Mencuci Pakaian Jadi Menyenangkan

Kemajuan zaman memengaruhi kemajuan teknologi, sehingga banyak pembaruan yang terjadi dalam kehidupan manusia. Banyak aktivitas yang lebih mudah dijalankan karena alat elektronik yang membantu, salah satunya dengan adanya mesin untuk mencuci pakaian yang kotor. Hal ini memudahkan tugas manusia dalam mencuci baju dan tetap membuatnya bersih serta wangi. Yuk intip cara pakai mesin cuci otomatis untuk hasilkan cucian yang bersih dan antiluntur di sini.

Cara Mudah Mengoperasikan Mecin untuk Mencuci Baju

1. Memisahkan Baju

Setiap baju memiliki karakteristik yang berbeda beda, sehingga sangat berbahaya jika digabung saat mencuci dalam periode yang sama. Kamu harus memisahkan baju berdasarkan warnanya karena dapat merusak warna dasar kain. Kain berwarna dan baru lebih mudah luntur saat kamu cuci, sehingga dapat menodai kain yang berwarna terang. Kamu dapat memisahkan pakaian yang berwarna gelap dan terang untuk menghindari kemungkinan terburuk tersebut.

cara pakai mesin cuci otomatis ini

Jeans adalah pakaian yang mudah luntur, sehingga harus dipisahkan dari baju baju lain saat mencucinya. Selain itu, kamu juga dapat memisahkan pakaian berdasarkan beratnya karena ternyata kain yang lebih berat dapat merusak kain yang ringan jika dicampurkan. Pisahkan baju berbahan ringan dari pakaian biasa, sedangkan pakaian tebal dan kain dari wol juga harus kamu pisahkan dari baju biasa. Hal ini harus diperhatikan dan dipahami semua orang yang memiliki mesin cuci.

2. Memasukkan Pakaian

Memasukkan pakaian ke dalam mesin pencuci baju juga harus memperhatikan cara yang tepat agar proses pencucian lebih efektif. Baju tidak boleh sekadar ditumpuk, tapi harus dimasukkan dengan benar agar tidak boros air. Terdapat tata cara pengaturan air untuk setiap jenis beban, yaitu beban ringan disertai air hingga sepertiga tabung, beban yang sedang harus disertai air setengah dari tabung, dan beban yang penuh harus memakai air tiga perempat dari tabung.

3. Mengatur Putaran Mesin Pencuci Baju

Pemutaran siklus mesin juga harus memperhatikan bahan pakaian yang akan dicuci, sehingga proses mencuci lebih efektif. Selain itu, penting untuk menjaga kain pakaian agar terus awet. Terdapat tiga jenis siklus, yaitu normal untuk mencuci baju yang dipakai sehari hari, lembut untuk kain yang lembut seperti sutra atau berenda, dan permanen untuk bahan sintetis.

4. Menambahkan Deterjen dan Pelembut

Mesin untuk mencuci baju ini terdapat dua pilihan, yaitu front loading dan top loading sehingga cara menambahkan deterjen atau pelembut juga berbeda. Untuk tipe front loading, kamu bisa menambahkan deterjen dengan menggunakan kotak dispenser agar dapat mengeluarkannya di waktu yang tepat. Untuk tipe top loading, kamu dapat memasukkan deterjen sebelum pakaian dimasukkan ke dalamnya. Hal ini bertujuan agar deterjen tidak menodai kain dari pakaian.

cara pakai mesin cuci otomatis cara merawat dan menggunakan mesin cuci 1 tabung

5. Segera Jemur setelah Dicuci

Cara terakhir ini yang sering dilupakan oleh pengguna mesin pencuci baju secara otomatis sehingga baju yang telah dicuci menjadi bau. Cara pakai mesin cuci otomatis yang tepat adalah mengeringkan baju setelah selesai mencucinya agar baju tidak bau. Setelah itu, kamu harus langsung menjemur baju tersebut sehingga tidak pakaian yang dibiarkan menumpuk di dalam ember. Cara ini bertujuan menjaga baju tetap bersih dan kain lebih tahan lama.

Mencuci menggunakan mesin memang sangat praktis, tetapi harus memperhatikan cara yang tepat agar baju tetap bersih dan kain tahan lama. Hal ini sering kali diabaikan karena banyak yang belum tahu, sehingga mencampur baju berwarna terang dengan gelap. Dengan begitu, banyak baju yang warnanya memudar dan kainnya cepat rusak. Inilah pentingnya memahami cara memakai mesin untuk mencuci baju yang tepat agar proses mencuci lebih efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *