Manfaat Mandi Pagi Bagi Kepribadian

Mandi adalah sebuah aktivitas membersihkan diri dengan air serta sabun. Mandi dilakukan pada pagi hari, siang hari, sore hari, maupun malam hari namun di era milenial saat ini jarang sekali orang yang mandi pagi. Jelas saja karena di era sekarang kita dituntut untuk pergi pagi ke suatu tempat entah untuk bekerja, berdagang, atau mengenyam pendidikan. Padahal, manfaat mandi pagi sangat banyak terutama bagi kepribadian seseorang. Banyak buku dan diskusi dari para ahli yang menjamin hal tersebut dan semua akan dijabarkan pada tulisan ini.

Mandi pagi bisa menguatkan daya berpikir kritis bagi pribadi seseorang. Ini terjadi karena saat pagi udara begitu dingin ditambah suhu air yang juga dingin. Ketika dua unsur dingin itu menyentuh kulit maka pikiran sadar akan langsung menyala. Bayangkan saja Anda yang sedang ngantuk karena baru bangun tidur, tiba-tiba terkena air dingin. Tentu Anda langsung sadar bukan dan jika setiap hari dilakukan maka Anda akan terbiasa untuk selalu sadar. Nah orang yang sadar cenderung berpikir kritis terhadap apapun yang dilihat dan dirasakannya. Dengan kata lain, orang yang selalu sadar tidak akan mudah tertipu oleh pilihan yang salah, apapun pilihan yang sedang disodorkan padanya. Termasuk pilihan dalam urusan jodoh, pekerjaan, karir, ataupun pilihan dalam bertindak.

manfaat mandi pagi Mengapa harus mandi

Mandi pagi juga membuat kepribadian seseorang jadi lebih rajin. Ini terjadi karena di awal hari kita sudah memulainya dengan sesuatu yang baik yaitu bangun pagi yang diteruskan dengan mandi. Banyak sekali motivator internasional yang membicarakan bahwa mandi pagi adalah awal yang baik dan segala sesuatu yang dimulai dengan kebaikan maka akan berujung dengan kebaikan pula. Bahkan Anda bisa temukan hal itu di dalam buku-buku self improvement seperti The Power Of Habit karya penulis luar negeri. Jika Anda belum mampu memahami buku luar negeri, ada juga buku penulis dalam negeri yang menjelaskan tentang hal tersebut yang berjudul Bunglon Bengong. Selain dari buku-buku dan pembicara hebat yang memotivasi banyak orang, Anda juga akan temui bukti tersebut ketika Anda menanyakannya pada dokter.

Selanjutnya, salah satu manfaat mandi pagi adalah mengurangi kadar tempramental. Ini terjadi karena kondisi psikologis seseorang akan membaik dengan sendirinya ketika air dingin mengguyur kulit di pagi hari. Banyak juga aktivitas bermakna yang bisa dilakukan pada pagi hari dan ini tentunya akan membuat perasaan puas. Super Ego dalam istilah psikologi pun akan terpenuhi kebutuhannya. Sedikit informasi mengenai dunia psikologi juga ada istilah Alter Ego yang berarti ‘aku kedua’. Penderita Alter Ego punya dua identitas yang akan berubah ketika nama lainnya dipanggil. Nah mandi pagi akan menyadarkan orang yang mengidap Alter ego bahwa dia sebenarnya dia hanya punya satu nama dan satu kepribadian saja.

manfaat mandi pagi

Mandi pagi juga akan membuat kita merasa bahwa hidup kita lebih bermakna. Ini terjadi karena kita merasa bisa melakukan sesuatu yang orang lain jarang bisa lakukan. Hidup bermakna adalah awal mula kesehatan jiwa dan akar dari kepribadian yang baik. Orang yang punya kepribadian baik tentu merasa bahwa hidupnya penuh dengan makna. Jika hidup sudah tidak bermakna, orang akan kehilangan semangat seperti hidup enggan mati tak mau. Maka dari itu, bersyukurlah apabila kita punya kebiasaan mandi pagi karena banyak sekali manfaatnya bahkan sampai menyangkut ranah kepribadian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *