Mulai Dari Nol, Berikut 5 Tips Bisnis Online Bagi Para Pemula

Beberapa waktu belakangan, berjualan online tengah menjadi sebuah tren tersendiri untuk mendapatkan pundi pundi uang tambahan. Proses jual beli secara online ini pun dikatakan lebih efektif, sebab barang dijual dalam bentuk online dan dapat menekan pengeluaran dana untuk menyewa tempat khusus. Apabila tertarik mencobanya, berikut tips bisnis online bagi para pemula yang harus dimulai dari nol.

Tips Memulai Bisnis Online Shop Terbaik Bagi Pemula

1. Menentukan Platfrom Berjualan

Sebelum memikirkan lebih dalam, hal sederhana yang tidak luput dipikirkan adalah menentukan platform berjualan yang tepat. Platform ini nantinya akan digunakan untuk sarana promosi untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat luas. Pasalnya setiap platform memiliki peminat dari kalangan tertentu, sehingga pemilihan platform tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

tips bisnis online Belanja Online

Bagaimana cara memilih platform yang sesuai ? Mudah saja, karena anda hanya perlu mengetahui target yang hendak disasar. Misalnya jika ingin menjualkan aneka pakaian kekinian, maka terget sasaran anda adalah remaja yang lebih senang menggunakan Instagram ataupun media sosial sejenis untuk memasarkan produk anda. Setelah mengetahui platform terbaik, barulah anda bisa menyusun strategi tepat bagaimana produk akan diperkenalkan.

2. Menampilkan Foto Produk Terbaik

Gambar dari produk yang dijajakan, ternyata memiliki nilai jual tersendiri di mata calon pembeli. Tips bisnis online satu ini cukup ampuh untuk menarik perhatian pelanggan, terutama jika anda dapat menampilkan gambar orisinil dan terlihat meyakinkan. Agar mendapatkan inspirasi bagaimana foto sebaiknya dibuat, tidak ada salahnya mencari referensi terlebih dahulu sebelum membuat foto orisinilnya.

3. Memperhatikan Produk yang Hendak Dijual

Meski terlihat lebih mudah dilakukan, nyatanya berjualan online tidak luput dari resiko tinggi yang berasal dari proses pengiriman. Oleh sebab itu, ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan mengenai barang yang hendak dijual. Ketika barang aman dan mudah dibawa kemanapun, dirasa mampu menekan resiko barang rusak ketika sampai di tangan pembeli. Selain barang, memilih kurir terbaik pun tidak kalah penting untuk dilakukan.

4. Memperhatikan Kualitas Produk

Proses jual beli dilakukan secara online, dengan kata lain pembeli tidak bisa melihat langsung bagaimana rupa dan bentuk aslinya dari barang yang dibelinya. Hanya melalui unggahan foto dan keterangan detail saja, pelanggan dituntut untuk bisa membedakan produk yang hendak dibeli apakah berkualitas tinggi ataukah tidak. Sebagai penjual, anda harus bisa memberikan deskripsi yang jujur demi menjaga kepercayaan para pelanggan.

tips bisnis online biar konsumen sering repeat order

Dengan menjaga kepercayaan pelanggan, secara tidak langsung anda telah memupuk kesuksesan di masa mendatang. Dikatakan demikian, karena pelanggan yang sudah pernah membeli produk pada anda akan memberikan rekomendasi kepada teman maupun keluarganya untuk membeli produk di tempat anda saja. Tentu saja kekuatan promosi dari mulut ke mulut ini, dianggap lebih meyakinkan karena bersumber dari orang terpercaya.

5. Memberikan Reward

Selain barang berkualitas, pelanggan pastinya senang berbelanja di tempat anda ketika mereka mendapatkan reward tertentu. Pemberian reward sendiri memiliki banyak jenis seperti memberikan potongan harga, adakan promosi beli satu gratis satu, gratis aksesoris, dan masih banyak lagi. Meski reward yang diberikan dirasa sederhana, nyatanya hingga saat ini pemberian reward berhasil menarik perhatian para pembeli untuk berbelanja di tempat tersebut.

Dibandingkan berjualan secara konvesional, kini banyak yang lebih tertarik mencoba berjualan secara online sebagai alternatifnya. Selain mudah dilakukan, cara ini dianggap mampu mendatangkan keuntungan lebih dan mudah dioperasikan. Bahkan lewat smartphone di genggaman, anda sudah bisa menjalankan bisnis hingga memiliki nama di masyarakat. Agar bisnis berjalan lancar, terapkan tips diatas dan selamat mencoba !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *