Pentingnya Menjaga Kesehatan Seksual Bagi Pria dan Wanita

Sebagian besar orang menganggap bahwa kesehatan reproduksi hanya berkaitan dengan urusan hamil dan melahirkan sehingga menjaga kesehatan seksual seringkali dianggap menjadi beban seorang wanita. Padahal sebenarnya kesehatan reproduksi tidak hanya berkaitan dengan wanita.

Pria pun wajib menjaga kesehatan organ reproduksinya. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi hal tersebut dan kali ini kami akan membahasnya untuk Anda. Berikut pentingnya menjaga kesehatan organ seksual bagi pria dan wanita yang perlu Anda tahu dan pahami!

Pentingnya Menjaga Kesehatan Seksual Bagi Pria dan Wanita

Agar terhindar dari berbagai jenis gangguan reproduksi

Alasan pertama mengapa menjaga kesehatan seksual itu penting baik bagi pria atau pun wanita adalah karena gangguan reproduksi atau penyakit seksual bisa terjadi pada siapa saja.

kesehatan seksual anda

Organ seksual merupakan organ yang sangat erat kaitannya dengan bakteri dan virus karena di sana merupakan tempat yang paling nyaman untuk tumbuhnya bakteri atau pun virus.

Karena itu dengan menjaga kesehatan organ intim maka akan membuat Anda terhindar dari berbagai gangguan organ reproduksi yang berbahaya.

Agar tidak risih ketika berhubungan intim dengan pasangan

Selain bau badan yang harus wangi ketika hendak berhubungan intim dengan pasangan, baik pria atau wanita juga tidak boleh meremehkan kebersihan organ intim karena organ ini akan sangat ‘difungsikan’ ketika berhubungan dengan pasangan.

Jika organ intim Anda bau tidak sedap, tentu pasangan akan merasa malas berhubungan dengan Anda. Anda pun pastinya akan merasa minder dengan kondisi yang Anda alami tersebut. Oleh sebab itu untuk mencegah risih ketika sedang berhubungan dengan pasangan, maka menjaga kesehatan organ intim sangat penting untuk Anda perhatikan.

Meningkatkan rasa percaya diri

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, organ intim yang bersih tentu akan meningkatkan kualitas diri Anda di hadapan pasangan. Dengan demikian, Anda pun akan merasa jauh lebih percaya diri di hadapan pasangan.
Lantas seperti apa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan organ intim bagi pria atau pun wanita?

Beberapa cara yang Anda bisa terapkan sebagai berikut :

Selalu bersihkan alat kelamin setelah berkemih sampai bersih. Bersihkan alat kelamin sebelum dan setelah melakukan hubungan intim dengan pasangan.
kesehatan seksual Manfaat Hubungan Seksual bagi Kesehatan

Pastikan area genital Anda selalu dalam kondisi kering dan tidak lembab

Hindari menggunakan sabun wangi, deodoran, bedak, atau pun vaginal douche karena hal tersebut berpotensi meningkatkan iritasi pada area genital Anda.

Ganti celana dalam Anda setiap hari dan pastikan bahwa celana dalam yang Anda gunakan dapat menyerap keringat dengan baik.

Khususnya bagi pria, sunat perlu dipertimbangkan untuk menghindari terjadinya resiko infeksi bakteri pada area penis. Hal ini penting karena sebenarnya kulit kulup yang tidak diangkat menjadi tempat bersarangnya kotoran, kuman dan bakteri. Jika dibiarkan dapat menyebabkan infeksi di kulit kelamin. Itulah alasan medis mengapa pria yang tidak di sunat lebih rentan mengalami infeksi pada kulit kelamin.

Konsumsi makanan yang sehat dan penuhi gizi seperti protein, lemak, serat, mineral, atau vitamin pada makanan Anda.

Kurangi rokok dan hindari minuman yang mengandung alkohol

Rajinlah cek kesehatan kepada dokter khususnya bagi Anda yang sudah menikah

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam menjaga kesehatan organ reproduksi bagi pria atau pun wanita. Jadi, jangan remehkan kesehatan reproduksi Anda karena hal tersebut sangat penting untuk kehidupan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *