Perlu Diwaspadai, Inilah Penyebab Penyakit Gagal Ginjal

Ginjal adalah organ penting yang berfungsi untuk menyaring darah dari jantung. Kerusakan pada organ ginjal dapat menyebabkan terganggunya proses penyaringan darah dan jumlah air di dalam tubuh menjadi tidak terkontrol. Salah satu penyakit ginjal yang perlu diwaspadai adalah gagal ginjal. Agar tidak sampai terkena penyakit ini, anda perlu mewaspadai hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan organ ginjal.

Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Organ Ginjal

1. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Garam Berlebih

Makanan yang memiliki kandungan garam yang cukup tinggi dapat meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh. Kondisi tekananan darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan adanya kerusakan pada ginjal. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka kerusakan yang diakibatkan akan semakin parah sehingga fungsi kerjanya menjadi terganggu. Maka dari itu, sebaiknya anda mengurangi pemakaian garam yang terlalu banyak saat memasak.

Perlu Diwaspadai, Inilah Penyebab Penyakit Gagal Ginjal

2. Mengkonsumsi Makanan dengan Kadar Gula Tinggi

Selain makananan yang mengandung garam yang tinggi, ternyata makanan dengan kadar gula yang berlebihan juga tidak baik untuk ginjal. Hal ini karena makanan dengan indeks glikemik yang tinggi bisa menyebabkan kadar gula dalam darah naik. Hal ini dapat memicu produksi insulin yang berlebih dan menjadi penyebab penyakit diabetes. Tidak hanya itu, kadar gula yang terlalu tinggi juga menyebabkan obesitas sehingga memicu terjadinya kerusakan ginjal.

3. Kurang Minum Air Putih

Penyakit gagal ginjal dapat disebabkan karena kurangnya konsumsi air putih. Meminum air putih sebanyak 8 liter perhari dapat membersihkan ginjal dari racun. Sedangkan jika tubuh kekurangan air putih, maka ginjal akan kesulitan dalam mencuci darah yang ada di dalam tubuh. Apalagi jika jenis minuman yang dikonsumsi merupakan minuman dengan kadar gula tinggi. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada organ ginjal.

Maka dari itu sebaiknya anda memperhatikan konsumsi minum air putih setiap hari agar terhindar dari penyakit ginjal. Konsumsi air putih dalam kadar yang cukup dapat menjaga kadar darah di dalam tubuh. Namun penyakit ginjal kronis pada stadium lanjut tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi minum air putih secara berlebihan karena dapat menyebabkan terjadinya penumpukan cairan.

4. Kebiasaan Merokok

Tidak hanya berbahaya bagi organ paru-paru, merokok juga dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada organ ginjal. Kebiasaan merokok yang disering dilakukan oleh pria bisa menyebabkan adanya protein di dalam urin. Protein ini secara terus menerus akan mengendap pada ginjal. Kondisi ini secara terus menerus dapat menyebabkan kerusakan sehingga ginjal tidak dapat bekerja dengan baik untuk melakukan penyaringan darah.

Perlu Diwaspadai, Inilah Penyebab Penyakit Gagal Ginjal ini

5. Mengkonsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit Secara Rutin

Obat-obatan seperti ibuprofen, aspirin, streptomisin dan obat kemoterapi biasanya digunakan untuk meredakan rasa sakit. Namun konsumsi obat yang secara terus menerus dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada organ ginjal. Hal ini karena obat dengan dosis yang terlalu tinggi tersebut dapat menyebabkan struktur ginjal menjadi berubah sehingga fungsinya pun menjadi terganggu.

Obat penghilang rasa sakit yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan aliran darah yang masuk ke ginjal menjadi berkurang. Padahal fungsi dan kerja ginjal adalah menyaring darah yang masuk agar bisa dimanfaatkan lagi dan sisanya diproses untuk dibuang ke luar tubuh. Berdasarkan sebuah penelitian, risiko kerusakan ginjal yang sangat parah, 3% disebabkan oleh konsumsi obat penghilang rasa sakit yang berlebihan.

Mengetahui penyebab kerusakan pada organ ginjal dapat membantu anda lebih waspada. Dengan menghindari kebiasaan di atas anda bisa mencegah penyakit ginjal yang kronis. Maka dari itu mulailah menerapkan pola hidup yang lebih sehat dengan banyak mengkonsumsi air putih, mengurangi makanan dengan kadar gula yang tinggi, menghentikan kebiasaan merokok dan mengurangi konsumsi obat penghilang rasa sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *