Mengintip 5 Penyebab Badan Kurus dan Cara Mengatasinya

Selama ini keluhan mengenai berat badan yang berlebihan sudah sangat umum didengar. Namun, di sisi lain juga terdapat beberapa orang yang memiliki keluhan mengenai berat badan yang kurang ataupun tidak ideal. Memiliki badan yang kurus bukanlah menjadi masalah yang besar, tetapi hal itu dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Salah satu masalah yang sering muncul adalah rentannya terkena penyakit. Yuk simak penyebab badan kurus dan bagaimana mengatasinya.

Beberapa Penyebab Badan Terlalu Kurus dan Mengatasinya

1. Jadwal Makan Yang Tidak Teratur

Makan tidak sesuai dengan jadwal atau tidak teratur mungkin menjadi penyebab tubuh anda kurus. Makanlah sesuai dengan aturan yang telah ada, yakni makan 3 kali sehari yang dimulai pada saat sarapan, makan siang, dan makan malam, serta makan selingan yang dilakukan saat pukul 10 pagi dan 3 sore. Saat makan selingan, usahakan untuk memilih makanan yang kaya akan serat seperti buah atau pun jus.

Penyebab Badan Kurus Walau Sudah Banyak Makan

Meskipun telah makan sesuai dengan aturan, tetapi anda juga harus memilih menu makanan yang bijak. Maksud dari kata bijak ini adalah memilih makanan yang sesuai dengan standart pola makan 4 sehat 5 sempurna yang telah diajarkan di sekolah dulu. Apabila anda telah bosan memiliki badan yang kurus, pastikan tubuh anda terpenuhi akan kebutuhan karbohodrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat.

2. Masalah Psikologis dan Faktor Keturunan

Masalah dalam psikologis seperti gangguan mental, anoreksia atau kondisi dimana seseorang memutuskan untuk memakan makanan sesedikit mungkin. Karena terobsesi untuk terlihat kurus, dan bulimia atau keadaan dimana seseorang sengaja memuntahkan makanan yang telah ia makan dalam jumlah yang banyak. Masing masing kondisi tersebut dapat mempengaruhi citra atau bentuk tubuh dan selera makan seseorang.

Selain dari faktor psikologis, memiliki badan kurus bisa jadi dikarenakan adanya faktor genetik. Apabila anda memiliki postur tubuh yang kurus sejak lahir ataupun anggota keluarga anda yang memang berpostur kurus. Ada kemungkinan bahwa penyebab kekurusan anda adalah faktor dari keturunan. Bukan hanya itu, ada juga orang yang memang terlahir dengan tingkat metabolisme yang tinggi dibandingkan dengan nafsu makannya. Hal ini juga dapat membuat tubuh seseorang menjadi kurus.

3. Kondisi Medis Atau Kesehatan Tertentu

Beberapa kondisi, seperti hipertiroid, gangguan pencernaan, HIV/AIDS, diabetes, hingga penyakit kanker. Dapat mengakibatkan penurunan berat badan dan menyebabkan badan anda kurus. Selain itu, diet ekstrim juga dapat menjadi penyebab badan kurus karena kurangnya asupan nutrisi untuk tubuh. Apabila anda ingin melakukan diet, gunakanlah diet yang sehat. Jangan memaksakan tubuh untuk sesuai dengan keinginan anda.

4. Gangguan Pada Sistem Pencernaan

Beberapa penyakit yang menyerang sistem pencernaan bisa mengakibatkan tubuh anda tidak dapat menyerap gizi dengan baik. Apabila anda memiliki masalah pada sistem pencernaan, pastikan anda tidak sembarangan dalam mengkonsumsi sesuatu. Jangan terlalu sering memakan makanan junk food atau makanan cepat saji, fokuslah pada makanan yang kaya akan nutrisi dan gizi. Selain itu, usahakan untuk banyak meminum air putih yang banyak.

penyebab badan kurus Penyebab Tubuh Anda Mudah Gemuk

5. Ketidakseimbangan Hormon

Dengan adanya kondisi ini menyebabkan hipertiroid atau bahkan sebaliknya, yakni haipotiroid. Tiroid sendiri merupakan kelenjar yang berperan penting dalam mengatur metabolisme tubuh. Kelenjar ini bisa menjadi sangat aktif sehingga memproduksi banyak hormon tiroid. Hal inilah yang menyebabkan tubuh anda tetap kurus meskipun telah memakan banyak jenis makanan. Meskipun begitu, anda harus tetap makan dan jangan berputus asa walaupun badan anda tetap seperti itu.

Itulah beberapa penyebab yang membuat badan anda menjadi kurus. Satu hal yang tidak kalah penting, selalu diskusikan berbagai keluhan kesehatan kepada dokter langganan anda. Dengan dilakukannya pengawasan gizi yang sesuai, diharapkan akan membantu anda dalam mengatasi masalah dengan tubuh yang kurus. Dan tak lupa untuk selalu sabar dan melakukannya secara rutin agar membuahkan hasil yang sesuai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *