Penasaran Apa Itu API Pembayaran Online? Yuk Simak Selengkapnya Pada Ulasan Ini

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi menjadikan beberapa hal sangat mudah dilakukan, salah satunya adalah melakukan transaksi atau pembayaran. Saat ini pembayaran yang dilakukan sangat mudah dan cepat tanpa harus melakukan konfirmasi seperti dahulu. Hal ini dikarenakan adanya pengembangan metode pembayaran digital berkat penggunaan API, penasaran? Simak disini.

Mengenal Application Program Interface atau API

API atau Application Program Interface merupakan sebuah interface yang berfungsi untuk menghubungkan aplikasi yang satu dengan berbagai aplikasi lainnya. Oleh karena itu dapat diartikan bahwa API memiliki peran sebagai orang ketiga atau perantara antar berbagai aplikasi yang berbeda-beda.

Apa Itu API pembayaran online Safe and secure

Selain itu Application Program Interface atau yang sering dikenal dengan API juga dikenal sebagai suatu pendekatan programan komputer untuk dapat menfasilitasi pertukaran informasi serta melaksanakan instruksi antara berbagai komputer. Pada saat ini sangat sering terdapat kata open API yang mana kata tersebut berarti pihak perbankan memberikan kesempatan kada IT perusahan e-commerce.

Kesempatan yang diberikan tersebut bertujuan untuk melakukan integrasi system to sistem untuk memperoleh berbagai manfaat yang dapat memudahkan semua orang. Mulai dari melakukan transfer, mutasi rekening, informasi saldo, melihat lokasi ATM dan berbagai hal lainnya yang sangat menguntungkan.

Salah satu bank yang menerapkan API pembayaran online di Indonesia adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI), yang mana dengan hadirnya sistem tersebut dapat memudahkan berbagai nasabah dalam menjalankan transaksi bisnis yang dijalani. Tentunya dengan diberlakukannya sistem yang satu ini dapat memberikan berbagai manfaat lainnya untuk memudahkan segala urusan terutama dalam pembayaran.

Tidak hanya transaksi dan pembayaran, ternyata API juga dapat memungkinkan para pengguna untuk mengembangkan sebuah website dengan berbagai fitur lengkap yang dapat dinikmati. Jika menggunakan WordPress, maka anda bisa melakukan integrasi dengan menggunakan berbagai platform melalui API.

Jenis-Jenis Application Program Interface

Pada penggunaannya terdapat berbagai jenis API yang sesuai dengan hak akses. Salah satunya adalah public API, jenis yang satu ini dapat digunakan oleh siapa saja dalam lintas platform, kemudian penggunaannya sangat mudah. Pasalnya anda cukup melakukan pendaftaran atau langsung memanfaatkannya melalui aplikasi anda.

Apa Itu API pembayaran online anda

Tidak hanya itu, private API juga menjadi salah satu jenis dari program aplikasi yang satu ini. Jenis yang satu ini berbeda dengan jenis sebelumnya karena untuk jenis privat API tidak terbuka untuk penggunaan umum. Pada umumnya API yang satu ini dibuat untuk keperluan internal dalam pengembangan aplikasi tertentu. Seperti API dari back end yang biasanya digunakan untuk mengakses front end.

Jenis ketiga yang dapat ditemukan dalam aplikasi sistem yang satu ini adalah partner API. Jenis ini biasanya digunakan untuk kepentingan umum namun hanya sebatas pihak yang memiliki izin atas penggunaannya. Untuk penggunaan yang satu ini anda dapat melakukan pendaftaran penyedia API terlebih dahulu, kemudian menggunakannya melalui aplikasi tertentu yang telah disesuaikan.

Composite API merupakan jenis terakhir yang dap tanda jumpai dalam penggunaan aplikasi sistem yang satu ini. Jenis ini merupakan API yang dapat menyimpan data dari berbagai server dalam satu tempat, yang tentunya bertujuan untuk menghemat waktu penggunaannya. Pasaknya pengguna dapat mendapatkan berbagai jenis data dalam satu kali akses.

Tentunya beberapa jenis tersebut memiliki perbedaan masing-masing yang bertujuan untuk memudahkan anda dalam berbagai hal. Mulai dalam pembayaran transaksi, penggunaan website hingga berbagai hal lainnya. Salah satu bank Indonesia yang menerapkan aplikasi sistem yang satu ini adalah Bank Rakyat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *