Persis Tapi Tak Sama, Yuk Simak Perbedaan Flu Biasa dan Gejala Virus Corona

Di awal tahun 2020, masyarakat dunia dikejutkan dengan kehadiran virus covid yang mematikan. Meski gejala awal virus ini terlihat ringan, namun virus ini termasuk dalam salah satu virus yang sangat berbahaya. Terbukti dalam awal bulan merebaknya covid, ribuan orang telah terinfeksi. Agar tidak salah persepsi karena gejala yang ditimbulkan mirip, yuk simak perbedaan flu biasa dan gejala virus corona yang wajib anda ketahui.

Gejala Flu Biasa

Flu adalah penyakit ringan yang biasa menyerang hidung dan tenggorokan atau saluran pernapasan. Flu biasanya disebabkan oleh virus rhinovirus yang dapat menyebar antar manusia melalui droplets di udara yang dikeluarkan penderitanya saat berbicara, batuk ataupun bersin. Biasanya, virus ini lebih sering terjadi pada anak usia dibawah 6 tahun, ataupun banyak menyerang pada musim pancaroba saat peralihan musim hujan ke musim kemarau.

Perbedaan Flu Biasa dan Gejala Virus Corona

Flu menyebabkan beberapa gejala yang biasanya muncul selama 1 hingga 3 hari setelah terpapar virus langsung dari udara yang terkontaminasi ataupun langsung dari penderita flu. Beberapa gejala paling ringan yang ditimbulkan, antaranya adalah hidung berair atau pilek. Hidung berair, adalah kondisi dimana hidung banyak mengeluarkan cairan kental, yang terkadang dapat menyumbat saluran pernapasan dan membuat tidak nyaman ketika tidur.

Setelah hidung berair, anda akan merasakan tenggorokan yang gatal disertai rasa sakit saat menelan makanan yang masuk. Karena kesusahan makan, anda akan menjadi lemas dan mengalami sakit kepala. Selain itu, gejala virus ini juga membuat anda terserang batuk dan bersin yang mengganggu serta rasa linu di sekujur badan. Jika gejala yang timbul cukup parah, biasanya akan disertai dengan rasa menggigil dan suhu tubuh yang meningkat atau demam.

Gejala Flu Pada Orang Dengan Covid

Corona, merupakan virus ganas yang menyerang sistem pernapasan dan dapat dialami oleh semua orang dari berbagai usia. Karena merupakan virus yang berbahaya bagi sistem pernapasan, maka orang yang pernah mengalami asma dan penyakit pernapasan lainnya dinilai lebih rentan terjangkit virus karena memiliki sistem imun tubuh yang rendah. Begitu juga pada ibu hamil dan menyusui, anak-anak hingga orang lanjut usia.

Flu Perbedaan Flu Biasa dan Gejala Virus Corona

Gejala virus ini, umumnya muncul dalam jangka waktu 4 sampai 10 hari setelah terpapar langsung dari orang yang menderita covid. Gejalanya pun sebenarnya bervariasi, tergantung dengan keadaan imun tubuh orang yang terjangkit. Namun, secara umum virus ini memiliki gejala yang mirip dengan flu biasa, karena itulah keduanya sulit dibedakan. Meski begitu, gejala virus covid tidak sekompleks flu biasa yang dapat menyebabkan rasa linu di sekujur tubuh.

Orang yang terinfeksi virus covid akan mengalami demam yang tinggi pada awal munculnya gejala. Setelah itu, penderita akan mulai merasakan batuk kering yang menyesakkan dada. Sehingga, penderita akan mengalami susah nafas dan merasa terlalu lemas. Gejala ini, akan muncul secara bertahap selama beberapa waktu, hingga penderita mengalami sesak pada bagian dada yang membuat sangat susah bernafas. Namun, bukan berarti gejala ini tidak bisa disembuhkan.

Gejala flu biasa memang bisa terbilang ringan, namun anda harus tetap waspada jika gejala yang muncul bukanlah gejala flu biasa, melainkan flu dengan indikasi covid. Sebagai langkah aman dan preventif, sebaiknya anda terus menjaga kesehatan dengan pola makan yang sehat serta membiasakan hidup bersih. Seperti pada era new normal saat ini, anda dianjurkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan agar tidak hanya terhindar dari virus covid, namun juga penyakit lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *