Mengenali Cara Kerja serta Keuntungan Network Switch

Network switch merupakan suatu peralatan yang memiliki fungsi untuk menghubungkan peralatan- peralatan jaringan lainnya seperti komputer dan sebagainya. Switch sendiri sebenarnya sedikit tidak memiliki kemiripan dengan hub, kendati demikian, switch di ketahui memiliki performa yang lebih baik daripada hub, serta di sebut- sebut lebih “cerdas” dari hub. Switch sendiri pada umumnya digunakan untuk ethernet. Switch memiliki berbagai macam konfigurasi port, mulai dari 5 port hingga puluhan port. Keuntungan Network Switch adalah penggunaan nya yang mendukung kecepatan dengan beragam macam speed, mulai dari 10 Mbps, 100 Mbps ataupun keduanya, yang biasa disebut dengan dual speed.

Switch memiliki karakteristik tersendiri. Dia termasuk ke dalam peralatan layer 2 dalam Data Link Layer ( OSI Model). Switch juga dapat menentukan tujuan serta sumber data. Kemudian switch dapat menghemat bandwidth dengan mengirim data ke tujuan yang tepat. Switch juga dapat menangani lebih dari dua komunikasi dan lebih dari dua port dalam waktu yang bersamaan. Begitu banyak keuntungan network switch yang dapat kita ambil dengan menggunakan nya.
Selain keuntungan-keuntungan tersebut, masih terdapat banyak keuntungan network switch yang lainnya lagi. Switch dapat menghemat kabel, karena kabel cross atau straight yang sudah ada dapat di aplikasikan ke switch.

Keuntungan Network Switch jasa sewa networking

Switch juga memiliki kelebihan dalam hal performance. Hal ini bisa terjadi karena sistem tertentu yang ada pada switch mempunyai informasi yang secara eksplisit ditujukan kepada NIC, terdapat sedikit overhead waktu yang dihabiskan ketika membuang paket yang tidak perlu. Hal ini membawa setiap NIC mendapatkan paket tersendiri yang dikirimkan ke Switch secara independen satu sama lain dan terikat dengan NIC yang beralih.

Switch juga dikatakan lebih baik daripada hub karena di dalam hub tidak terdapat proses apapun dalam menangani traffic jaringan. Hub hanya mengulang- ulang sinyal yang masuk ke dalam keseluruhan port yang terdapat pada hub tersebut. Hal ini yang menjadikan perbedaan besar dengan switch. Karena di dalam switch setiap port nya juga memiliki fungsi sebagai jembatan (bridge). Maka jika terdapat suatu port yang konek dengan suatu device, maka secara prinsip nya setiap Device akan otomatis bersifat independen terhadap device lainnya. Cara kerja switch yang pertama adalah mengirimkan data ke tujuan. Dalam hal ini switch mengikuti NIC yang terdapat pada MAC Address sehingga switch dapat mengetahui alamat yang akan dituju. Kemudian langkah kedua, ketika paket sudah dikirim kan melalui salah satu port yang terdapat pada switch, maka pengiriman paket data ini tadi tidak akan terlihat dan tidak akan terkirim ke port yang lainnya. Hal ini menjadi tiap- tiap dari port memiliki bandwidth yang penuh, karena hal ini kah kecepatan pentransferan data lebih terjamin lagi. Dalam pengolahan datanya sendiri, switch di bagi menjadi tiga golongan :

Keuntungan Network Switch smart factory

Yang pertama, Store and Forward. Dalam hal ini, setelah menerima data secara lengkap, Switch akan meneruskan frame.
Kedua, Cut Through Switch. Di golongan ini, switch meneruskan frame dengan tidak menunggu lagi penerimaan frame dengan lengkap.

Kemudian yang terakhir, Fragment Free ( Hybrid). Jenis satu ini merupakan kerja sama dari dua jenis yang sudah disebutkan tadi. Switch sendiri juga diperkuat dengan teknologi VLAN ( Virtual LAN) dimana hal ini dapat mensegmentasi kan jaringan LAN tanpa harus menuruti logika fisik peralatan dan hanya menggunakan logika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *