Pasti Butuh Integrated Marketing Communication

integrated marketing communication

Bagi perusahaan yang tengah berkembang maupun perusahaan yang sudah besar, tentu memerlukan IMC untuk memperkenalkan produknya. Ketika pesan yang disampaikan kepada publik dilakukan secara baik dan efektif, tentu hasilnya akan lebih maksimal bagi penjualan produk. Tidak hanya itu saja, perusahaan akan lebih menghemat waktu untuk melakukan kegiatan promosi lainnya. sebelum menggunakan jasa tersebut, yuk kenali apa itu integrated marketing communication.

Mengulas Mengenai Komunikasi Pemasaran Terpadu

1. Apa Itu Komunikasi Pemasaran Terpadu

Yang dimaksudkan komunikasi pemasaran terpadu (IMC) adalah segala bentuk strategi yang diterapkan untuk mengomunikasikan pesan di berbagai saluran pemasaran. Namun masih banyak perusahaan yang tampaknya mengabaikan strategi tersebut. Hal ini yang menyebabkan pesan komunikasi yang ingin disampaikan kepada komsumen, tidak akan berjalan konsisten dan tidak terorganisir dengan baik. Bahkan cenderung tidak menciptakan pengalaman apapun bagi konsumennya.

2. Alasan Menggunakan Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran satu ini, berfungsi agar pesan yang disampaikan berhasil dimengerti oleh konsumen. Apabila anda bisa memaksimalkan satu pesan di seluruh saluran, maka hasilnya dapat dikatakan berhasil. Jika pesan yang disampaikan tidak jelas, tidak ada fokus, dan tidak konsisten, tentu saja konsumen tidak akan tertarik. Oleh karena itu, pentingnya untuk menyampaikan pesan dengan konsisten, dan jangan pula melebih lebihkannya.

Selain itu, integrated marketing communication dapat membangun citra brand sekaligus mengehmat pengeluaran biaya. Strategi tepat yang diterapkan , tentu bisa menghemat pengeluaran di berbagai bidang. Cukup dengan satu pesan, anda akan menghemat sumber daya yang ada serta mengurangi pemborosan yang tidak berarti. Oleh karena itu, ada baiknya perusahaan tidak memodifikasi pesan setiap kali berkomunikasi.

Butuh Integrated Marketing Communication

3. Konsep Dasar Pengembangan Berbagai Program Menggunakan IMC

Gunakanlah direct marketing apabila ingin berhubungan langsung dengan costumer. Hal ini merupakan salah satu fungsi menggunakan IMC yang terdiri dari front end, dan back end operations. Front end bertujuan untuk menyusun harapan dari konsumen seperti memberikan penawaran harga menarik. Sedangkan back end dilakukan untuk mempertemukan harapan konsumen dengan produk yang diinginkan, seperti memberikan informasi secara efektif.

Sales promotion merupakan integrated marketing communication yang digunakan untuk memberikan penawaran dengan nilai tambah, dimana hal ini dirancang untuk mempercepat respon cuntomer. Misalnya dengan mengatakan adanya kesempatan untuk memenangkan sebuah hadiah, atau memberikan potongan harga, memberikan produk ekstra, dan disiapkan adanya sampel gratis. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan menggunakan promosi penjualan.

Selain itu, perusahaan perlu melakukan personal selling, dimana pemasaran langsung ini, anda akan lebih mudah untuk menjelaskan segala kelebihan dan fitur yang ada pada brand untuk kepentingan pembeli. Dengan bertatap muka langsung, dirasa lebih efektif untuk menyampaikan pesan dari pada menggunakan media massa. Dengan bertatap muka langsung, diharapkan dapat mengerti kebutuhan customer dengan lebih baik.

Perusahaan juga perlu melakukan mempromosikan produk yang akan dipasarkan lewat berbagai media. integrated marketing communication dilakukan agar produk yang dipasarkan, dapat dikenal publik lebih luas jika dibandingkan dengan personal selling. Karakter iklan yang non personal ini, membuat komunikasi hanya satu arah saja, sehingga perusahaan diharuskan untuk membuat iklan se menarik mungkin untuk mengubah sikap dan perilaku calon pembeli.

Perusahaan yang sadar akan pentingnya menggunakan IMC, tentu akan memanfaatkannya secara maksimal untuk menyampaikan pesan yang diinginkan. Dengan menggunakan konsep komunikasi pemasaran ini, membuat produk yang ingin diiklankan akan lebih tepat sasaran. Selain itu, pengiriman pesan ataupun informasi mengenai produk, dapat diterima dengan baik. Hal ini akan semakin mudah apabila perusahaan mengetahui target konsumen yang menjadi sasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *