – macam dan fungsinya adalah digunakan untuk menyambungkan roda depan dengan rangka. Biasanya fork untuk sepeda gunung memiliki pegas yang lebih nyaman ketika sedang digunakan.

Headset

Headset pada sepeda gunung terdiri atas tiga bagian yaitu bearings, races dan cups. Ketiga bagian ini yang nantinya akan menghubungkan rangka dengan jari – jari. Headset pertama – tama dipasangkan pada rangka dengan cara memasukkan headtube ke dalam rangka. Kemudian cupsnya dimasukkan ke lubang headtube dan bearingnya akan dimasukkan kembali ke cupsnya.

Stem dan stang

Stem dan stang merupakan bagian sepeda yang berfungsi mengendalikan sepeda. Ukuran dan kompabilitas dari stem dan stang sangat penting karena tidak boleh terlalu longgar atau terlalu sempit. Karena itu memilih stang perlu mempertimbangkan tuas rem dan shifter gigi supaya porsinya dapat tetap dalam kondisi seimbang.

Rem

Bagian ini merupakan bagian yang paling penting dari setiap jenis sepeda, terlebih sepeda gunung. Rem merupakan alat yang digunakan untuk mengendalikan laju kendaraan di jalan menurun atau ketika akan berhenti.

Ban dan roda

Roda memiliki hub, pelek dan jari – jari. Untuk memasangkan ban pada sepeda, roda diperlukan. Hub pada roda merupakan bagian yang terletak di tengah roda dan berisi satu set bantalan. Sementara pelek adalah bagian terluar roda yang materialnya terbuat dari aluminium atau karbon.

Fungsi Sparepart Sepeda Gunung Khusus Pemula Ketahui Komponen-komponen Sepeda Gunung Gear

Bracket dan crankset

Bracket dan crankset memiliki fungsi sebagai penggerak utama dari sebuah sepeda. Bracket terdapat di bagian belakang sepeda, sementara crankset terletak di tengah – tengah rangka sekaligus menjadi tempat pedal berada. Bracket dan crankset umumnya memiliki berbagai macam set ukuran yang akan menentukan seberapa ringan Anda ketika akan menggowes sepeda gunung yang Anda gunakan.

Ketika melewati turunan yang tajam, putaran rantai bisa diganti ke mode paling tinggi. Sementara ketika melewati medan yang mendaki, pilih gigi pada putaran rendah supaya tarikan ketika menggowes tidak berat.
Itulah macam – macam dan fungsi sparepart sepeda gunung yang perlu Anda tahu dan pahami. Semoga informasi tentang bagian sepeda di atas menjadi informasi yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *