Manfaat Operasi Gigi Bungsu Bagi Kesehatan Mulut

Kesehatan adalah sebuah pemberian tuhan yang wajib kita syukuri dan kita jaga. Bayangkan jika kita tidak mensyukuri dan tidak menjaga kesehatan yang tuhan berikan pada kita? Mungkin kita sudah hidup dengan semena. Ini akan menyebabkan diri kita rentan sakit karena tidak menjaga pola hidup yang sehat. Nan bicara soal kesehatan, yang saat ini sedang banyak diperbincangkan adalah kesehatan mulut. Salah satu faktor penyebab mengapa kesehatan mulut banyak diperbincangkan adalah karena maraknya operasi gigi bungsu.Operasi ini memang sedang viral namun apabila Anda adalah salah satu orang yang belum mengetahuinya, maka simaklah informasi selengkapnya seperti berikut ini.

Apa sih yang dimaksud dengan operasi gigi? Lalu kenapa gigi bungsu yang dioperasi? Memangnya gigi ada bungsu dan sulung ya? Jadi begini, yang dimaksud dengan operasi gigi adalah gigi geraham fase ke tiga yang pada umumnya tumbuh di usia antara 17 -24 tahun. Nah parahnya gigi bungsu ini tidak selalu tumbuh dengan sempurna sebagaimana standarisasi kesehatan. Ada yang tumbuhnya tidak simetris, ada yang tumbuhnya mencong ke kanan, mencong ke kiri, gompal dan lain sebagainya. Anehnya lagi gigi ini kadang terjebak di dalam gusi serta mengakibatkan impaksi gigi yakni rasa sakit gigi namun sebenarnya gusi lah yang cenat cenut.

operasi gigi bungsu

Salah satu solusi yang bisa dimanfaatkan untuk kasus tersebut adalah operasi impaksi gigi yang caranya sangat jauh berbeda dari cabut gigi pada umumnya. Anda akan dirujuk untuk operasi seperti ini untuk mengobati ketidaknormalan yang berdampak pada kesehatan mulut jenis lainnya seperti gusi berdarah, gusi bengkak, gigi sakit dan bau mulut. Namun juga harus dipertimbangkan terlebih dahulu karena impaksi gigi punya kadar kronis yang berbeda. Jika tidak terlalu parah, sepertinya cukup dengan melakukan kumur dengan obat khusus saja. Pemeriksaan yang akan dilakukan untuk mengetahui apakah impaksi gigi sudah dalam posisi kronis atau belum adalah pemeriksaan gigi dan mulut.
Seandainya gigi geraham bungsu Anda tumbuh dengan posisi miring namun tidak menusuk gusi, mungkin Anda hanya diminta oleh dokter untuk kontrol gigi secara rutin terlebih dahulu. Tujuannya tentu sudah jelas agar dokter bisa memantau kesehatan mulut Anda. Jadi tidak serta merta langsung dioperasi ya dan ini perlu digaris bawahi agar Anda tidak panik jika gigi geraham bungsu Anda mengalami kelainan. Dokter hanya akan mengoperasi gigi Anda apabila sewaktu-waktu di dalam kontrol gigi rutin Anda terdapat masalah fatal pada gigi. Beberapa syarat atau standarisasi untuk operasi gigi adalah jika gigi geraham bungsu mengalami terkena infeksi atau gusi berdarah. Atau jika gigi geraham Anda sudah karies parah, ada kista yang muncul di sekitar gigi geraham, dan jika gigi geraham sudah menusuk gusi.

Tidak Boleh Dilakukan Setelah Operasi Gigi Bungsu

Operasi gigi bungsu tidak menakutkan sebagaimana yang pikiran Anda bayangkan saat ini karena prosesnya pun dilakukan dengan ahlinya. Jika Anda masih takut untuk melakukan operasi ini namun Anda masih ingin menyembuhkan gigi, maka minumlah obat pereda nyeri, kompres es, cabut gigi biasa, atau melakukan pencegahan sebelum tingkat kronis terjadi. Pencegahannya tentu saja dengan rajin menjaga kesehatan mulut dengan menggosok gigi, kumur dengan air formula, kumur dengan air garam, atau obat pereda sakit gigi jenis lainnya. Nah seperti itulah informasi seputar operasi gigi dan ingat ini tidaklah menakutkan serta bisa Anda lakukan untuk kesehatan mulut yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *