Manfaat Berpikir Positif Terhadap Kehidupan

Berpikir positif adalah kalimat yang sering kita dengar atau kita baca dari buku. Salah satu buku yang menyarankan untuk berpikir positif adalah buku yang berjudul Bunglon Bengong karya kakaarie. Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa manfaat berpikir positif bisa banyak sekali kita dapatkan. Bahkan bukan hanya diri pribadi saja yang mendapatkannya namun juga lingkungan sekitar dan orang lain juga. Lalu apa sajakah manfaat yang bisa didapat ketika orang-orang berpikir positif? Langsung saja simak informasi selengkapnya yang sudah dirangkum khusus untuk Anda seperti berikut ini.

Berpikir positif bisa memberikan dampak pada kondisi psikologi seseorang. Dengan berpikir positif, seseorang bisa mampu keluar dari kondisi ketidakberdayaan yang membelenggunya. Dulu, ketika Nazi berkuasa, ada beberapa orang yang dikurung di camp konsentrasi. Mereka diberitakan bahwa camp konsentrasi itu diberikan gas beracun sehingga mereka semua akan mati dalam waktu 24 jam. Dari 10 orang yang dikurung, 8 orang mati dan 2 orang selamat. Ternyata alasan mengapa 2 orang itu selamat adalah karena mereka mampu tetap berpikir positif sekalipun dalam situasi yang sulit. Sedangkan 8 orang yang mati adalah orang-orang yang tidak mampu berpikir positif karena sudah terlanjur pasrah. Jadi, dari sini bisa kita ambil pelajaran bahwa berpikir positif ternyata bisa menyelamatkan hidup seseorang walaupun hidup dan mati ada ditangan tuhan, tapi tuhan juga tidak akan merubah keadaan seseorang jika bukan orang itu sendiri yang merubahnya bukan?

Manfaat Berpikir Positif untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Selanjutnya manfaat lain dari berpikir positif adalah untuk mengubah perasaan negatif kita jadi perasaan yang lebih baik. Ketika perasaan kita sedang buruk, jika kita berpikir negatif, itu sama halnya kita menyiram bensin ketika sedang terjadi kebakaran. Namun jika perasaan kita sedang buruk dan kita berpikir positif, maka itu ibarat menyiram air ketika terjadi kebakaran. Dengan kata lain sama halnya seperti memperbaiki keadaan. Cobalah berpikir negatif ketika perasaan Anda sedang buruk. Jangan heran jika keadaan Anda akan semakin buruk, pun begitu jika Anda berpikir positif, jangan heran jika keadaan kita akan ikut positif. Jadi berpikirlah secara positif ketika perasaan Anda sedang buruk. Ini sangat direkomendasikan dan sudah terbukti kebenarannya.

Berpikir positif juga akan membuat Anda tahu mana yang benar dan mana yang salah. Buktinya, ketika kita berpikir negatif, kita selalu menganggap semuanya salah walaupun itu benar. Akhirnya kita kita menganggap yang benar jadi salah dan yang salah jadi makin salah. Ini sangat berbahaya bagi kehidupan karena kita akan jadi orang yang selalu menyalahkan orang lain yang diistilahkan sebagai superior, atau kita jadi orang yang selalu menyalahkan diri sendiri yang diistilahkan sebagai inferior. Sebenarnya baik superior dan inferior itu adalah penyakit yang disebabkan pikiran negatif. Kita tidak bisa selalu menyalahkan orang lain dan kita juga tidak bisa selalu menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi dalam kehidupan kita. Karena pada dasarnya kita hanya perlu introspeksi dan itu bisa didapat dengan cara berpikir positif.

manfaat berpikir positif sukses

Manfaat berpikir positif juga masuk dalam ranah hubungan. Dengan berpikir positif, hubungan kita terhadap orang lain akan baik. Jika hubungan baik, maka keadaan pun otomatis akan ikut membaik. Bayangkan jika hubungan Anda pada orang lain tidak dalam keadaan yang baik. Bisa-bisa terjadi perang kecil yang membuat kehidupan Anda tidak nyaman bukan? Maka dari itu, teruslah berpikir positif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *